SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Kamis, 31 Agustus 2017

Tips dan Cara Berjualan di Instagram


Tips dan Cara Berjualan di Instagram - Memulai berbisnis memang tidaklah mudah, namun paradigma tersebut harus dirubah. Berfikirlah positif untuk bisa menggapai impian yang akan dituju. Belum terlambat untuk memulai bisnis dari sekarang. Memanfaatkan pesatnya gelombang globalisasi di era digital ini banyak orang yang sudah mampu menghasilkan uang melalui media sosial dan salah satunya yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai ladang bisnis adalah Instagram.
Tips dan Cara Berjualan di Instagram
 sumber gambar: https://logodownload.org/wp-content/uploads/2017/04/instagram-logo-2.png



Seperti yang kita ketahui bersama, sekarang ini instagram merupakan media sosial yang sangat sangat sangat populer di Indonesia, pertumbuhan pengguna instagram meningkat sangat pesat. mulai dari anak kecil sampai kakek nenek pun menggunakan instagram. Instagram sudah menjadi kebutuhan hidup sehari hari... memang masih terheran heran mengapa ada istilah tersebut, namun itulah kenyataannya.

Instagram sudah menjadi pesaing facebook yang sebelumnya sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Mungkin beberapa tahun kedepan, instagram akan melampaui kepopuleran facebook. 

Instagram yang sebelumnya hanya sebuah aplikasi untuk personal, berubah fungsi menjadi media pemasaran yang sangat efektif. Bahkan terdapat pekerjaan yang khusus dalam bidang instagram dengan sebutan selebgram.

Dengan bekerja menjadi selebgram dapat sesukses artis artis televisi lainnya. Bayaran yang di dapatkannya pun puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah... kita bisa menyebutnya dengan situasi diluar batas kewajaran.... tapi kenyataan memang seperti itu.

Sebagai contoh. Yang tahun 2018 ini menjadi viral dengan adanya kasus firt travel. Dimana perusahaan travel umroh tersebut memanfaatkan instagram sebagai alat promosi. Salah satunya yaitu dengan menggandeng syahrini. Dengan menggandeng artis papan atas tersebut, pamor first travel menjadi sangat populer dimata ibu ibu. Dan banyak sekali yang mempercayakan dana mereka untuk diberangkatkan umroh oleh firt travel. Namun kepercayaan mereka malah di manfaatkan oleh pemimpin perusahaan dan digunakan untuk foya foya. 

Kembali lagi soal instagram....instagram menjadi bahan perbincangan karena artis syahrini memanfaatkan aplikasi itu untuk promosi. 

Efek dari aplikasi instagram untuk kepentingan bisnis dan usaha berdampak sangat signifikan, namun hal itu memang harus benar benar dikelola agar dapat menimbulkan efek positif.

Menjual Produk di Instagram
Tentunya intagram tidak hanya milik selebgram namun untuk semua masyarakat.  kita bisa memanfaatkan instagram untuk jualan produk


Namun bagaimana tips untuk memulai berbisnis melalui Instagram?
Beberapa tips ampuh agar sukses berjualan melalui instagram dapat dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya :
membuat Akun Baru khusus untuk bisnis
Tentunya kebanyakan orang sudah memiliki akun instagram. Namun apabila anda berniat untuk memulai bisnis di Instagram diperlukan akun khusus. Hal ini diperlukan agar akun tersebut adalah akun yang khusus dalam perihal bisnis. Akun baru membantu penjual lebih fokus terhadap akun jualan yang sedang dikelolanya. Selain itu, akun baru dapat membantu penjual melakukan aktifitas instagram secara bebas dan pembeli akan tertarik dengan konten akun yang hanya menampilkan beragam produk yang dijual.


Membuat akun instagram sangat mudah dan bebas biaya. Jadi.... ayo segera manfaatkan dan buat segera akun!!!


Yang terpenting dalam membuat akun adalah pemilihan nama akun instagram. Naman akun instagram harus mewakili usaha atau bisnis yang dengan anda jalankan. Bayangkan saja misal anda jualan ‘tahu’ namun nama akun anda namanya ‘tempe’.


Nama akun anda juga harus mudah diingat, tidak panjang kosakatanya, pengucapannya juga mudah.
 
 Mempersiapkan foto terbaik sebelum posting
Sebelum memposting gambar, sebaiknya terlebih dahulu mengedit foto yang akan diposting. Hal ini perlu dilakukan agar menarik pembeli dengan gambar produk yang baik melalui kualitas gambar yang baik pula. Teks yang memberikan informasi juga perlu ditambahkan agar menarik serta mampu memberikan penguatan terhadap pembeli untuk membeli produk yang dijual.


Foto sangat penting, karena foto mencermintakan kualitas dari bisnis anda.

Foto di instagram ada 2, yaitu foto di profil dan foto posting produk

Untuk foto sebagai profil, jangan sembarang asal foto. Foto profil anda harus bagus, foto bentuknya orang atau desain, atau tulisan. Bisa bermacam macam, tergantung dari strategi yang akan anda lakukan. Memang dalam menjalankan sebuah usaha, kita harus meminimalisir biaya, namun juga harus di sesuaikan. Misalnya jika anda tidak punya kamera bagus, maka sewa kamera untuk membuat foto profil orang. Atau jika anda tidak bisa mendesain, pergi ke tempat desain dan percetakan untuk membuat desain profil logo usaha.

Memang ada biaya, namun hasil yang didapatkan akan maksimal.
Mencari followers sebanyak – banyaknya
Mulai memperhatikan seberapa banyak orang yang mengikuti akun khusus yang sudah dibuat. Itu penting karena semakin banyak orang yang mengikuti akun tersebut maka akan semakin banyak juga orang yang melihat foto atau video yang diposting. Hal ini memudahkan untuk mencari pembeli dengan ditunjang foto produk yang menarik.


Yang paling utama sukses menjual di instagram adalah mendapatkan follower. Bahkan ada beberapa pelaku usaha yang memanfaatkan jasa memperbanyak follower. Mereka mengelurkan biaya yang banyak hanya untuk itu. Kalau di bilang rugi.... ya rugi. Namun itu hanya untuk jangka pendek. Mereka memikirkan sebagai strategi jangkan menengah dan jangka panjang. Jika berfikir langsung mendapat untung, dapat dilakukan dengan cara mengendorse selebgram yang followernya sangat banyak. Namun itu akan menguras biaya yang besar secara terus menerus. Jika harus menumpang follower orang lain, mengapa kita tidak mencari dan mengeluarkan biaaya untuk follower di akun instagram sendiri.

Lalu ada pertanyaan... butuh berapa lama dan butuh biaya berapa untuk menambah follower??? Itu belum ada rumusnya!!! Karena dipengaruhi banyak faktor.

Mulai aktif upload foto produk
Setelah merasa memiliki cukup banyak followers atau orang –orang yang mengikuti akun khusus bisnis yang telah dibuat maka kali ini perlunya memperhatikan intensitas upload foto ke akun tersebut. Pengaturan dan peningkatan intensitas sangat di butuhkan karena semakin banyak foto yang di unggah maka akan semakin banyak dan beragam pilihan produk bagi pembeli yang berkunjung ke akun bisnis tersebut. Semakin sering mengunggah gambar juga menandakan bahwa tingginya aktifitas akun sehingga meyakinkan pembeli bahwa produk yang dipasarkan selalu baru atau up to date.


Konsistensi merupakan hal yang paling utama. Semakin banyak upload foto produk, dan konsisten maka semakin dipercaya akun instragram anda. pengikut akun instagram juga akan semakin bertambah.


Minimal upload foto di akun instagram seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Lalu, bagaimana jika produknya sudah di foto semua??? Kita juga dapat mengupload desain promosi atau foto kegiatan yang berkaitan dengan usaha anda.

Misalnya program diskon atau upload foto pembeli anda yang sudah menggunakan produk anda.

Upload testimoni konsumen juga sangat penting karena dengan begitu dapat menambah tingkat kepercayaan pada usaha anda.
 
Memberikan pelayanan terbaik
Saat akun jual beli yang dibuat mulai banyak pengunjung, maka sebisa mungkin memberikan pelayanan terbaik baik itu pelayanan informasi bahkan pengiriman barang tepat pada waktunya. Semakin baik pelayanann yang diberikan maka akan memengaruhi pula kepuasan pembeli. Kepuasan pembeli dapat menentukan keberlangsungan bisnis yang sedang digeluti sehingga akan embuat pembali datang kembali untuk membeli produk lain krena merasa nyaman dengan pelayanannya.
Pertahankan kepercayaan pelanggan
Kelemahan dari sebuah media online shop adalah kurangnya kepercayan konsumen terhadap online shop. Hal ini disebabkan banyaknya terjadi penipuan yang merugikan konsumen. Penipuan dan kejahatan online dapat disebabkan karena penjual dan pembeli tidak saling bertemu dan bertatap muka secara langsung. Maka dari itu, perlunya membangun jaringan yang baik antara konsumen dengan produsen yang dapat diwujudkan melalui menjaga kepercayaan konsumen. Kepercayaan tersebut dapat ditumbuhkan melalui pelayanan yang baik meliputi kualitas barang sesuai dengan foto produk yang ditampilkan, serta melakukan pengiriman barang sesuai dengan batas waktu yang sudah diinformasikan kepada konsumen.


Strategi Endorse Selebgram

Jika kita memang memiliki cukup modal. Strategi lain yang bisa dijalankan adalah dengan mengendorse selebgram. Ini merupakan strategi jangka pendek. Jika anda harus menginginkan produk anda populer. Namun untuk pemilihan artis selebgram juga harus di seleksi dengan matang. Jangan sampai selebgram tersebut memiliki image yang buruk dimata masyarakat.
 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon