SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Minggu, 16 Juli 2017

Apa Saja Kelebihan dan Kelemahan Membuka Usaha Pempek



Apa Saja Kelebihan dan Kelemahan / Kekurangan Membuka Usaha Pempek – salah satu makanan yang populer di Indonesia adalah makanan Pempek. Makanan pempek yang terkenal berasal di kota palembang, maka tidak salah jika dijuluki dengan pempek palembang. Sekarang ini banyak yang menggeluti usaha pempek. Baik dari usaha yang kecil sampai yang besar. Usaha ini bisa menggunakan gerobak ataupun dengan sewa tempat usaha. jika anda ingin berhasil dalam usaha ini, anda harus mempelajari seluk beluknya mulai dari mengetahui analisa usaha seperti modal usaha, biaya operasional, pembelian peralatan dan perlengkapan, kelebihan dan kekurangan usaha, serta dapat membuat makanan pempek yang enak.
baca juga artikel terkait: Analisa usaha pempek; dan Modal awal usaha pempek


sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/Pempek
Usaha Pempek – usaha ini masih sangat menjanjikan mengingat usaha kuliner masih sangat digemari oleh masyarakat. Makanan pempek memiliki rasa yang enak dan lezat yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan makanan lainnya. Makanan ini disenangi oleh berbagai kalangan baik anak anak, remaja, dewasa, bahkan sampai orang tua sangat menyukai pempek. Jika anda mengamati potensi bisnisnya, usaha ini terbilang sangat menguntungkan walaupun banyak pelaku usaha yang mulai melirik usaha ini dan persaingan usaha semakin ketat, namun begitu banyaknya permintaan pempek membuat usaha ini masih prospektif.

Setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan juga kelemahan, termasuk usaha pempek. Berikut ulasan yang dapat kami rangkum untuk anda.

Kelebihan usaha pempek
Usaha kuliner
Kelebihan yang pertama adalah usaha ini merupakan usaha kuliner dimana usaha kuliner pasti dibutuhkan oleh setiap orang. Setiap orang pasti butuh makanan baik makanan pokok atau makanan tambahan. Makanan pempek bukan salah satu makanan pokok, namun setiap orang pasti ingin memakan sesuatu yang baru dan berbeda beda agar tidak bosan.

Makanan yang populer
Kelebihan lainnya adalah pempek termasuk makanan yang sudah populer sehingga anda tidak perlu melakukan promosi yang lebih dan mengeluarkan biaya yang lebih banyak hanya untuk mengenalkan makanan ini. orang sudah paham jika anda hanya memasang spanduk dengan tulisan “ Pempek”. Sudah banyak masyarakat yang sudah menjadi penggemar makanan pempek.

Makanan tidak cepat basi
Kelebihan lainnya adalah makanan ini termasuk makanan yang tidak cepat basi asalkan di simpan di tempat Frezzer. Yang terpenting adalah penyimpanannya yang baik sehingga tidak menjadi basi.

Kelemahan usaha pempek
Biaya Listrik yang besar
Kelemahan pertama adalah penyimpanannya memakai freezer membuat biaya listrik menjadi membengkak. Anda harus memiliki strategi bagaimana caranya agar penjualan lebih banyak dibandingkan dengan biaya sehingga mendapatkan keuntungan.

Harganya yang sedikit mahal
Pada umumnya harga pempek memang sedikit lebih mahal. Hal itu dikarenakan bahan yang digunakan adalah dari ikan tengiri. Pastikan dengan harga yang sedikit lebih mahal, bahan yang digunakan untuk membuat pempek juga asli, bukan oplosan.

Bahan Baku terbatas
Bahan baku utama makanan pempek salah satunya adalah ikan tengiri, dan tidak semua pasar menjual ikan tengiri, walaupun ada jumlahnya pun sangat  terbatas di beberapa kota. 


Kisah Pengusaha Sukses Berbisnis Pempek

Nama pengusaha ini adalah Yenni Aggraini. Pekerjaan yang dia tekuni sebelum menjadi pengusaha pempek adalah sebagai pimpinan cabang bank BUMN di kota Palembang. Bisnis pempek yang dijalaninya adalah warisan keluarga, namun dengan prospek dan potensi bisnisnya yang sangat besar, Yenni beralih untuk menekuni usaha pempek.

Nama usahanya adalah Pempek Cek Molek, dimana makanan khas Palembang ini bisa bertahan selama dua bulan tanpa ada penurunan kualitas makanannya. Dengan adanya kelebihan tersebut, produk buatannya di sukai oleh banyak orang.

Selain itu, dia menggunakan proses sterilisasi kesan udara dan bebas bakteri dalam makanannya sehingga dapat membuat makanan tersebut mampu bertahan selama dua bulan. Inovasi terus dilakukan mengingat persaingan usaha semakin tinggi.

Pada umumnya makanan pempek dalam kemasan hanya bertahan sekitar 3 sampai 5 hari sehingga sangat sulit dikembangkan ke luarnegeri  yang membuat pemasarannya terbatas pada wilayah terdekat.

Dalam pembuatan makanannya juga melibatkan BPOM untuk mengecek makanan tersebut layak tidaknya di konsumsi dan dipasarkan ke umum.

Dengan adanya proses sterilisasi dan peningkatan kualitas mutu makanan, membuat harga pempek lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk harganya per packing ( 20 biji ) sekitar 100 ribu.

Namun walaupun begitu peminatnya laris manis bahkan banyak dari pembeli dari luarkota karena melayani pembelian melalui online.


Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan membuka usaha pempek. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. siapabisnis.com




Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon