Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Senin, 28 Agustus 2017

Cara Mudah Berjualan di Lazada

Cara Mudah Berjualan di Lazada - Indonesia merupakan salah satu perusahaan E-commerce terbesar di Indonesia. Pengunjung Lazada mencapai 36,6 juta tiap bulannya. Untuk proses menjual ataupun membeli sangat mudah, sehingga banyak konsumen maupun seller yang nyaman menggunakan Lazada sebagai tempat untuk berjualan dan berbelanja. Saat ini Lazada telah mempunyai ratusan ribu online shopper. Berikut ini adalah beberapa cara berjualan mudah di Lazada.


sumber gambar: www.lazada.co.id

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum bergabung dengan Lazada?
Sebelum memutuskan berjualan di Lazada, hal yang perlu diperhatikan adalah produk yang akan kita jual. Pilihlah barang dengan kualitas terbaik, agar pembeli tidak merasa kecewa apalagi melakukan return, karena Lazada mengizinkan pembeli untuk melakukan return apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang ditulis oleh penjual. Jika terlalu sering memperoleh permintaan return, akan membuat reputasi penjual buruk. Oleh karena itu, tulislah deskripsi yang sesuai dengan kondisi barang, dapat dibuat menarik tapi jangan melebih-lebihkan.

Setelah memutuskan produk yang akan dijual, pahamilah tentang program afiliasi Lazada. Kata “afiliasi” sendiri sudah tidak asing dalam dunia e-commerce. Program afiliasi adalah sebuah program dari online shop seperti Lazada dimana apabila penjual mampu menjual produknya, maka penjual akan memperoleh komisi dari Lazada. Komisi ini berbeda-beda, tergantung standarisasi setiap kategori yang sudah ada.

Terakhir, sangat perlu mengetahui kantor cabang JNE terdekat, karena Lazada hanya bekerja sama dengan JNE, untuk itu pastikan kantor cabang JNE dekat dengan rumah, karena untuk memudahkan proses pengiriman barang.

 Bagaimana cara bergabung dengan Lazada?
Untuk bergabung di Lazada sebagai penjual, yang perlu dilakukan adalah mengisi form online khusus bagi penjual Lazada di www.Lazada.co.id/marketplace kemudian pilih tombol daftar di pojok kanan atas. Syarat menjadi seller di Lazada cukup memiliki fotokopi KTP atau registrasi bisnis seperti UD/CV/PT dan fotokopi informasi akun bank. Pengisian form harus dilakukan dengan benar, karena ini akan berkaitan dengan transaksi keuangan nantinya.

Setelah mendaftar maka akan ada pemberitauan Lazada di email. Kemudian ikuti tautan yang dikirim pada email tersebut. Setelah itu login ke bagian seller center di Lazada. Dalam hal ini perjanjian kerjasama harus dibaca dengan sangat teliti. Pahamilah berbagai peraturan dan pembagian keuntungan yang telah ditetapkan oleh Lazada. Jika sudah paham dengan perjanjian tersebut lanjutkan proses berikutnya. Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan saat menjadi seller atau penjual di Lazada tetapi penjual akan dikenakan sedikit komisi yang telah di standarisasi pada setiap kategori yanga ada dari barang yang berhasil dijual

Langkah berikutnya setelah menjadi penjual adalah mengisi toko online. Unggah foto produk yang ingin dijual, gunakan foto dengan kualitas terbaik. Sesuaikan dengan standar resolusi Lazada. Gunakan fitur tambah produk untuk  mengupload foto produk. Berikan deskripsi tentang spesifikasi barang yang dijual. Buatlah deskripsi yang jelas, menarik dan kreatif, tetapi jangan berlebihan sesuaikan dengan kondisi barang. Usakan untuk selalu memberikan deskripsi produk yang dijual, jangan sampai tidak memberikan deskripsi produk sama sekali. Penjual diberi kebebasan untuk mengunggah produk sebanyak-banyaknya dari banyaknya kategori yang luas.

Setelah produk berhasil diupload, tunggu pemberitahuan email dari Lazada kalau ada yang membeli produk. Jika produk terjual, untuk merespon email tersebut, login lah ke https://sellercenter.Lazada.co.id/order kemudian cek apa yang dipesan dan segera respon pesanan tersebut. Pengiriman barang maksimal 2 x 24 jam sudah harus memasukkan No Resi JNE. Jika sudah memasukkan No Resi JNE, selanjutnya aplikasi seller centre Lazada akan merubah sendiri status pemesan dari pending menjadi ready to ship kemudian dapat berubah kembali menjadi shipped dan complete.  Jika barang sudah berstatus completed dan delivered, pembayaran ke rekening penjual maksimal 14 hari setelah berstatus delivered. Itulah penjelas tentang cara berjualan mudah di Lazada.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon