Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Senin, 03 Juli 2017

Cara Budidaya Jahe Gajah Untuk Usaha

Cara Budidaya Jahe Gajah Untuk Usaha – siapa yang tidak mengenal jahe. Sejak dahulu jahe merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dari tahun ketahun orang mulai menyadari pentingnya tanaman ini dan itu dapat dilihat dari semakin meningkatnya permintaan akan jahe. Dari permintaan yang selalu meningkat setiap tahunnya membuat beberapa pelaku usaha tertarik untuk usaha budidaya jahe.

Setelah ditelisik lebih jauh lagi, memang banyak keuntungan yang didapatkan jika menggeluti bisnis usaha budidaya jahe ini. salah satu yang paling sederhana adalah nilai jual jahe masih sangat tinggi dan juga memiliki potensi untuk di ekspor ke luar negeri. Dengan nilai jual yang tinggi akan membuat keuntungan yang didapatkan dari usaha ini sangat besar. Beberapa jenis tanaman jahe yang masih memiliki nilai jual tinggi antara lain adalah jahe gajah, jahe emprit, jahe merah.  Jenis jahe ini sangat diminati di pasar dalam negeri dan juga pasar luar negeri.

Tanaman jahe sangat cocok untuk tumbuh di daerah Indonesia dan untuk modal yang dibutuhkan membuka usaha budidaya jahe tergolong relatif kecil. Jika anda memiliki budget yang terbatas, akan sangat cocok bagi anda untuk menggeluti usaha ini. 


Kelebihan usaha budidaya jahe
Persaingan usaha masih sedikit karena pelaku usaha yang menggeluti bisnis ini masih sedikit.
Permintaan pasar akan jahe semakin meningkat dan juga tidak diimbangi oleh produksi jahe.

Harga jual jahe mentah masih tinggi, apalagi jika jahe diolah lagi maka harganya akan jauh lebih tinggi lagi.

Cara budidaya jahe termasuk mudah dan juga anda tidak perlu memliki lahan yang luas. Walaupun anda memiliki lahan sempit, anda tetap bisa membuka usaha budidaya jahe dengan menggunakan polybag besar maupun karung bekas, dengan begitu masalah lahan terselesaikan. Usaha budidaya jahe sangat cocok untuk di tanam di Indonesia.

Berikut adalah cara memulai budidaya jehe gajah

Tahap pembibitan jahe gajah
Langkah pertama adalah dengan menyiapkan beberapa rimpang bibit jahe gajah, setelah itu larutkan tutup botol PHEFOC dan dimasukkan ke dalam air 15 liter, setelah itu tambah 2 sendok makan gula pasir dan dilarutkan selama 15 menit.
Setelah itu dengan mencelupkan rimpang ke dalam larutan PHEFOC selama 15 menit seletah itu keringkan
Kemudian dengan melarutkan 5 tutup botol SOT BINAGRO ke dalam air 15 liter setelah itu tambah sebanyak 3 sendok makan gula pasir dan diamkan lagi selama 15 menit agar larut.
Setelah itu rendam kembali dengan SOT BINAGRO kurang lebih 6 jam
Setelah it angkat rimpang dan tiriskan sampai kering dan bibit jahe gajah siap untuk di semai.

Tahap penanaman jahe

Langkah pertama menyiapkan media tanam
Selanjutnya tanam jahe di media tanam yang sudah disiapkan
Siram dengan air secukupnya
Sebelum usia 2 bulan, tanaman jahe jangan di taruh di tempat terbuka
Jika usia lebih dari 2 bulan, tempatkan jahe ke ruangan terbuka agar mendapat sinar matahari.

Tahap perawatan
Perawatannya sangat sederhana yaitu dengan menyirami secara rutin tiap dua hari sekali dan untuk pemupukannya setiap dua bula sekali

Tahap panen
Untuk masa panen jahe biasanya jahe berumur 8 bulan sampai 12 bulan, dengan usia tanam tersebut, jahe siap untuk dipanen dan dijual ke pasaran. Untuk proses pemanen nya juga sederhana apalagi jika anda menggunakan media tanam di polybag.

Demikian ulasan mengenai cara budidaya jahe gajah untuk usaha, semoga dapat bermanfaat untuk anda. siapabisnis.com



Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon