Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Rabu, 23 Agustus 2017

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Ikan Koi Betina

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Ikan Koi Betina - Ikan koi merupakan salah satu ikan primadona di Indonesia. Kehadirannya banyak menarik minat masyarakat untuk menjadikan ikan koi sebagai peliharaan. Sisiknya yang berwarna-warni dan bentuk tubuhnya yang menarik serta mudah dipelihara membuat ikan banyak dicari dikalangan masyarakat. Hal ini terlihat dengan banyaknya budidaya ikan koi yang bisa ditemui di Indonesia. Melihat hal itu, banyak juga pemula yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan koi. Dalam budidaya ikan koi sangat perlu untuk memperhatikan jenis kelamin ikan koi tersebut sebagai dasar bagi perkembangan budidaya. Ikan koi muda atau yang berukuran kecil memang sedikit sulit dibedakan jenis kelaminnya, walaupun untuk orang yang sudah paham betul tidaklah sulit, tetapi untuk Ikan koi pada usia yang sudah cukup matang atau dewasa akan lebih mudah untuk membedakan mana ikan koi betina dan mana ikan koi jantan. 


Bagaimana cara membedakan ikan koi jantan dan betina?

Ukuran tubuh ikan koi
Ciri-ciri yang paling mudah untuk membedakan jenis kelamin ikan koi adalah bentuk tubuh ikan koi. Ikan koi jantan dan betina memiliki bentuk tubuh yang berbeda jika diperhatikan dengan seksama. Tubuh Ikan koi jantan cenderung memanjang dan kurus, hal ini terlihat saat Ikan koi sudah mencapai ukuran 30 cm akan lebih langsing ke arah ekor, sedangkan untuk tubuh Ikan koi Betina terlihat lebih bulat, melebar dan padat, terutama di bagian perut. Jika dilihat dari atas, badan Ikan koi betina akan terlihat melebar kesamping kiri dan kanan.

Kekasaran Pipi Ikan koi Jantan dan Betina
Perbedaan lain dapat dilihat dari bagian pipi ikan koi. Jika pipi ikan koi diraba dan terrasa kasar, itu berarti ikan koi berjenis kelamin jantan, sedangkan untuk pipi ikan koi betina, ketika diraba cenderung halus. Tetapi tidak semua ikan koi dengan pipi halus adalah betina, kadang ikan koi jantan muda juga memiliki pipi yang halus. Untuk itu, jika permukaan pipi ikan koi kasar, kemungkinan besar ikan koi tersebut berjenis kelamin jantan.

Bentuk Sirip Ikan Koi
Ciri berikutnya dapat dilihat dari bentuk sirip dada ikan koi. Jika diperhatikan sirip dada ikan koi betina memiliki ujung yang sedikit membulat seperti kipas sedangkan untuk sirip dada ikan koi jantan cenderung lebih runcing seperti segitiga. Selain itu jika diraba, sirip dada ikan koi betina lebih halus jika dibandingkan dengan sirip dada ikan koi jantan yang kasar. Sirip dada ikan koi betina juga cenderung lebih transparan dibandingkan sirip dada ikan koi jantan yang lebih putih solid.

Bentuk dan Warna Lubang Ekskresi
Perbedaan jenis kelamin ikan koi dapat dilihat dari bentuk fisik dan warna lubang ekskresinya. Untuk ikan koi betina, jika diperhatikan lubang ekskresinya terlihat sedikit menonjol, cembung dan berwarna merah muda pucat. Tetapi ikan koi jantan memiliki lubang ekskresi yang berwarna putih dan cenderung cekung kedalam dengan warna putih dan tidak menonjol.   

Cairan Perut Ikan koi
Perbedaan lain dapat dilihat pada cairan yang keluar dari ikan koi melalui anusnya jika dipijat. Jika anus ikan koi jantan dipijat, maka akan keluar cairan sperma yang berwarna putih dan kental maka sudah dipastikan kalau ikan koi berjenis kelamin jantan, tetapi jika anus ikan koi dipijat dan yang keluar adalah cairan berwarna kuning atau kotoran, berarti ikan koi tersebut berjenis kelamin perempuan. Hal ini dapat dilakukan jika ikan koi sudah matang atau dewasa.

Bentuk Kepala Koi Jantan dan Betina
Ciri terakhir yang membedakan ikan koi jantan dan betina adalah ukuran kepala Ikan koi. Ikan koi jantan memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan ikan koi betina. 

 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon