Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Senin, 15 Mei 2017

Berapa Modal Usaha dan Cara memulai Usaha Percetakan

Berapa Modal Usaha dan Cara memulai Usaha Percetakan – sekarang ini perkembangan teknologi semakin maju, pekerjaan semakin cepat dan semakin modern, media media promosi harus semakin kekinian agar bisa bersaing dengan usaha yang lain. Usaha yang sekarang ini sedang berkembang dan banyak diminati oleh beberapa kalangan pengusaha adalah usaha percetakan. Beberapa kota di indonesia sekarang sudah mulai menjamur, banyak berdiri usaha percetakan. Anda pastinya sering menjumpai usaha ini di daerah perkantoran. Usaha percetakan akan tumbuh karena pertumbuhan ekonomi. Usaha ini dapat dimulai dari modal kecil kecilan dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha atau juga langsung membuka usaha dengan skala besar dan menyewa sebuah ruko.



Berapa modal usaha percetakan ???  tim SiapaBisnis mencoba untuk mengorek dari beberapa sumber pelaku usaha yang menekuni bisnis ini. untuk modal usaha memang sangat relatif. Seperti contoh tim kita pernah tanya ke pada salah satu pengusaha di balikpapan, dengan posisi menyewa ruko dan memiliki 1 mesin printing besar, harga 1 mesin printingnya sekitar Rp.160.000.000. dan ternyata terdapat beberapa jenis mesin printing, mereka memilih yang medium. Itu baru membeli mesinnya, belum membeli peralatan yang lain dan membeli bahan bahannya. Namun anda jangan berkecil hati dengan angka nominal tersebut, pastinya akan ada solusi solusi lain. Misalnya dengan membeli mesin printing bekas yang berkualitas.

Tips sebelum memulai usaha percetakan
Sebelum memulai usaha ini, alangkah baiknya jika anda mempelajari seluk beluk usaha percetakan. Karena usaha ini pastinya membutuhkan modal. Dengan anda memahami bisnis ini terlebih dahulu, anda bisa meminimalisir kerugian yang akan anda dapatkan.

Lakukan survey dan amati
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengamati daerah di sekitar anda, apakah daerah tersebut cocok jika terdapat usaha percetakan. Salah satu faktor yang anda perhatikan adalah di tempat tersebut sangat ramai dan banyak dilalui kendaraan, dengan begitu banyak orang yang akan melihat keberadaan usaha percetakan. Anda juga harus mengamati di sekitar tempat tersbut dekat dengan daerah pemukiman padat penduduk, karena biasanya di pemukiman yang terdapat masyarakat yang banyak pastinya memiliki kegiatan atau event seperti pernikahan, sunatan, dan lain lain yang membutuhkan undangan. Selanjutnya adalah amati apakah daerah tersebut terdapat banyak usaha / toko toko, karena biasanya usaha atau toko pasti membutuhkan spanduk untuk promosi dan mereka pasti lebih senang memesan spanduk promosi di daerah tersekat guna untuk meminimalkan waktu dan biaya transport. Lokasi usaha bisa dimana saja asalkan dapat memenuhi kriteria tersebut diatas, apakah berada di pemukiman penduduk, di daearah kampus, di daerah sekolahan dan lain lain.

Tepat dalam memilih kualitas mesin
Selanjutnya adalah dengan memiliki mesin printing. Dengan memiliki mesin yang berkualitas bagus dan tidak gampang rusak maka akan menghemat biaya operasional kedepannya nanti. Perhatikan mengenai tintanya, apakah mesin tersebut boros tinta atau tidak, kualitas mesin jelek atau tidak karena jika jelek maka akan sering perbaikan mesin.

Pengalaman adalah yang terbaik
Kebanyakan modal usaha utama dari bisnis ini adalah sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Biasanya dari pengusaha percetakan sebelum memulai usaha perceetakan memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama sehingga saat memulai mendirikan usaha mereka tidak kikuk dan langsung bisa mengoperasikan mesin printing.

Pintar dalam menganalisa usaha
Usaha ini memang memerlukan modal dan dari modal tersebut diharapkan mendapatkan keuntungan yang sebanding. Anda harus paham dari segi analisa usahanya seperti modal awal, pembelian peralatan dan perlengkapan, harga , keuntungan dan kerugian, berapa lama balik modal yang diperlukan.

Kualitas hasil cetak
Yang terpenting dari produk ini adalah hasil cetak yang memuaskan, jika konsumen puas maka kemungkinan besar jika mereka butuh pastinya akan memesan di tempat yang sama. Untuk soal harga memang relatif tergantung pada bahan yang digunakan. Tapi yang utama adalah kualitas  hasil cetak. Lama kelamaan usaha anda pasti akan berkembang dengan sendirinya dan akan memiliki nama di mata masyarakat dengan sendirinya.

Cukup sekian sedikit informasi yang dapat kami berikan mengenai modal usaha dan cara memulai usaha percetakan.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.




Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon