Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Minggu, 27 Agustus 2017

Tips Jitu Jualan Sukses di Facebook

Tips Jitu Jualan Sukses di Facebook - Tips Jitu Jualan Sukses di Facebook - Pada saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Orang-orang semakin dimudahkan dengan kecanggihan teknologi tersebut, seperti kemudahan dalam berbelanja online. Penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan dengan kecanggihan teknologi ini. Media sosial menjadi salah satu tempat atau lapak bagi para penjual untuk memasarkan dagangannya secara online atau yang biasa disebut online shop. Media sosial sendiri sudah banyak yang dapat digunakan, salah satunya facebook. Secara global, facebook telah memiliki 1,28 miliyar pengguna aktif setiap bulan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna facebook terbanyak. Secara lebih khusus, pengguna facebook di Indonesia mencapai 69 juta orang. Oleh karena itu facebook banyak digunakan para penjual untuk memasarkan dagangannya. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mudah berjualan di facebook.
Sumber gambar: www.liputan6.com

Apa yang perlu dimiliki dan disiapkan untuk menjalankan sebuah online shop?
Langkah awal yang harus dilakukan ketika menjalankan online shop adalah menyiapkan beberapa hal yang diperlukan. Yang harus disiapkan adalah laptop atau komputer, modem atau internet, smartphone, produk yang akan dijual, rekening bank, mental yang benar ketika berjualan dan yang terakhir adalah latihan menjadi custumer yang ramah, sopan dan sabar. Selain itu kita juga harus mempertimbangkan pengiriman barang, karena berjualan di media sosial jangkauannya sangat luas, tidak terbatas pada kota ataupun provinsi saja. Jadi persiapkan juga peralatan untuk membungkus produk yang akan dikirim.

Bagaimana cara berjualan di media sosial facebook?
Ketika ingin berjualan di facebook, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di facebook. Untuk caranya sangat mudah, tinggal mengisi data dalam kolom yang telah disediakan. Setelah membuat akun langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

1.Mencari teman.
Dalam hal ini carilah teman sebanyak-banyaknya. Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menambah pertemanan dengan tombol mencari teman. Cara ini paling umum digunakan, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dalam facebook ada batas pertemanan, jadi jangan terlalu terburu-buru. Karena jika dilanggar maka akan mendapat peringatan dari facebook. Cara yang kedua untuk mencari teman adalah bergabunglah dengan grup atau komunitas yang ramai. Postinglah hal-hal yang unik dan menarik dengan menyertakan link fanpage anda. Selain itu anda bisa komen dan mengobrol dengan antar member agar jika sudah kenal mereka dapat meminta izin pertemanan dengan sendirinya. 

2.Siapkan gambar atau foto produk yang berkualitas
Pilihlah gambar yang paling berkualitas untuk diposting. Kualitas dari gambar atau foto yang diposting harus sangat diperhatikan, karena gambar yang kita posting dapat mewakili semua produk yang akan dijual, jadi sebagus apapun produk tetapi gambar yang diposting jelek, maka custumer akan menyimpulkan jika produk tersebut jelek. 

3.Meningkatkan Edgerank
Meningkat edgerank berguna agar postingan kita dapat muncul di home atau newsfeed semua teman kita walau sudah di posting 8 atau 15 jam yang lalu. Bagi pengguna facebook terkadang kita berpikir kenapa tidak semua postingan teman kita muncul di home atau newsfeed kita, hal ini dikarenakan edgerenk yang rendah.

Dibawah ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan edgerank.
- Rajin memposting. Dalam hal ini postinglah hal menarik dan kreatif yang sesuai dengan target jualan kita, seperti jika kita jualan parfume, maka kita dapat memposting trik dan tips memilih parfume yang benar atau tips menggunakan parfume yang benar. Frekuensi posting kita juga harus sering atau rajin, setidaknya sekali sehari kita harus posting. Selain itu lakukanlah riset untuk mengetahui kebiasaan dari pelanggan. Jadi kita dapat mengetahui waktu terbaik untuk posting.
Sertakan foto atau video atau link. Orang lebih tertarik jika kita posting gambar atau video, oleh karena itu usahakan untuk menyertakan foto atau video agar menarik perhatian.
- Dapatkan share, like dan komen. Berusalah agar setiap postingan mendapatkan share, like dan komen, hal ini berguna agar postingan kita dapat dikenal oleh orang lain. Hindari spam komentar karena hanya akan membuat akun anda telihat buruk.

4.Bangun kedekatan dengan konsumen.
Membangun kedekatan dengan pelanggan sangat perlu dilakukan karena jika anda sudah dekat dengan pelanggan, maka anda akan mempunyai tempat dihati pelanggan. Cara ini dapat dilakukan seperti dengan berkomentar di akun teman. Mengobrol lah dengan pelanggan agar pelanggan merasa dekat.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon