Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 10 Mei 2017

Cara Memulai Bisnis Usaha Catering Rumahan Bagi Pemula



Cara Memulai Bisnis Usaha Catering Rumahan Bagi Pemula – usaha yang paling menjanjikan sekarang ini salah satunya adalah usaha kuliner. Usaha ini sejak dahulu sampai sekarang selalu tetap ramai oleh pembeli. usaha kuliner baik itu makanan maupun minuman merupakan salah satu kebutuhan dasar yang wajib dienuhi oleh setiap orang. Anda bisa melihat begitu banyak prang yang membuka usaha kuliner dibandingkan dengan usaha usaha lain. Dengan banyaknya pelaku usaha yang menekuni usaha ini membuat persaingan usaha begitu ketat dan memaksa pelaku usaha memutar otak agar selalu inovatif dan kreatif dalam menciptakan produk sehingga masyarakat tidak lari ketempat yang lain. Jika anda serius menggeluti usaha ini, anda harus mengerti analisa usaha seperti berapa modal awalnya, perlengkapan dan peralatan apa saja yang harus dibeli, perkiraan berapa yang harus dikeluarkan untuk biaya operasional, keuntungan dan kerugian apa saja dalam usaha ini.
Usaha catering rumahan – salah satu usaha kuliner yang sekarang ini meningkat tajam adalah usaha catering. Dengan kondisi gaya hidup dan pola hidup masyarakat yang mulai berubah, membuat masyarakat memilih untuk menggunakan jasa catering untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Memang secara umum usaha ini sangat cocok jika dijalankan ibu ibu rumah tangga karena biasanya wanita suka dan pandai memasak. Bagi anda yang memiliki hobi memasak lebih baik menyalurkan hobi tersebut dengan membuka bisnis catering. Prospek usaha ini sangat menjanjikan karena banyak kegiatan acara seperti pernikahan, sunatan, hajatan, seminar dan lain lain yang biasanya menggunakan jasa catering sebagai menu hidangan acara tersebut karena tidak mungkin jika memasak sendiri. Jika anda berminat untuk berbisnis catering ada beberapa cara dan tip memulai usaha catering rumahan.

Berikut cara membuka usaha catering rumahan bagi pemula

Menentukan konsep usaha catering
Langkah awal adalah dengan menyiapkan konsep usaha catering yang akan anda buat nantinya. Ada beberapa jenis makanan untuk catering yang dapat anda pilih seperti makanan untuk rumahan atau keluarga, makanan untuk anak anak, makanan untuk acara khusus seperti acara hajatan, pernikahan, sunatan dan lain lain, makanan untuk karyawan perkantoran. 

Menyiapkan modal usaha
Cara selanjutnya adalah dengan mempersiapkan modal usaha. dari modal tersebut untuk merenovasi tempat usaha, membeli perlengkapan dan peralatan masak, jika tidak ada tempat usaha, anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa tempat usaha.

Menyiapkan tempat usaha dan isi nya
Jika modal usaha sudah ada, maka siapkan tempat usaha. anda bisa menggunakan rumah anda sebagai tempat usaha, tempat untuk memproduksi makanan dan minuman. usaha ini sebenarnya bisa dimulai dengan modal kecil dengan memanfaatkan rumah anda sebagai lokasi usaha, memanfaatkan perabotan masak anda sebagai alat masak usaha catering. Jika sudah mendapatkan untung, maka bisa membeli peralatan dan perlengkapan masak yang baru.

Menyiapkan menu
Jika sudah menetapkan konsep usaha catering, misalnya memilih catering rumahan, maka anda harus dapat memasak berbagai macam makanan rumahan yang dapat disantap keluarga. Semakin banyak menu akan semakin baik karena membuat pembeli merasa tidak bosa mencicipi masakan di tempat anda. pastikan bahwa menu masakan sangat sehat dan bersih dari kuman selain itu juga anda harus memperhatikan jumlah gizi dalam menu tersebut. biasanya dalam usaha catering rumahan yang paling utama adalah menu dan rasa masakan setelah itu baru harga masakan catering.

Menyiapkan strategi pemasaran
Cara selanjutnya adalah dengan menyiapkan strategi pemasaran produk, karena bagaimanapun masakan anda enak namun banyak yang tidak mengetahui maka akan sia sia saja. ada banyak cara untuk mempromosikan usaha anda, melalui media sosial, iklan di koran, memasang banner, spanduk dan lain lain.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon