Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 06 Juli 2017

Pembagian Ilmu Ekonomi



Pembagian Ilmu Ekonomi  - Oleh karena bidang yang dipelajari oleh ilmu ekonomi begitu luas, maka ilmu ekonomi juga banyak cabang cabangnya. Pada dasarnya ilmu ekonomi dibedakan sebagai berikut



1. Ilmu ekonomi deskriptif dimana kita mengumpulkan semua kenyataan yang berhubungan dengan suatu persoalan ekonomi atau topik tertentu. Misalnya sistem pertanian, perkembangan sektor industri tertentu dan keadaan ekonomi daerah tertentu.

2. Ilmu ekonomi teori atau analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat dan cara kerja sistem perekonomian.

Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi dua sebagai berikut

Ekonomi makro, yang mempelajari kehidupan ekonomi nasional sebagai suatu keseluruhan. Analisisnya bersifat global dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit unit kecil dalam perekonomian

Ekonomi mikro, yang secara khusus mempelajari bagian bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian seperti perusahaan, pasar, harga untuk satu jenis barang tertentu, dan alokasi sumber sumber daya ekonomi

3. Ilmu ekonomi terapan dimana kita menggunakan kerangka pengertian dari analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan kebijakan, pedoman pedoman yang tepat untuk mengatasi masalah ekonomi tertentu. Jadi lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang bidang atau masalah masalah tertentu.

Spesialisasi dan penerapan pada bisang bidang khusus menimbulkan cabang cabang ilmu ekonomi, seperti ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi internasional, ekonomi pertanian, ekonomi koperasi, ekonomi dan manajemen perusahaan (yang berkembang dengan cepat sekali dan padat dirinci lagi meliputi manajemn pemasaran, manajem produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, manajemen sumber daya manusia dan lain lain.
Penggabungan antara ilmu ekonomi, matematikan, dan statistika menimbulkan ilmu tersendiri yaitu ekonometrika yang penerapannya terutam dalam bidang perencanaan. Ilmu ekonomi banyak dibantu oleh ilmu ilmu lain, khususnya matematikan dan statistika, pembukuan/ akuntansi, ilmu bumi, sejarah, hukum, sosiologi, psikologi. Sebaliknya, ilmu ekonomi banyak dibutuhkan dalam ilmu politik, hukum, sejarah, geografi dan juga dalam bidang bidang pertanian, teknik, pembangunan masyarakat desa, gerakan koperasi, dan sebagainya.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon