SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Jumat, 05 Mei 2017

Usaha Kecil Rumahan Kerupuk Karak, Modal Usaha 1 Juta


Usaha Kecil Rumahan Kerupuk Karak, Modal Usaha 1 Juta – sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha di sekitar kita, hanya saja anda tidak menyadarinya. Jika anda adalah seorang pengangguran, jika anda benar benar mengamati banyak sebenarnya peluang usaha yang ada di sekitar kita. Modal memang penting dalam membuka usaha, modal bukan hanya uang namun keahlian dan ketrampilan juga.  Jika anda mengganggap dalam membuka usaha harus wajib mengeluarkan modal yang besar maka anda salah besar, walaupun anda bermodal kecilpun anda bisa membuka sebuah usaha. yang pasti, jika anda menggeluti usaha ini anda harus mengerti cara membuat kerupuk karak, potensi bisnisnya, dan keuntungan yang didapatkan.

Usaha Kecil Rumahan Kerupuk Karak, Modal Usaha 1 Juta


Kali ini SiapaBisnis akan berbagi cerita Usaha Kecil Rumahan dengan Modal 1 juta.


Manfaatkan Rumah Sebagai Tempat Usaha

Setiap ingin memulai sebuah usaha pasti ada persoalan atau masalah yang dihadapi. Apakah itu uang, modal, ketrampilan, keahlian, dan lain lain. Persoalan tersebut merupakan persoalan yang klasik. Semua pelaku usaha yang sukses pasti mengalami, namun tergantung bagaimana cara mengatasinya.

Salah satu persoalan jika ingin memulai usaha kecil adalah tidak punya tempat usaha, hal itu karena tidak punya uang untuk menyewa tempat usaha. sebagian dari kita ada yang menyerah dan ada yang tidak menyerah. Untuk yang menyerah akhirnya tidak jadi mendirikan sebuah usaha.

Namun untuk yang tidak menyerah, mereka mencari solusi yaitu memanfaatkan rumah mereka sebagai tempat usaha. lalu ada persoalan baru “ tapi tempat /rumah saya lokasinya tidak strategis!! “

Nah setiap ada solusi dari satu persoalan pasti muncul persoalan baru. Untuk itulah sangat diwajibkan jika jika ingin menjadi wirausaha harus memiliki mental yang kuat, kalau tidak pasti cepat menyerah dan gagal.

Lokasi usaha memang penting namun hal itu dapat diatasi dengan cara pemasarannya yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Rumah dapat dijadikan sebagai tempat usaha karena untuk meminimalisir modal atau biaya yang agar tidak besar. 

Bagaimana jika rumah kita luasnya kecil???

Yah, itu terserah bagaimana kita mengatasinya atau mengakalinya (pintar pintarnya kita saja merombak rumah kita menjadi tempat usaha)

Semua ada kalkulasinya, memang ada keuntungan dan kelemahannya.



Usaha Kerupuk Karak
Satu contoh yang usaha dengan modal tersebut adalah usaha kerupuk karak. Anda pasti sering menjumpai dan memakan kerupuk karak. Harga kerupuk karak dijual Rp.500 per bungkus dengan isi 3 sampai 4 krupuk didalamnya. Usaha ini memang sederhana dan mudah namun makanan krupuk karak banyak dicari masyarkat karena sebagai pelengkap saat makan. Biasanya makan kerupuk itu bagaikan makan sayur tanpa garam. Jadi terasa aneh jika tidak memakan kerupuk saat menyantap makanan.

Prospek usaha  - seperti pembahasan di atas bahwa peminat kerupuk karak sangat banyak, banyak orang yang menyukai makanan ini. biasanya kerupuk karak paling di nikmati saat makan soto atau sop.

Modal 1 juta untuk membeli apa saja ?
Mari kita ulas secara sederhana modalnya untuk keperluar apa saja.
Pembelian kompor dan tabung gas Rp.250.000.
Pembelian wajan dan peralatan masak lainnya Rp.250.000
Pembelian wadah untuk kerupuk sebelum di bungkus Rp.50.000
Pembelian plastik bungkus krupuk dan lilin untuk merekatkan Rp.100.000
Pembelian bahan baku krupuk karak Rp.300.000
Biaya untuk transportasi Rp.50.000
Dimana tempat produksi krupuk karak – karena kerupuk karak dapat dibuat sebagai usaha rumahan, maka produksi makanan krupuk karak dapat dilakukan dirumah anda. 

Bagaimana cara pemasarannya – untuk pemasaran kerupuk karak sangat mudah karena makanan ini sangat banyak peminatnya sehingga mudah di jual. anda bisa menitipkan kerupuk karak anda di warung makan, rumah makan, apalagi warung soto dan sop dijamin kerupuk anda akan laris di situ. Dengan sistem bagi hasil misalnya kerupuk dari harga Rp.500, anda mendapat Rp.400 sedangkan warung mendapat Rp.100 untuk setiap bungkus kerupuk.

Lokasi usaha – anda tidak perlu menyewa tempat usaha untuk berdagang. Lokasi produksi ada di rumah dan lokasi pemasaran kerupuk karak di warung warung makan.


Usaha Kecil Bisa Menjadi Usaha Besar

Apapun usahanya, apapun produk yang dijual, usaha tersebut bisa jadi sebuah usaha yang berkembang pesat dan menjadi usaha besar.

Banyak sekali contoh wirausaha wirausaha sukses yang dulunya memulai usaha kecil kecilan, memulai usaha di rumah dan akhirnya usahanya bisa berkembang dan usaha tersebut bisa memiliki omset perbulan yang besar.

Jangan minder dengan produk yang dijual. walaupun hanya kerupuk karak, namun jika ditekuni dan memiliki manajemen yang sangat bagus, maka yakin bahwa usaha tersebut dapat berkembang.

Contohnya adalah menjual cacing, jika melihat hewan cacing, sebagian orang berfikir apakah ini bisa dijual, apakah ini dapat dijadikan sebuah usaha, apakah dengan menjual cacing dapat keuntungan yang besar???

Namun ternyata hanya dengan menjual hewan cacing dapat menghasilkan omset yang sangat besar jika dikelola dengan baik manajemennya.

Sama juga kerupuk karak. Bagaimana tidak, banyak masyarakat yang menyukai kerupuk karak. Permintaan yang sangat tinggi. Semua orang butuh. 


Manajemen sangat penting

Produk boleh dipandang remeh, tapi yang penting adalah Manajemen, Kreativitas, dan Inovasi merupakan faktor yang sangat penting bagaimana suatu usaha menjadi besar dan dapat menghasilkan omset yang besar.

Manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran. Dengan menjalankan hal tersebut maka efektivitas dapat tercapai, biaya yang dikeluarkan dapat diminimalisir.

Kreativitas dan Inovasi

Keativitas dan inovasi juga sangat penting karena jika tidak maka kita dapat tertinggal dari yang lain. Kita lihat saja atau amati usaha usaha lain, mereka berlomba lomba menciptakan inovasi produk, mereka mencitakan makanan dan minuman dengan varian varian terbaru dan proses menciptakan seperti itu pasti memerlukan waktu dan biaya, mereka menyadari bahwa sangat penting menciptakan inovasi produk agar untuk menjaga pelanggan mereka.
Salah satu contoh betapa pentingnya inovasi produk yang sekarang ini menjadi viral adalah usaha es kepal milo.

Anda pasti pernah mendengar betapa hebohnya usaha es kepal milo sampai banyak masyarakat yang mengantri membeli es ini. anda bisa bayangkan saja keuntungan yang didapatkan dari penjualan es kepal milo.

Hanya sebuah es yang bahan utamanya dari susu bubuk milo bisa membuat heboh dan menghasilkan keuntungan yang banyak.
 

 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon