Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Senin, 03 Juli 2017

Kegunaan Barang Dalam Ilmu Ekonomi



Kegunaan Barang Dalam Ilmu Ekonomi - Barang dapat memuaskan kebutuhan manusia. Jadi, barang itu memupunyai kegunaan. Dengan kata lain, suatu barang dikatakan berguna jika memenui kebutuhan manusia. Oleh karena kegunaannya, maka barang tersebut disukai orang.


Ada beberapa macam kegunaan barang sebagai berikut:

Kegunaan dasar
Kegunaan  adalah peningkatan dari bahan dasar menjadi barang jadi yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi daripada barang asalnya. Misalnya, kapas sebagai bahan dasar membuat benang, benang sebagai bahan dasar membuat tekstil dan tekstil sebagai bahan dasar membuat pakaian.

Kegunaan bentuk
Agar menjadi berguna, sesuatu barang harus diubah terlebih dahulu dari bentuk aslinya. Kulit sapi lebih berguna jika sudah diubah bentuknya menjadi sepatu atau tas. Kayu akan lebih berguna setelah diubah bentuknya menjadi meja dan kursi.

Kegunaan tempat
Barang menjadi berguna jika telah dipindahkan ke tempat lain. Padi yang dipanen tetap disimpan di lumbung kurang berguna. Padi akan lebih berguna apabila dibawa ke kota dan daerah daerah yang kekurangan beras. Pasir di pantai atau di sungai kegunaannya kecil. Akan tetapi, sangat berguna setelah diangkut ke tempat tempat lainnya sebagai bahan bangunan. Demikian pula kapur di gunung menjadi berguna setelah dibawa ke tempat lain untuk bahan bangunan.

Kegunaan pemilikan
Suatu barang akan lebih berguna jika benda itu telah dimiliki atau di sewa oleh orang yang membutuhkan. Buah buahan yang buka milik kita tidak dapat kita makan. Buah buahan itu baru dapat kita makan setelah kita miliki. mobil di toko akan mempunyai nilai guna jika sudah dibeli seseorang. Kamar hotel akan berguna jika sudah disewa orang.

Kegunaan waktu
Barang yang mempunyai kegunaan pada waktu tertentu, misalnya jas hujan yang hanya berguna pada saat atau musim hujan saja.

Kegunaan pelayanan
Suatu barang akan menjadi berguna jika dapat memberikan jasa kepada kita. Misalnya televisi akan berguna jika ada siaran. siapabisnis.com

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon