Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 06 Juli 2017

Pengertian Prinsip Ekonomi



Prinsip Ekonomi adalah berusaha dengan alat alat atau dana yang ada untuk memperoleh hasil atau tujuan sebesar besarnya atau dengan biaya / pengorbanan yang sekecil kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu. Jadi sebenarnya kurang tepat jika dikatakan bahwa prinsip ekonomi adalah berusaha untuk mencapai hasil atau tujuan sebesar besarnya dengan biaya/ pengorbanan yang sekecil kecilnya. Misalnya jika akan pergi ke suatu tempat, kita akan berusaha menawar serendah mungkin ongkos angkutan.

Dengan demikian prinsip ekonomi menunjukkan:
- Suatu cara bertindak yang berusaha mencapai hasil optimal dibandingkan dengan biaya  /pengorbanan yang dikeluarkan; atau
- Suatu cara bertindak yang berusaha mencapai hasil tertentu dengan mengeluarkan biaya/ pengorbanan sesedikit mungkin.

Prinsip ekonomi selalu berkaitan dengan efisiensi. Kata efisien menunjukkan perbandingan yang seoptimal mungkin antara pengorbanan dan hasil (dengan titik berat pada segi pengorbanan). Jadi cara kerja yang efisien menunjukkan bahwa suatu hasil dicapai dengan biaya pengorbanan yang paling sesuai tanpa pemborosan.

Seseorang konsumen harus memperhatikan bagaimana menggunakan penghasilan yang terbatas untuk keperluan makan, minum, pakaian dan lain lain sedemikian rupa sehingga kebutuhan kebutuhan hidup terpenuhi dengan seoptimal mungkin. Demikian pula seorang produsen harus memperhitungkan berapa hasil yang harus dicapai dan berapa baiay yang dikeluarkan untuk itu. Pemerintah juga harus mempertimbangkan bagaimana mengaloasi uang negara yang terbatas untuk perbaiakn jalan, mendirikan pabrik, mengembangkan pendidikan, kesehatan, dan sebagainya secara efisien.

Manusia selalu bertindak rasional. Artinya manusia berusaha memperoleh kepuasan maksimum dengan pengorbanan minimun. Orang yang menggunakan prinsip ekonomi dalan hidupnya tidak berarti memeningkan diri sendiri dan merugikan orang lain. Akan tetapi sebaliknya, prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam masyarakat yang sedang membangun.

Berikut ini adalah contoh contoh usaha manusia yang menggunakan prinsip ekonomi. Seorang ibu rumah tangga membeli gula di pasar. hal itu disebabkan harga gula di pasar lebih murah dibandingkan di pasar swalayan (supermarket). Siswa sekolah lebih suka membeli buku buku pelajaran di koperasi sekolah dibandingkan di toko buku karena di koperasi memperoleh potongan harga sebanyak 10%.

Cari contoh contoh tersebut tampak bahwa dalam melakukan tindakan ekonomi selalu berpedoman pada prinsip ekonomi, tetapi dapat diterapkan pada berbagai aspek kehidupan yang lain. Orang yang tidak menggunakan prinsip ekonomi sering bertindak boros dan tidak efisien yang akhirnya menimbulkan kerugian atau mengurangi keuntungan yang seharusnya diperoleh. Orang akan semakin terlatih bertindak sesuai dengan prinsip ekomoni dengan cara belajar dari pengalaman, baik pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon