Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 23 Agustus 2017

Budidaya Ikan Koi - Cara Membesarkan Ikan Koi



Cara Membesarkan Ikan Koi - Popularitas ikan koi membuat banyak orang untuk menjadikan ikan Koi sebagai salah satu hiasan dirumah. Baik pemula maupun kolektor ikan ulung memerlukan perhatian dan melakukan perawatan khusus untuk dapat membesarkan ikan koi dengan baik agar dapat tumbuh dengan cepat dan perkembangannya tetap baik serta sehat.


Bagaimana tahapan yang perlu dilakukan untuk membesarkan ikan koi  
Pemberian pakan yang tepat adalah langkah awal yang perlu dipenuhi selama membesarkan ikan koi. Ikan koi adalah ikan yang bersifat omnivora, ikan koi akan melahap segala jenis makanan yang diberikan. Akan tetapi, bukan berarti bisa memberikan makanan ikan koi dengan sesuka hati. Ikan koi juga butuh asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan koi, baik itu berupa pakan alami maupun buatan.Hal ini perlu diperhatikan karena semakin cocok pakan yang diberikan, maka semakin baik juga bagi pertumbuhan ikan koi tersebut. Pakan yang tepat sebaiknya perlu juga dipertimbangkan kadar gizi dan vitamin dalam kandungannya, tidak hanya baik bagi pertumbuhannya melainkan semakin mempercepat pertumbuhan ikan koi.

Berilah makan ikan koi secukupnya dan jangan berlebihan karena jika ikan koi makan terlalu banyak hanya akan membuat kolam cepat kotor, itu disebabkan oleh kotoran ikan koi. Semakin banyak koi makan, maka kotoranya menjadi banyak pula dan akhirnya kolam menjadi keruh dan kotor sehingga ikan koi menjadi tidak nyaman bahkan mati. Apabila jika ikan koi kekenyangan juga menyebabkan kematian. Pemberian pakan koi juga pada umumnya diberikan setiap 5 jam dalam sehari dan jumlah pakan yang diberikan sebaiknya berukuran 2% lebih berat dari tubuhnya.
 
Selain pemberian pakan yang tepat, apakah ada tips lain?
Tentunya ada tips lain yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan koi dengan baik. Hal itu dapat disiasati melalui persiapan kolam yang ideal dan sesuai bagi kebanyakan ikan koi. Pada umumnya kolam yang sesuai bagi ikan koi memiliki panjang 5 kali dari ikan koi, sedangkan lebarnya berukuran 3 kali dari lebar ikan Koi. Kolam juga sebaiknya diisi air sedalam 100-125 cm dari dasar kolam. Perlu diperhatikan juga pergantian air dalam kolam, lebih baik juga apabila kolam diberikan sirkulasi air agar air tidak mudah keruh menggenang.

Kunci dari memelihara ikan koi adalah air, sedangkan kunci dari air yang bagus adalah fiter yang baik. Keruhnya air kolam terjadi karena beberapa faktor, seperti kotoran ikan, lumut, alga, daun yang jatuh di kolam dan sisa makanan. Parahnya lagi, air kolam yang keruh membuat kadar oksigen sedikit, dan menjadikan ikan berebut oksigen, ditambah dengan sisa makanan dan kotoran ikan, akan menimbulkan gas ammonia. Gas amonia yang melebihi batas akan menimbulkan racun, dan akhirnya ikan koi akan mati lemas. Untuk menjaga air tetap dalam kondisi bagus, bisa dipasang filter empat lapis. Filter ini terdiri dari empat komponen, yakni komponen yang terdiri dari kerikil, pasir dan ijuk. Fungsi dari filter pertama ini adalah menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam. Komponen filter kolam kedua yang berupa karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan bau tak sedap, racun dan membunuh bibit penyakit. Komponen filter kolam ikan koi ketiga yaitu yang berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai dan berperan dalam proses penjernihan air kolam. Komponen filter kolam yang keempat atau terakhir berupa tanaman atau bebatuan yang bisa mengikat kotoran.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon