Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Sabtu, 08 Juli 2017

Pengertian dan Tujuan Produksi



Pengertian dan Tujuan Produksi - Pada mulanya manusia dapat mencukupi kebutuhannya sendir. Misalnya manusia membutuhkan makanan dengan mencari atau memasak sendiri. Manusia membutuhkan makanan dengan mencari atau memasak sendiri. Manusia membtuhkan pakaian dengan membuat sendiri dari kulit kayu atau kulit hewan. Manusia memerlukan rumah dengan mendirikan sendiri. Akan tetapi, kemajuan tingkat kehiduapan manusia menyebabkan manusia tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri. Meskipun petani dapat menghasilkan beras, ia tidak dapat mencukupi semua kebutuhannya tanpa bantuan orang lain, misalnya kebuthan akan baju memerlukan jasa penjahit.

Dengan demikian timbul pembagian kerja dalam masyarakat. pembagian kerja merangsang manusia memupuk bakatnya masing masing guna meningkatkan mutu barang yang dibuat baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun kebutuhan orang lain. Usaha itulah yang disebut produksi.

Pengertian Produksi
Produksi adalah setiap tindakan yang menciptakan atau menambah faedah / manfaat. Pangkal pohon yang tertinggal setelah pohonnya di tebang tidak ada faedahnya dan biasanya di tinggal begitu saja. akan tetapi seorang pengrajin jeli dapat memanfaatkannya. Pangkal pohon tersebut di gajli dan diambil kemudian dibuat sebuah meja. Meja itu sengaja dibentuk dengan banyak meninggalkan bekas pangkal tersebut yang justru memberi corak keindahan tersendiri pada meja yang dibuatnya. Kayu yang terbuang tersebut menjadi berfaedah dan faedah yang terjadi dalam hal ini adalah faedah kegunaan bentuk. Apabila pengrajin tadi tinggal di desa tidak jauh dari hutan tempat penebangan pohon, maka meja tersebut tidak akan ada yang membeli, sekalipun bentuknya indah. Meja itu harus dipindahkan tempatnya dan diangkut ke kota tempat konsumen yang mampu dan mau membelinya. Jadi di desa tempat membuatnya, meja itu tidak berfaedah tetapi setelah dipindah tempatnya ke kota, meja tersebut menjadi barang berfaedah. Faedah yang timbul dalam hal ini adalah kegunaan tempat.dapat dikatakan produksi mencakup setiap usaha manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menghasilkan barang dan jasa supaya berguna untuk memenuhi suatu kebutuhan manusia.

Dengan demikian suatu kegiatan disebut produktif apabila sungguh sungguh membantu atau menyumbangkan sesuatu yang berguna dalam proses produksi masyarakat. misalnya pekerjaan tukang catut (makelar) yang hanya menaikkan harga dan tidak menambah faedah atau guna ekonomi itu tidak termasuk kegiatan produksi. Sebaliknya suatu hobby seperti memelihara ternak unggas atau fotografi dapat diproduktifkan untuk menambah penghasilan keluarga.

Tujuan Produksi
Produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk tujuan sebagai berikut:

Memenuhi kebutuhan masyarakat
Dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarkat membutuhkan berbagai macam barang. Barang barang tersebut diproduksi oleh perusahaan. Perusahaan dalam memproduksi barang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah yang dibuthkan masyarakat. apabila jumlah yang diproduksi melebihi jumlah yang dibutuhkan masyarakat, akibatnya barang akan turun.

Mencari keuntungan
Tujuan perusahaan memproduksi barang ialah mencari keuntungan atau laba setinggi tingginya. Laba diperoleh dari selisih antara penerimaan dengan biaya produksi. siapabisnis.com

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon