Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Selasa, 02 Mei 2017

Cara Membuka Usaha Showroom Jual Beli Motor Bekas



Cara Membuka Usaha Showroom Jual Beli Motor Bekas – kali ini SiapaBisnis akan mengulas mengenai usaha  showroom jual beli motor bekas. Usaha ini sangat menguntungkan mengingat setiap tahun permintaan akan motor meningkat pesat. Usaha ini tidak pernah mati karena penggunaan transportasi khususnya motor sangat penting untuk memperlancar kegiatan masyarakat baik untuk bekerja, bepergian, dan aktivitas lainnya. Jika dibandingkan dengan mobil, motor lebih banyak dicari karena harga jual  motor lebih kecil dan lebih terjangkau dimana sekarang masyarakat kalangan bawah dapat membeli motor. Dan jika anda melihat dan mengamati jumlah motor lebih banyak daripada jumlah mobil. Memang banyak sekali yang harus anda pelajari dalam bisnis motor bekas seperti modal usaha, analisa usaha dan keuntungannya, cara membelinya baik secara individu maupun secara lelang, cara penyuplaian dari dealer, cara mengecek dokumen kelengkapan motor seperti bpkb dan stnk. 

Beberapa persiapan membuka usaha showroom jual beli motor bekas

Siap Tempat Usaha
Persiapan pertama adalah anda harus memiliki lokasi usaha untuk menampung motor dan memajang produk motor anda. lokasi usaha diusakan berada di tempat yang strategis seperti pinggir jalan raya, kawasan daerah usaha atau perkantoran dimana banyak dilalui oleh kendaraan. Tempat usaha haruslah luas dan besar agar dapat menampung motor dalam jumlah banyak.  Tempat showroom anda harus bersih, modern dan nyaman. Agar calon pembeli yang datang merasa betah untuk berlama lama melihat koleksi motor anda.

Siap Modal
Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan modal usaha yang cukup. Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini memang tergolong besar karena pembelian stok motor sangat besar. Bayangkan saja harga satu motor sekitar 8 jutaan jika ada 40 motor maka modal untuk stok motor saja sekitar320 jutaan. belum lagi biaya untuk operasional. Jika anda sudah memiliki tempat usaha, anda tidak mengeluarkan dana lagi, namun jika anda tidak memliki tempat usaha berarti anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa tempat dan renovasi tempat usaha.

Siap Stok Kendaraan
Persiapan selanjutnya adalah dengan membeli stok kendaraan motor. Pastikan bahwa motor anda dalam keadaan bagus dan baik dari segi body motor, mesin motor dan kelengkapan dokumen lainnya karena itu akan mempengaruhi harga jual motor. Jika terdapat kekurangan maka harga jual motor akan sedikit turun.  Anda juga harus memperhatikan dalam membeli stok motor, usahakan membeli motor yang paling laku dipasaran,paling banyak dicari masyarakat. jika anda membeli untuk stok motor takutnya motor akan lama lakunya dan anda akan kesulitan dalam cashflow. 

Modal dapat disesuaikan dengan budget anda apakah memilih membuka usaha skala kecil atau memilih membuka usaha langsung skala besar.  Yang terpenting adalah terdapat perputaran modal yang cepat sehingga usaha ini akan berkembang.

Siap Manajemen Keuangan
Usaha showroom jual beli motor bekas memerlukan manajemen keuangan yang baik karena dana yang dikeluarkan cukup besar. Anda harus memiliki pencatatan yang baik dengan begitu akan membantu proses kegiatan usaha anda. anda bisa melihat histori motor yang paling laku dan paling tidak laku. 

Siap Pemasarannya
Jika anda sudah terjun dalam bisnis motor bekas, maka anda harus siap dalam pemasarannya dan promosinya. Promosi yang bisa anda lakukan misal dengan menyebar brosur, memasang pamflet dan banner, mengiklankan di koran atau media masa lainnya. Selain itu anda bisa mempromosikan melalui media sosial. anda juga bisa mempromosikan melalui ecommerce.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon