Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 05 Juli 2017

Timbulnya Ilmu Ekonomi



Timbulnya Ilmu Ekonomi - Masalah Ekonomi sudah ada sejak manusia hidup di dunia ini. maka sejak zaman dahulu juga sudah ada orang yang memikirkannya, yaitu para nabi, para ahli filsafat, dan negarawan. Misalnya Aristoteles 300 tahun sebelum Masehi telah menulis tentang harga dan nila, pasar, keuangan negara, pajak, efisiensi tenaga kerja dan sebagainya. Pada abad ke 16 dan ke 17 sudah banyak tulisan mengenai masalah ekonomi praktis yang dihadapi ketika negara negara nasional mulai dibentuk dan perdagangan dunia semakin meluas. Akan tetapi, pemikiran yang sistematis mengenai masalah ekonomi sebagai bidang tersendiri baru muncul pada akhir abad ke 18.



Sebagai peletak dasar dan dianggap sebagai Bapak Ilmu Ekonomi adalah Adam Smith ( orang Skotlandia, 1723-1790) dengan bukunya An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nation yang terbit pada tahun 1776. Dalam bukunya itu Adam Smith untuk pertama kalinya dengan sistematis menguraikan kehidupan ekonomi secara keseluruhan serta menunjukkan bagaimana semuanya itu berhubungan satu sama lain. Sejak itu ilmu ekonomi sendiri semakin berkembang sebagai suatu cabang ilmu tersendiri.

Pokok persoalan yang dibahas dalam buku tersebut adalah mengenai apa yang menentukan tingkat kemakmuran suatu bangsa, serta bagaiman taraf hidup kemakmuran rakyat dapat ditingkatkan dan didistribusikan. Karya Adam Smith ini meletakkan dasar ilmu ekonomi, dalam arti merumuskan pokok pokok masalah, pengertian pengertian dasar dan kerangka berpikirnya, yang oleh para pengikutnya dikembangkan lebih lanjut menjadi teori ekonomi modern. Ulasannya mengenai the invisible hands (tangan tangan gaib), yaitu mekanisme harga di pasar bebas yang mengatur secara otomatis seluruh kegiatan ekonomi masyarakat, sampai sekarang masih dapat ditemukan kembali hampir dalam setiap buku pelajaran ekonomi.

Kurang lebih 60 tahun yang lalu terjadi suatu perkembangan baru. Pada waktu itu seluruh dunia digoncangkan oleh kemerosotan ekonomi yang hebat, yang dikenal dengan nama Depresi Besar (tahun 1930 an). Pada waktu depresi tersebut kehidupan ekonomi hampir di seluruh dunia macet. Produksi macet, pabrik - pabrik tidak bekerja lagi dan banyak orang yang terpaksa menganggur. Keadaan ini merupakan tantangan yang berat bagi ahli ekonomi. Akan tetapi, dengan teori - teori ekonomi yang ada pada saat itu tidak dapat mengatasi keadaan. Kemudian timbulah suatu padangan yang baru, yang menjadi titik pangkal dari ilmu ekonomi modern. Bapak yang kedua dari ilmu ekonomi adalah John Maynard Keynes (dari Cambridge, Inggris, 1883 – 1946). Sebagai titik balik perkembangan ilmu ekonomi biasanya disebut tahun 1936, yaitu tahun terbitnya buku karangan Keynes: The General Theory of Employment, Interest anda Money (Teori yang dikemukakan sering hanya disebut sebagai The General Theory.

Dalam bukunya itu Keynes menjawab persoalan yang melanda dunia waktu itu, yaitu mengapa bisa terjadi depresi dalam sistem ekonomi bebas, dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan kemudia menghindarkan keadaan seperti itu. Dalam ulasannya Keynes membahas masalah investasi dan tabungan, kesempatan kerja dan peranan uang serta menekankan perlunya campur tangan pemerintah untuk menjaga atau mengembalikan kestabilan ekonomi nasional ( hal yang terakhir inilah yang membedakannya dengan Adam Smith di mana pemerintah tidak perlu ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi karena percaya adanya mekanisme harga yang secara otomatis akan mendorong ke arah keadaan keseimbangan atau adanya apa yang dinamakan tangan tangan gaib.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon