Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Jumat, 30 Juni 2017

Mengenal Macam Macam Kebutuhan Dalam Ilmu Ekonomi



Mengenal Macam Macam Kebutuhan Dalam Ilmu Ekonomi – yuk belajar macam macam kebutuhan di siapabisnis.com. Kebutuhan manusia dapat dikelompokkan menjadi lima sebagai berikut:

1    1. Kebutuhan menurut tingkatan atau intensitas kegunaan

Kebutuhan pokok atau primer
Yang dimaksud dengan kebutuhan pokok atau kebutuhan primer adalah kebutuhan minimal yang harus dipenuhi untuk dapat hidup. Kebutuhan ini meliputi makanan, pakaian, dan perumahan (pangan, sandang, papan). Selain itu ada unsur tambahan yang penting berkaitan dengan tercukupinya kebutuhan pokok minimal bagi setiap manusia, yakni gizi, kesehatan, pendidikan, dan sarana sarana pendukung lainnya seperti transportasi, air minum, dan rasa aman.

Kebutuhan sekunder
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang kurang begitu penting untuk dipenuhi. Tanpa terpenuhi kebutuhan ini, manusia masih dapat hidup. Misalnya, kebutuhan akan meja kursi, sepeda, radio, dan buku buku bacaan. Kebutuhan kebutuhan ini akan dipenuhi apabila kebutuhan kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Oleh karena itu, kebutuhan ini sering disebut kebutuhan kedua.

Kebutuhan barang mewah
Apabila kebutuhan pokok dan sekunder telah terpenuhi, orang akan membutuhkan barang barang mewah, misalnya mobil, berlian dsb. Keinginan memenuhi kebutuhan barang mewah ditentukan oleh penghasilan seseorang dan lingkungannya. Orang yang bertempat tinggal di lingkungan orang kaya, biasanya berhasrat atau ingin memiliki barang barang seperti yang dimiliki orang orang di lingkungannya.

Penggolongan kebutuhan menurut tingkatan tersebut bersifat relatif. Semua itu tergantung pendapatan, tingkat pendidikan masyarakat dan lingkungannya. Bagi orang kaya yang tinggal dikota, barang barang seperti televisi bewarna, mobil, dan AC merupakan barang barang sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedesaan yang tingkat ekonominya menengah kebawah barang barang itu tergolong mewah yang sulit terjangkau.


2    2.  Kebutuhan menurut sosio budaya
Kebutuhan sosio budaya erat kaitannya dengan faktor lingkungan dan tradisi masyarakat serta dengan sifat psikologis manusia. Oleh karena itu, kebuthan dapat dirinci sebagai berikut.

Kebutuhan sosial
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang timbul karena tuntutan hgidup bersama dalam masyarakat. kedudukan tertentu dalam masyarakat mengharuskan orang mempunyai atau melaksanakan berbagai hal supaya dipandang layak. Misalnya sepatu, pakaian dinas, kendaraan bermotor, sumbangan dan lain lain.

Kebutuhan psikologis
Berhubugan dengan sifat rohani manusia misalnya kebutuhan akan rasa anam, rasa dihargai oleh sesama, kebutuhan akan ketentraman hati dan kebebasan mengatur sendiri.

Jenis kebutuhan ini tidak semua bersifat ekonomis, dan juga tidak semuanya dapat dipenuhi dengan usaha ekonomi. Misalnya kebahagiaan tidak dapat dibeli dengan uang.

3    3.  Kebutuhan menurut waktu

Kebutuhan sekarang
Merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditunda atau harus dipenuhi segera misalnya makanan, pakaian, kesehatan.

Kebutuhan masa depan
Artinya persiapan persiapan yang dilakukan untuk menghadapi kebutuhan pada waktu yang akan datang misalnya pembelian padi oleh pemeriantah untuk menghadapi musim paceklik.

Kebutuhan yang tidak tertentu waktunya
Disebabkan sesuatu yang terjadi secara tiba tiba atau tidak disengaja yang sifatnyua insidental. Misalnya kebutuhan ke pengacara untuk urusan hukum.

Kebutuhan sepanjang waktu
Kebutuhan ini memerlukan waktu yang lama dan boleh dikatakan sepanjang waktu, misalnya kebutuhan mencari ilmu.

4    4.   Kebutuhan menurut bentuk dan sifatnya

Kebutuhan jasmani atau material
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani dan merupakan benda berwujud. Misalnya makanan, minuman, pakaian.

Kebutuhan rohani atau spiritual
Kebutuhan ini berhubungan dengan rohani dan sifatnya tidak berwujud. Misalnya menonton film, pendidikan dan agama.

5. Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkan

Kebutuhan individu
Merupakan kebutuhan yang langsung berhubungan dengan perorangan. Antara orang yang satu dengan yang lain kebutuhannya berbeda, misalnya kebuthan seorang buruh berlainan dengan kebuthan seorang manajer.

Kebutuhan kelompok
Merupakan kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama, yaitu oleh masyarakat desa/kota sebagai keseluruhan. Misalnya keamanan, alan, jembatan, angkutan unun, listrik. Kebutuhan ini disebut kebutuhan kolektif.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon