Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Minggu, 02 Juli 2017

Mengenal Macam Macam Barang Dalam Ilmu Ekonomi



Mengenal Macam Macam Barang Dalam Ilmu Ekonomi – untuk memenuhi kebutuhan, manusia memerlukan alat alat pemenuhan kebutuhan, yaitu berupa barang dan jasa.barang atau benda adalah segala sesuatu yang telah menjadi sarana, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk memenuhi kebutuhan manusia dan merupakan barang berwujud. Sedangkan jasa adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang buka barang berwujud. 



Macam macam barang dapat digolongkang menurut beberapa cara seperti berikut:
1. Dari segi cara memperoleh

Barang ekonomi
Merupakan barang yang mempunyai kegunaan dan langka adanya atau jumlahnya terbatas. Artinya, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang dibutuhkan masyarakat. barang ekonomi hanya dapat kita peroleh dengan pengorbanan. Hampir setiap barang yang kita perluakan merupakan barang ekonomi. Contohnya makanan, minuman, pakaian, rumah dan kendaraan.

Barang ekonomi dapat dikelompokkan lagi sebagai berikut :

Barang ekonomi berwujud

Barang konsumsi
Merupakan barang yang keberadaannya tidak memerlukan pengolahan lagi dan dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang ini sering pula disebut barang jadi atau barang akhir. Barang konsumsi dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu barang konsumsi tidak tahan lama dan barang konsumsi tahan lama.

Barang konsumsi tidak tahan lama yaitu barang yang habis satu kali pakai seperti makanan dan minuman.

Barang konsumsi tahan lama yaitu barang konsumsi yang penggunaannya dapat lebih dari satu kali pemakaian seperti pakaian, perabot.

Barang produksi
Merupakan barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara tidak langsung. Barang ini digunakan untuk menghasilkan barang barang konsumsi atau barang modal lainnya.

Barang produksi dibagi lagi yaitu barang produksi satu kali pakai seperti bahan mentah dan bahan baku dan barang produksi lebih dari satu kali pakaiseperti mesin, peralatan pabrik.

Barang ekonomi yang tidak berwujud atau jasa
Contohnya jasa dokter, jasa guru, salon kecantikan, pengacara.

Barang bebas
Merupakan barang yang jumlahnya berlimpah. Barang ini tersedia dalam jumlah yang melebihi dari yang dibutuhkan masyarakat. barang bebas dapat kita peroleh tanpa pengorbanan seperti udara yang kita hirup, sinar matahari.

Barang illith
Merupakan barang yang jumlahnya berlebihan. Barang ini melebihi dari jumlah yang dibutuhkan sehingga harus dikurangi. Jumlah barang yang berlebihan itu justru merugikan bahkan membahayakan kehidupan manusia. Barang itu dalam jumlah tertentu sangat dibutuhkan manusia seperti air dan api. Jumlah air jika melimpah maka dapat menimbulkan banjir.oleh karena itu barang barang ini perlu dibatasi jumlahnya sesuai dengan kebutuhan manusia.

2. Dari segi fungsinya

Barang substitusi
Merupakan barang pengganti yaitu barang yang pemakaiannya dapat saling mengganti. Misalnya roti yang merupakan pengganti beras, ikan yang dapat mengganti daging.

Barang komplementer
Merupakan barang pelengkap yaitu barang yang dalam penggunaannya saling melengkapi. Barang komplementer baru mempunyai nilai pakai jika pemakaiannya digabungkan dengan barang lainnya contohnya mobil dengan bensin, tinta dengan pulpen.

3. Dari segi jaminan

Barang bergerak
Merupakan barang yang dipergunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit atau pinjaman jangka pendek. Contohnya perhiasan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman dari pegadaian

Barang tidak bergerak
Merupakan barang yang dipergunakan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit aau pinjaman jangka panjang. Contohnya tanah atau rumah sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman dana dari bank.

4. Dari segi proses pembuatannya
Dari segi proses pembuatannya, barang dapat dibedakan sebagai berikut
Bahan mentah contoh kapas
Barang setengah jadi contoh benang
Barang jadi contoh pakaian

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon