Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 17 Mei 2017

Berbagi Pengalaman Membuka Usaha dan Menjual Es Kelapa Muda



Berbagi Pengalaman Membuka Usaha dan Menjual Es Kelapa Muda – Kali Ini SiapaBisnis akan membagikan cerita pengalaman dari komunitas SiapaBisnis yang membuka usaha dan menjual es kelapa muda. memiliki sebuah usaha merupakan sebuah impian bagi sebagian orang dan usaha tersebut berkembang pesat menjadi sebuah usaha yang sukses. semua usaha dalam bidang apapun pasti jika dikerjakan dengan sungguh sungguh akan membuahkan hasil namun jika dikerjakan setengah setengah hasilnya akan gagal. Itu yang dirasakan pelaku usaha Adi, dengan domisilinya di kota solo dan berniat membuka usaha di kota solo. Adi merupakan mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi surakarta dan memiliki niat jika setelah lulus nantinya maka akan berwirausaha. 


Ide usaha es kelapa muda.
Dengan niat membuka usaha di surakarta Adi melakukan sedikit survey, caranya surveynya sangat mudah yaitu jalan jalan di kota surakarta, melihat dan mampir di tempat yang sekiranya menarik perhatian. Proses surveynya memakan waktu yang sedikit pendek yaitu sekitar 2 bulanan. Dalam perjalanan atau survey, apa yang dilihat? Adi memperhatikan usaha usaha yang dilewatinya, mengamati macam macam usaha, lalu membuat daftar usaha tersebut. selanjutnya memberikan perhatian khusus pada usaha yang sudah lama buka, usaha yang ramai, produk yang selalu di cari,  usaha yang mudah dikerjakan, usaha bermodal kecil. Dari semua usaha yang disurvey, membuat kesimpulan bahwa berniat membuka usaha es kelapa muda.

Mengapa ingin membuka usaha es kelapa muda?
Adi memutuskan membuka usaha es kelapa muda karena yang pertama dari pengamatannya ternyata dari usaha ini bisa ramai pembeli, dari cerita pelaku usaha es kelapa muda yang lain, mereka rata rata sudah menekuni usaha ini sekitar 5 tahunan bahkan ada yang lebih lama lagi. Itu berarti usaha ini bukan usaha musiman. Memang ada pasang surutnya namun yang namanya buka usaha juga pasti mengalami hal seperti itu. Alasan kedua adalah es kelapa muda merupakan bagian dari usaha minuman dimana minuman sangat dicari karena merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang. Alasan ketiga adalah usaha ini sangat mudah dikerjakan, pertama kali adi tidak tahu resep membuat es kelapa muda namun dengan cukup mencarinya di internet dan mencoba resepnya di rumah maka dengan percobaan 3 kali sudah bisa membuat es kelapa muda yang enak. Alasan selanjutnya adalah Adi tidak memiliki modal uang yang banyak hanya memiliki sedikit modal. Usaha es kelapa muda ternyata hanya membutuhkan modal yang kecil tidak lebih dari 1 juta sudah bisa membuka usaha es kelapa muda / es degan kecuali untuk biaya tempat usaha atau sewa usaha.

Pengalaman saat persiapan buka usaha mencari supplier
Saat sebelum buka, persiapan apa saja yang Adi lakukan? Mencari supplier yang jujur, jujur membantu memilihkan kelapa karena namanya orang baru di bidang ini masih belum paham dalam memilih kelapa muda yang siap untuk di buka dan belum . jujur dalam memberikan informasi, supplier pertama yang Adi temui memberikan info bahwa 1 kelapa muda bisa dibagi dan dijual antara 3 -4 gelas. Namun faktanya 1 kelapa muda hanya bisa dibuat 2 -3 gelas saja. jujur dalam harga karena yang namanya orang baru belajar belum mengerti mengenai harga beli dan harga jual. kesimpulannya pengalaman mendapatkan supplier baik pertama kali gagal total. Dari kegagalan tersebut pastinya rugi besar karena Adi dikasih kelapa muda yang tua tua. Namun setelah mencari supplier lagi ternyata berhasil dan tidak ketipu lagi.

Berbagi pengalaman masalah apa saja yang dihadapi.
Beberapa masalah yang dihadapi adalah masalah persediaan kelapa muda, ternyata kelapa muda tergolong susah untuk mendapatkannya jadi jika memesan sebanyak yang diinginkan tidak bisa karena harus berbagi dengan pelaku usaha lain. Masalah lainnya adalah karena keterbatasan kelapa muda membuat supplier memaksa untuk membeli kelapa yang sedikit tua misal beli 10 kelapa salah satunya terdapat kelapa tua, anda sebagai penjual harus mencampurnya saat menjual es kelapa muda. jika menolak sistem tersebut maka supplier tidak mau untuk mensuplly lagi, mau gak mau harus ngikut sistem supplier tersebut.

Berbagi pengalaman kenapa berhenti
Alasan berhenti karena ada kesibukan lain sehingga memaksa untuk berhenti jualan es kelapa muda. namun jika diteruskan dan full time Adi punya keyakinan bisa berhasil.

Sekian berbagi cerita pengalaman membuka usaha dan menjual es kelapa muda, semoga bermanfaat.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon