Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Selasa, 04 Juli 2017

Pengertian Sistem Ekonomi dan Masalah Pokok Dalam Ekonomi



Masalah pokok ekonomi yang dihadapi setiap masyarakat
Kegiatan ekonomi dalam masyarakat modern selalu mengadung unsur bahwa orang harus melakukan pilihan atas berbagai hal. Untuk dapat memilih dari antara sejumlah kemungkinan itu sering kali orang harus membuat ramalah mengenai apa yang akan terjadi bila salah satu dari kemungkinan yang tersedia itu dipilih. Misalnya, untuk mengendalikan inflasi, mendorong ekspor nonmigas atau mendorong industrialisasi, pemerintah dapat menempuh berbagai cara. Cara yang paling baik tergantung dari dampak dan akibat akibat masing masing tindakan, yang sedapatnya mungkin harus diperkirakan atau diramalkan sebelumnya. Sayangnya, apa yang akan terjadi besok hanya bisa diperkirakan, belum ada cara cara ilmiah yang 100% dapat diandalkan untuk meramalkan masa yang akan datang, meskipun para ahli ekonomi telah mencapai kemajuan dalam bidang ini.
 baca juga : definisi ilmu ekonomi


Ciri ciri yang juga menonjol dalam kegiatan ekonomi modern adalah adanya saling ketergantungan atau interdependensi. Dalam kehidupan ekonomi semuanya berkaitan satu sama lain, sehingga tidak mungkin menangani bidang yang satu tanpa menyangkut bidang bidang lainnya. Misalnya usaha mendorong industrialiasi dengan membangun pabrik pabrik modern, tapi akibatnya akan mematikan usaha usaha rakyat kecil yang dapat mengancam terjadinya pengangguran dan kemiskinan yang semakin luas.

Ada beberapa masalah pokok ekonomi dalam masyarakat modern yang perlu dirinci lebih lanjut menjadi beberapa pertanyaan sebagai berikut.

Apa yang dihasilkan dan berapa banyak (what)
Berapa banyak dari barang A,B,C dan D akan diproduksi? Mana yang paling dibutuhkan? Apakah tanah yang tersedia akan dipakai untuk menanam padi atau tebu? Atau untuk perumahan, untuk pabrik? Berapa yang dibutuhkan dari bermacam macam barang?

Bagaimana cara memproduksi (how)
Bagaimana sumber sumber daya (tenaga kerja, sumber alam, peralatan produksi, teknologi dan modal) dapat disediakan dan bagaimana dikombinasikan untuk memperoleh hasil maksimal? Ini tidak hanya soal teknik produksi saja tetapi soal alokasi sumber seumber ekonomi atas dasar pertimbangan/ perhitungan biaya yang harus dikeluarkan untuk berbagai alternatif produksi, dibandingkan dengan besarnya hasil yang diperoleh. Misalnya, cara berproduksi dengan teknologi mutakhir dapat meningkatkan hasil produksi, tetapi tidak banyak menciptakan lapangan pekerjaan. Sebaliknya, cara produksi padat karya dapat memberi kesempatan kerja bagi lebih banyak orang, tetapi mungkin hasilnya kurang banyak.

Untuk siapa produksi dilaksanakan (for whom)
Siapa yang akan menikmati hasil produksi? Bagaimana hasil produksi disalurkan, kepada siapa dan bagaimana dibagi bagikan di antara warga masyarakat? hal ini juga menyangkut masalah siapa mendapat berapa dari penghasilan masyarakat. jadi bagaimana distribusi pendapatan nasional dan usaha pemerataannya di antara golongan dan lapisan masyarakat.

Kapan barang itu di produksi (when)
Salah satu pokok persoalan yang perlu dipecahkan ialah menyangkut waktu, yakni kapan suatu barang tertentu akan diproduksi.

Sistem ekonomi

Pengertian sistem ekonomi
Kehidupan ekonomi suatu negara menyangkut berjuta juta, ribuan perusahaan besar dan kecil serta ribuan macam barang dan jasa. Kehidupan ekonomi juga merupakan suatu kesatuan karena semuanya berhubungan satu sama lain dan saling mempengaruhi.

Cara suatu bangsa mengatur kehidupan ekonominya disebut sistem ekoonomi atau tata ekonomi. Sistem ekonomi menunjukkan bagaimana suatu masyarakat mengorganisasi perekonomiannya untuk menjawab pertanyaan pertanyaan pokok 

Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyaknya?
Bagaimana cara memproduksinya?
Untuk siapa barang itu diproduksi?
Kapan baran itu diproduksi?

Setiap negara berbeda beda dalam membuat keputusan tentang masalah masalah tersebut. hal itu tergantung pada sistem ekonomi yang dianutnya. Sistem ekonomi yang bagaimana yang dianut oleh suatu negara dipengaruhi oleh faktor faktor alam, tenaga kerja, modal dan keahlian yang dimiliki warga negara itu.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon