Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Jumat, 07 Juli 2017

Pengertian Politik Ekonomi atau Kebijaksanaan Ekonomi

Pengertian Politik ekonomi atau kebijaksanaan ekonomi adalah cara cara yang ditempuh dan tindakan tindakan yang diambil oelh pemerintah. Cara dan tindakan ini untuk mengatur kehidupan ekonomi nasional guna mencapai tujuan tujuan di bidang ekonomi, terutama kemakmuran masyarakatbagi indonesia, tujuan tujuan yang ingin dicapai secara umum dirumuskan dalam GBHN (setiap 5 tahun sekali), yang kita kenal dengan Trilogi Pembangunan. Masalahnya adalah tujuan tujuan tersebut belum tentu dapat dicapai bersama sama. Sering kali usaha untuk mencapai tujuan yang satu terpaksa mengorbankan tujuan yang lain. Misalanya untuk menciptakan lapangan kerja baru diperlukan investasi dalam jumlah besar. akan tetapi investasi yang besar dapat menimbulkan kenaikan harga atau inflasi dan meningkatkan impor. Kebijaksanaan uang ketat yang dimaksutkan untuk mengendalikan inflasi ternyata dapat berakibat macetnya produksi dan perdagangan sehingga justru harga harga bertambah naik dan pengangguran meningkat.


Beberapa sarana politik ekonomi yang penting sebagai berikut
Politik moneter yaitu kebijaksanaan pemerintah (melalui bank central) dalam mengatur keuangan dan perkreditan misalnya jumlah uang yang beredar, batas batas pemberian kartu kredit dan tinggi rendahnya tingkat bunga.

Politik fiskal yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam mengatur keuangan kenagar, khususnya di bidang perpajakan dan anggaran pendapatan dan belanja negara.

Politik produksi yaitu kebijaksanaan pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri dengan menggunakan sumber sumber alam secara efisien. Politik ekonomi yang ditujukan untuk melindungi dan memajukan industri dalam negeri disebut sebagai kebijaksanaan proteksionisme.

Politik perdagangan luar negeri yaitu kebijaksanaan pemerintah yang berhubungan dengan ekspor impor, neraca pembayaran utang luar negeri, kurs valuta asing dan kerjasama internasional.

Politik harga dan upah yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam  mengawasi dan mengendalikan harga harga barang dan upah.

Politik sosial atau ketenagakerjaan yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam hal penciptaan kesempatan kerja, hubungan tenaga kerja untuk kesejahteraan karyawan.

Untuk setiap bidang yang penting, pemerintah mempunyai suatu kebajaksanaan, misalnya dalam bidang kependudukan, pertambangan, perkonperasian dan sebagainya.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon