Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Senin, 10 Juli 2017

Tips dan Cara Menanam Cabai Rawit Dalam Polybag



Tips dan Cara Menanam Cabai Rawit Dalam Polybag – Kali ini siapabisnis.com akan mengulas mengenai budidaya cabai rawit.  Sekarang ini banyak orang yang ingin menanam tanaman tersebut karena selain untuk kegiatan hobi yang dapat menghilangkan stress, menanam cabai rawit juga dapat  dimanfaatkan untuk usaha. pandangan masyarakat secara umum, menanam cabai rawit tergolong susah, namun jika anda mempelajari lebih dalam lagi, ternyata menanam cabai rawit sangat mudah. Yang terpenting adalah niat dan usahanya. Anda bisa mempelajari menanam cabai rawit lewat internet, youtube atau juga bertanya pada teman teman anda yang bisa. Usaha budidaya cabai rawit memang sangat menguntungkan, mengingat cabai rawit sangat dibutuhkan oleh masyarakat. anda bisa memanfaatkan halaman rumah anda untuk bercocok tanam cabai rawit.

Usaha Budidaya cabai rawit untuk usaha
Setiap tahun permintaan akan cabai rawit selalu tinggi, bahkan pada momen tertentu pasokan cabai rawit di pasaran sangat langka karena permintaan masyarakat lebih tinggi dibandingkan dengan pasokan yang ada di pasaran sehingga menyebabkan harga cabai rawit menjadi sangat mahal. Namun juga pada saat momen tertentu pula harga cabai rawit menjadi sangat murah karena pasokan yang menjadi terlalu banyak dan tidak sebanding dengan permintaannya. Ketika pasokan cabai langka, harga cabai rawit dapat mencapai 100.000 an perkilo yang membuat petani cabai untungnya berkali kali lipat. Oleh karena itu tidak salah jika dikatakan prospek usaha budidaya cabai rawit sangat menjanjikan. Yang terpenting adalah anda harus mengetahui momen momen yang tetap untuk menjual cabai rawit. Dari sisi konsumen, harga cabai rawit yang mahal membuat masyarakat kebingungan bahkan mereka memiliki inisiatif untuk menanam cabai sendiri dan mungkin dapat dijual. Menanam cabai rawit tetap memiliki keuntungan yang lebih banyak daripada kerugiannya.

Berikut ini adalah tips dan cara menanam cabai rawit dalam polybag bagi pemula.
Tahap Pemilihan Benih
Yang pertama adalah dalam pemilihan benih, pilihlah cabai yang sudah tua agar bisa digunakan untuk benih cabai rawit. Nantinya anda bisa memilih cabai yang akan anda tanam, apakah apakah rawit putih, rawit hijau, atau rawit merah. Ciri ciri cabai yang bisa anda jadikan sebagai benih adalah, cabai tuan yang bewarna segar, tidak keriput, dan terang. Tangkai cabai pun masih segar. jika anda menemukan sebaliknya maka jangan anda pilih karena itu merupakan cabai yang buruk.

Tahap Penyemaian Benih
Setelah mendapatkan benihnya, lakukan penyemaian. Penyemaian dapat dilakukan pada benih cabai yang sudah di jemur sampai menjadi kering. Cara penyemaiannya dengan menyiapkan tanah atau kompos dengan perbandingan 3:1 kemudian diaduk sampai rata dan didiamkan. Selanjutnya letakkan benih pada media semai yang sudah disiapkan. Jarak pemberian benih jangan sampai terlalu rapat. Tutup tipis benih dengan tanah halus. Dalam waktu 7 sampai 10 hari benih sudah mulai muncul seperti kecambah. Selang dua hari, mulai di taruh di ruang terbuka agar dapat terkena sinar matahari. Pada usia 25 hari bibit dapat dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar

Tahap Persiapan Media Tanam
Syarat untuk memindahkan cabai rawit ke dalam pot yang lebih besar, ukuran polybag untuk cabai rawit berdiameter 30 cm. anda dapat memanfaatkan barang barang bekas dirumah anda sebagai media tanam.

Tahap Perawatan
Untuk perawatan cabai rawit sangat mudah, yang terpenting adalah selalu menjaga pasokan air. Yang terpenting adalah jangan menyiram terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit.

Tahap Pemupukan
Untuk tahap pemupukan, anda bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos agar tanaman dapat tumbuh dengan subur.

Tahap Pemberian Obat
Tahap pemberian obat berfungsi untuk mencegah tanaman dari penyakit hama, anda bisa menyemprotkan pertisida organik .

Tahap Panen
Tahap tetakhir adalah masa panen. masa tanam  dan rawat cabai rawit selama 90 hari, jika cabai rawit sudah berbuah, tunggu sampai 30 hari setelah itu anda bisa memanen cabai rawit.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon