Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Jumat, 07 Juli 2017

Pengertian Dan Jenis Jenis Motif Ekonomi

Pengertian Motif Ekonomi - Manusia umumnya selalu merasa dirinya kekurangan. Itulah sebabnya manusia berusaha mengatasi kekurangan tersebut dengan melakukan tindakan yang disebut tindakan ekonomi. Jadi sebab utama manusia melakukan tindakan ekonomi ialah keinginan mencukupi kebutuhan hingga menjadi sejahtera atau makmur. Sebab sebab yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi.

Motif ekonomi adalah alasan yang mendorong menusia melakukan tindakan ekonomi. Untuk mencukupi kebutuhan hidupya manusia berusaha mancari nafkah. Jadi mencukupi kebutuhan hidup termasuk motif ekonomi, sedangkan berusaha mencari nafkah termasuk tindakan ekonomi.


Apabila tindakan manusia diarahkan pada suatu tujuan tertentu, artinya bahwa tindakan ekonomi tersebut mempunbyai maksud maksud tertentu, tindakan ekonomi tadi dilakukan berdasarkan motif ekonomi. Misalnya dari seluruh penghasilan yang diterima seseorang dengan cara hidup hemat. Tujuannya ialah, dikemudian hari dapat memiliki tempat tinggal. Perbuatan ekonomi dengan hidup berhemat itu mempunyai tujuan tertentu, yaitu memiliki sebuah rumah. Jadi motif ekonomi di sini merupakan motif yang mendorong suatu tindakan ekonomi manusia untuk mencapai kemakmuran. Atau suatu motif yang mendorong manusia untuk bertindak ekonomis atau hemat.

Beberapa motif tindakan manusia sebagai berikut:

Motif mencari laba
Motif mencari laba adalah dorongan untuk mecari laba atau keuntungan yang didorong oleh inovasi atau penemuan penemuan.

Motif memperoleh kekuasaan
Motif memperoleh kekuasaan ditujukan untuk dapat memperoleh kekuasaan dalam masyarakat. misalnya pengusaha pengusaha yang relatif sudah makmur masih terus bekerja keras mengembangkan perusahaannya dengan cara kerja yang efisien atau ekonomi, dengan harapan ia dapat menguasai perdagangan yang lebih luas.

Motif memperoleh penghargaan
Sebagian orang berpendapat bahwa agar menjadi terpandang dalam masyarakat, harus memiliki kekayaan melebihi kekayaan orang lain, misalnya berupa tanah, emas, dan mobil.

Ditinjau dari segi ekonomi, cara yang demikian kadang kadang tidak efisien. Fungsi sosial kekayaan tersebut kurang bermanfaat bagi banyak orang. Kecuali jika kekayaan yang banyak itu disimpan di bank, atau digunakan untuk mendirikan perusahaan yang banyak menyerap tenaga kerja.

Motif sosial
Motif sosial adalah keinginan untuk menolong sesama manusia. Misalnya memberi bantuan pada orang yang terkena musibah, menyantuni fakir miskin dan memberi sumbangan pada tempat tempat ibadah.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon