Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 17 Agustus 2017

Belajar Pengertian Distribusi dan Perantara Distribusi



Pengertian Distribusi dan Perantara Distribusi - Distribusi adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang barang dan jasa produsen ke konsumen. Para konsumen dapat memperoleh barang barang yang dibutuhkan jika telah dibawa oleh distributor ke tempatnya. Kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan cara yang lebih baik apabila peningkatan produksi diimbangi dengan distribusi barang yang lancar dan teratur. Masyarakat akan merasa puas apabila dapat memperoleh barang kebutuhannya dengan mudah.
Perantara dalam Distribusi / Perdagangan
Pada bidang perekonomian, masalah konsumsi, produksi dan distribusi merupakan masalah yang sangat penting ketiganya terletak pada pusat kepentingan masyarakat. barang barang sebagian didistribusikan melalui pasar. pasar adalah tempat berkumpulnya sejumlah orang yang berhubungan dengan jual beli barang. Dengan demikian, penjualan barang merupakan suatu usaha perdagangan. Perantara perantara dalam proses distribusi barang dari produsen ke konsumen dapat dikelompokkan menjadi empat golongan sebagai berikut.

Pedagang
Kelompok pedagang dibagi menjadi dua sebagai berikut
Pedagang kecil /pengecer (retailer)

Pembeli mendatangi penjual untuk membeli barang yang dibutuhkan. Barang barang yang dijual terutama barang kebutuhan sehari hari, misalnya gula, sabun dan minyak goreng. Oleh karena itu, lokasinya harus dekat dengan konsumen. Contohnya adalah toko, warung, kios dan pedagang keliling. Pedagang eceran membeli dari pedagang besar dan menjual langsung kepada konsumen.
Pedang besar (whole Seller)
Pedagang besar (grosir) membeli barang secara besar besaran dari produsen /pabrik dan menjual kepada pedagang pengecer. Pedagang besar memberi manfaat bukan saja kepada produsen, tetapi juga kepada pedagang kecil. Pabrik dapat memanfaatkan jasa pedagang besar untuk mendistribusikan barang ke konsumen. Terhadap pedagang kecil atau eceran, pedagang besar sering kali memberikan bantuan buka saja dalam bentuk kredit jangka pendek, melainkan juga dalam bentuk pemuatan reklame di surat kabar atau majalah dan media massa lainnya tentang barang yang diperdagangkan. Tempat atau lokasi pedagang besar tidak perlu dekat dengan konsumen sebagaimana dalam pedagang eceran.

Perantara Khusus
Pedagang perantara khusus antara lain sebagai berikut.
Agen
Agen adalah perantara perdagangan yang atas nama suatu perusahaan tertentu menjualkan barang hasil produksi perusahaan tersebut di daerah tertentu. Agen menjual barang dagangan dengan harga yang ditentukan oleh produsen. Untuk itu ia memperoleh komisi sesuai dengan banyaknya penjualan. Agen menjual barang ke pedagang pedagang besar atau langsung ke pedagang kecil.
Makelar
Makelar adalah perantara yang atas nama orang lain mencarikan barang bagi pembeli dan atau menjualkan barang bagi penjual. Makelar mengadakan perjanjian perjanjian atas nama mereka dalam penjualan atau pembelian suatu barang. Makelar tidak ikut bertanggung jawa atau penyerahan barang dan pembayarannya. Tugasnya hanya memungkinkan penjual dan pembeli mengadakan perjanjian jual beli sendiri. Balas jasa makelar disebut provisi atau kurtasi.
Komisioner
Sering juga disebut pedagang komisi adalah perantara dalam perdagangan seperti juga makelar. Ia bekerja atas namanya sendiri dan ikut bertanggung jawa sendiri atas tindakan yang dilakukan dalam mengadakan perjanjian jual beli. Untuk jasanya ia memperoleh komisi.

Eksportir dan Importir
Dikelompokkkan tersendiri karena mereke dalam menjalankan kegiatannya berhubungan dengan luar negeri. Perdagangan luar negeri memang lebih rumit karena banyak peraturan dan harus menyangkut valuta asing.

Lembaga lembaga Pembantu dalam Proses Distribusi
Selain perantara tersebut, masih ada pihak pihak yang membantu dalam proses penyaluran barang, tanpa ikut berdagang sendiri. Termasuk dalam kelompok ini antara lain sebagai berikut.
Bank, 
Asuransi, 
Pengepakan, 
Perusahaan Pengangkutan, 
Pergudangan, 
Perusahaan Periklanan, 
Konsultan

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon