Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Rabu, 05 Juli 2017

Macam Macam Sistem Ekonomi




Kali ini, siapabisnis.com akan mengulas tentang Macam Macam Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi tradisional
Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang dasar. Pola pemikiran di dalam mengolah faktor faktor produksi masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan keahlian maupun modalnya. Cara berproduksi hanya mengandalkan tenaga manusia dan tergantung dari faktor alam.

Ciri ciri sistem ekonomi tradisonal sebagai berikut:
-Belum ada pembagian kerja
-Pertukaran dilaksanakan dengan jalan barter karena belum dikenal uang
-Hasil produksi dan sistem distribusi terbentuk karena kebiasaan (tradisi) yang berlaku di dalam masyarakat
-Jenis produksi ditentukan sesuai dengan kebutuhan
-Kehidupan masyarakatnya bersifat kekeluargaan
-Tanah merupakan sumber kehidupan dan sumber kemakmuran
Sistem ekonomi komando
Dalam sistem ekonomi ini pemerintah sepenuhnya menentukan corak kegiatan ekonomi yang akan dilakukan. Ini berarti pemerintah akan menjawab dan menyelesaikan masalah ekonomi pokok yang pertama, yaitu barang apa yang harus diproduksikan dan berapa jumlahnya. Jawaban dari persoalan ini adalah dalam bentuk suatu perencaaan ekonomi yang sangat terinci mengenai kegiatan kegiatan produksi yang harus dilakukan di dalam beberapa tahun mendatang. Berdasarkan perencanaan atas jenis dan jumlah barang yang akan diproduksikan, badan perencanaan ekonomi negara tersebut akan memberikan tugas tugas kepada berbagai uni produksi. Unit unit produksi tadi diwajibkan untuk mencapai sasaran tertentu di dalam kegiatan memproduksikan barang.
Dalam sistem ekonomi komando, proses ekonomi berjalan karena dikomandokan dari pusat. Semua keputusan berada di tangan pemerintah pusat. Di sini rumah tangga, perusahaan dan industri hanyalah sebagai pelaksana saja, tidak bebas bertindak sekehendaknya. Itu sebabnya sistem ekonomi ini dinamakan pula sistem ekonomi perencana sentral.

Ciri ciri sistem ekonomi komando sebagai berikut:
-Semua alat dan sumber produksi adalah milik negara. Oleh karena itu alat alat produksi dan sumber produksi dimiliki dan dikuasai negara, maka hak milik perseorangan tidak ada. Setiap orang di dalam negara yang menganut sistem perekonomian ini tidak mempunyai apa apa. Mereka hanyalah sebagai pelaksana, hanya sebagai objek.
-Kebijaksanaan perekonomian diatur oleh pemerintah. Pemerintah sebagai penguasa akan membuat rencan pembangunan nasionalnya. Segala kebijakan yang akan dilaksanakan sepenuhnya oleh pemerintah.jenis pekerjaan dan pembagian kerja diatur oleh pemerintah. Jenis jenis pekerjaan di dalam suatu negara serta pembagian kerja diatur oelh pemerintah. Rakyat tidak bisa memilih dan bebas untuk berpindah pindah pekerjaan.
-Sistem ekonomi komando dianut oleh negara negara eropa timur seperti Rusia, Rumania.

Kebaikan sistem ekonomi komando sebagai berikut:
-Pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perekonomian
-Pemerintah dapat menentukan jenis jenis industri
-Pemerintah mengatur distribusi barang
-Mudah melaksanakan pengendalian dan pengawasan

Keburukan sistem ekonomi komando sebagai berikut:
-Hak milik perseorangan tidak ada kecuali barang barang yang sudah dibagikan
-Potensi, inisiatif dan kreasi setiap warga tidak berkembang dan cenderung mati.

Sistem ekonomi pasar bebas
Dalam sistem ekonomi pasar bebas, anggota masyarakat diberikan kebebasan yang sepenuhnya untuk menentukan kegiatan ekonomi yang ingin mereka lakukan. Yang dimaksud dengan kebebasan penuh dalam kegiatan ekonomi adalah suatu sistemekonomi di mana pemerintah sama sekali tidak campur tangan dan tidak berusaha mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat. seluruh sumber daya yang tersedia dimiliki dan dikuasai oelh anggota anggota masyrakat dan mereka mempunyai kebebasan penuh untuk menentukan bagaimana sumber daya tersebut akan digunakan. Mereka bebas menentukan jenis jenis pekerjaan yang ingin mereka kembangkan, dan jenis barang barang yang akan mereka beli dari pendapatan yang diperoleh. Sistem ekonomi yang memberikan kebebasan sepenuhnya pada anggota masyarakat untuk menentukan kegiatan ekonomi yang dilkakukan disebut sebagai laissez faire yang artinya : Biarlah mereka melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka. dalam sistem ekonomi ini yang membuat keputusan dan menjalankan keputusan keputusan adalah rumah tangga, perusahaan, dan industri. Mereka bebas mengikuti kehendaknya dalam batas batas norma, hukum dan tradisi di negaranya. Oleh sebab itu, dalam sistem ekonomi pasar bebas terdapat kebebasan ekonomi. Dalam hal ini kepada perorangan dan swasta diberi kesempatan ekonomi tanpa banyak campur tangan dan hambatan dari negara. 

Ciri ciri sistem ekonomi pasar bebas sebagai berikut:
-Semua alatdan sumber produksi berada di tangan perseorangan, masyarakat atau perusahaan perusahaan. Dalam hal ini masyarakat secara individu maupun kelompok diberi kebebasan untuk mengatur dan memilikinya
-Adanya pembagian kelas dalam masyarakat yaitu kelas pemilik dan kelas pekerja
-Adanya persaingan antar pengusaha, karena setiap orang diberi kebebasan memiliki dan berusaha makan persaingan antarpengusaha tidak dapat dihindarkan. Masing masing bertujuan mencari laba sebesar besarnya.

Kebaikan sistem ekonomi pasar sebagai berikut:
-Setiap individu bebas mengatur perekonomiannya dan tidak perlu menunggu perintah dari pemerintah, sehingga bebas berusaha mencapai laba sebesar besarnya
-Setiap individu bebas memiliki alat alat produksi
-Adanya persaingan antar pengusaha mendorong kemajuan
-Produksi berdasarkan atas apa yang dibutuhkan oleh masyarakat

Keburukan sistem ekonomi pasar bebas sebagai berikut
-Menimbulkan penindasan terhadap manusia yang lain, yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.
-Menimbulkan monopoli sehingga merugikan masyarakat
-Tidak adanya pemerataan pendapatan, karena setiap orang berlomba mengejar keuntungan yang besar.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon