Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Sabtu, 26 Agustus 2017

Cara Jualan di Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia - Peluang usaha dengan berbisnis online saat ini memang sedang menjadi trend dan digandrungi banyak orang di Indonesia. Baik penjual maupun pembeli terdiri dari semua kalangan. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan jaringan internet yang memadai, kegiatan jual beli online dapat dilakukan. Tokopedia merupakan satu dari banyaknya marketplace di Indonesia. Kehadirannya kini ramai diperbincangkan. Banyak orang yang mengaku jika mereka sudah memperoleh banyak keuntungan setelah ikut menjadi member. Disini akan dijelaskan bagaimana cara bergabung dengan Tokopedia sebagai penjual.



 sumber gambar : www.tokopedia.com

Bagaimana cara bergabung dengan Tokopedia?
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di www.tokopedia.com Dan setelah masuk halaman Tokopedia cari tulisan “Buka Toko” dan isi data informasi toko anda. Isi semua data yang diperlukan dengan benar seperti nama, deskripsi, slogan, alamat, domain, logo toko, serta dukungan pengiriman. Setelah terisi semua, klik simpan.

Tips:

  • Isi dengan lengkap karena hal ini berguna untk membangun kepercayaan pembeli.
  • Cek domain untuk memberi nama toko dan harus menggunakan nama yang berbeda dengan yang sudah ada.
  • Usahakan untuk upload gambar yang unik untuk logo toko
  • Setelah mempunyai toko, langkah selanjutnya adalah menambahkan produk kedalam toko. Untuk menambahkan produk pilih tambah produk di menu “Toko Saya”, masukkan foto produk. Lengkapi data yang diperlukan, seperti nama produk, deskripsi produk, kategori dan harga, jumlah pemesanan, kondisi produk. Setelah semua data lengkap, pilih “Simpan”.
Tips:

  • Untuk foto produk, gunakan foto terbaik dari produk anda, karena foto tersebut mewakili seluruh produk
  • Buatlah deskripsi produk secara detail dan semenarik mungkin tetapi jangan melebih-lebihkan, sesuaikan dengan kondisi produk
  • Untuk semua produk yang di upload harus memenuhi ketentuan upload produk yang sudah ditetapkan oleh Tokopedia dapat dilihat di www.tokopedia.com/terms.pl
  • Selalu update produk di toko untuk menjaga agar terlihat aktif

Proses mendaftar telah selesai, maka penjual sudah bisa jualan online di Tokopedia. Penjual tinggal menunggu jika ada pembeli akan diketahui lewat notifikasi, tetapi biasanya pembeli akan bertanya-tanya dahulu. Bangunlah komunikasi yang baik dengan pembeli. Untuk melihat pesanan baru klik “Penjualan” di menu “ Toko Saya”. Untuk menerima pesanan, dapat dilakukan dengan mencentang kolom pesanan yang diproses, lalu klik “Terima Pesanan”, selanjutnya klik “Respon Pesanan”. Tetapi jika ada suatu hal yang membuat pembeli tidak bisa memenuhi pesanan, pilih “Tolak Pesanan” dan isis alasan yang sesuai di kolom “Alasan Penolakan”. Jika pesanan diterima, selanjutnya kirim pesanan dengan agen logistik dan paket pengiriman yang sudah dipilih oleh pembeli. Berikan pelayanan yang cepat dan tepat karena hal ini akan berpengaruh terhadap pemberian rating dari pembeli kepada penjual.

Setelah mengirim pesanan, langkah berikutnya lakukan konfirmasi pengiriman di Situs Tokopedia, klik “penjualan” di menu “Toko Saya”. Centang kolom pesanan yang sudah dikirim, kemudian masukkan nomor rese dan klik “ Konfirmasi”. Terakhir pilih “Ya” untuk konfirmasi pengiriman.

Selanjutnya pantau pengiriman. Penjual dapat melacak status pesanan yang dikirim dengan cara klik “Penjualan” di menu “Toko Saya”. Lalu klik “Lacak” pada pesanan yang ingin diketahui status pengirimannya dan setelah selesai melacak status, klik “Ya”.

Jika pembeli sudah melakukan konfirmasi terima barang, dana penjualan akan langsung di teruskan ke saldo Tokopedia penjual. Untuk menarik saldo Tokopedia ke rekening pribadi, klik “saldo” yang ada dibawah nama profil. Untuk menarik dana hasil penjualan, klik “Tarik Dana”. Lengkapi data-data yang dibutuhkan, seperti jumlah saldo yang ditarik, nomor rekening tujuan, kata sandi Tokopedia dan kode OTP. Lalu klik “Konfirmasi”. Setelah penerikan sukses maka akan ada notifikasi dari Tokopedia.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon