Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Sabtu, 08 Juli 2017

Pengertian dan Tujuan Konsumsi dalam Ilmu Ekonomi


Pengertian dan Tujuan Konsumsi dalam Ilmu Ekonomi - Konsumsi merupakan tujuan akhir seluruh kegiatan ekonomi masyarakat. Mungkin saja terjadi orang dapat memenuhi sebagian kebutuhannya dengan jalan langsung dan mudah. Apabila kita tinggal mengambil singkong atau sayuran dari kebun sendiri, proses produksi dan konsumsinya sederhana. Akan tetapi, dalam masyarakat modern di mana telah dilakukan pembagian kerja dan penggunaan uang, proses tersebut menjadi jauh lebih kompleks. Orang harus mencari pekerjaan untuk memperoleh penghasilan, kemudian dari penghasilannya itu baru dapat membeli barang dan jasa yang dibutuhkan.


Pengertian Konsumsi
Konsumsi dalam arti ekonomi adalah semua penggunaan barang dan jasa yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa yang digunakan dalam proses produksi tidak termasuk konsumsi karena barang dan jasa itu tidak digunakan untuk memenuhi kebuthan hidup manusia. Barang dan jasa dalam proses produksi itu digunakan untuk memproduksi barang lain.

Sebagaimana telah diuraikan, barang konsumsi adalah barang yang langsung dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan barang produksi adalah barang yang dipergunakan untuk menghasilkan barang lain. Orang yang mengkonsumsi disebut konsumen, dan pengusaha yang menghasilkan barang disebut produsen.

Seorang konsumen belum tentu seorang produsen. Akan tetapi seorang produsen umumnya juga sebagai konsumen. Misalnya petani selain bergfungsi sebagai produsen hasil pertanian, juga sebagai konsumen atau pemakain barang konsumsi. Petani sebagai produsen membutuhkan alat pengolah tanah, pupuk, obat pemberantas hama, dan bibit padi. Petani sebagai konsumen membutuhkan makanan, pakaian, perumahan, dan alat alat rumah tangga. Pada umumnya barang mempunyai faedah /kegunaan bagi manusia. Faedah didenifisikan sebgai kemampuan suatu barang untuk memenuhi suatu kebutuhan. Faedah bagi seseorang merupakan gejala probadi. Itulah sebabnya maka suatu barang dapat sangat berfaedah bagi seseorang, tetapi justru tidak demikian bagi orang lain. Buah durian bagi orang yang suka mempunyai faedah yang tinggi dalam memenuhi kebutuhannya akan buah buahan. Sebaliknya bagi yang tidak suka, baunya saja sudah sangat mengganggu.

Tujuan Konsumsi
Tujuan konsumsi adalah memperoleh kepuasan setinggi tingginya dan mencapai tingakt kemakmuran dalam arti terpenuhinya berbagai macam kebutuhan. Kebutuhan itu baik kebutuhan pokok / primer. Sekunder. Barang mewah, maupun kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Persoalan Ekonomi yang Dihadapai Konsumen
Pokok persoalan ekonomi yang dihadapi oleh setiap orang dan setiap keluarga adalah orang ingin hidup layak sebagai manusia dan sebagai warga masyarakat. untuk itu dibutuhkan bermacam macam barang dan jasa, seperti makanan, pakaian, rumah, radia, kendaraan dan sebagainya. Barang barang itu semua harus dibeli. Untuk dapat membeli barang barang dan jasa diperlukan uang.

Jadi seorang konsumen atau suatu keluarga di satu pihak berhadapan dengan kebutuhan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, di lain pihak dihadapkan dengan harga yang harus dibayar dan besarnya penghasilan yang membatasi apa dan berapa yang dapat dibeli.

Dengan demikian persoalannya adalah bagaimana dengan penghasilan yang tertentu dan terbatas orang dapat memenuhi semua kebutuhan hidupnya dengan sebaik mungkin. 

Menghadapi persoalan ini, seorang konsumen harus bertindak rasional dalam mempergunakan /membelanjakan uangnya, yaitu bertindak ekonomis. Bertindak ekonomis artinya mempertimbangkan antara hasil dan pengorbanan.

Hasil yaitu terpenuhinya kebutuhan kebutuhan karena kegunaan barang dan jasa yang dikonsumsi. Terpenuhinya kebutuhan itu menimbulkan suatu rasa kepuasan. Hasil yang diperoleh dari mengkonsumsi barang dan saja disebut kepuasan. Kemampuan barang jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut kegunaan /faedah. Pengorbanan yaitu harga yang harus dibayar atau usaha yang perlu dicurahkan untuk memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan. www.siapabisnis.com

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon