SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Rabu, 03 Mei 2017

4 Cara Sukses Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha



Cara Sukses Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha  - Ikan koi berasal dari bahasa jepang yang berarti ikan karper. Di jepang, ikan koi dijadikan sebuah simbol persahabatan dan cinta. Hal itu dikarenakan ikan koi ada merupakan homofon yang maknanya adalah cinta dan kasih sayang. Ikan koi termasuk diantaranya adalah ikan mas dimana ikan tersebut mempunyai ornamen dan bentuk yang sangat indah, selain itu ikan ini termasuk ikan jinak. Anda pasti sering melihat beberapa teman dan tetangga yang memelihara ikan koi dirumah karena terdapat kepercayaan bahwa dengan memelihara ikan koi akan membawa keberuntungan. Jika anda menekuni peluang usaha budidaya ikan koi, anda harus mempelajari cara mengawinkan ikan, cara memelihara baik di kolam terpal, di aquarium, atau di kolam beton. Anda juga harus dapat membedakan koi jantan dan betina. Anda juga harus mengerti analisa usaha seperti modal awal, pemeblian peralatan dan perlengkapan, dan terakhir kuntungan usaha. 

4 Cara Sukses Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha


Kali ini SiapaBisnis hanya akan mengulas tentang cara sukses budidaya ikan koi untuk usaha. Usaha budidaya ini sebenarnya cukup mudah dikerjakan karena prosesnya sama dengan budidaya ikan mas. Namun anda tetap harus mengetahui cara budidayanya.
Proses Pemilihan Induk
Langkah awal proses budidaya adalah dengan memilih induk ikan koi yang tepat. Proses ini sangat penting mengingat nanti akan menghasilkan anakan ikan yang bagus dan berkualitas. Secara umum anda dapat melihat dan mengamati ciri ciri ikan koi yang baik seperti memilih ikan yang sudah berumur lebih dari 2 tahun, memiliki jenis ikan yang hampir sama, jika anda mengamati bentuk tubuhnya ideal jika dilihat dari atas seperti torpedo, gaya berenang ikan tersebut tenang dan seimbang, anda juga bisa mengamati warna ikan yang cerah dan kontras, pilihlah ikan yang gesit atau lebih banyak gerak.

Proses Pemeliharaan Indukan
Jika anda sudah memilih indukan ikan koi, langkah selanjutnya adalah dengan memelihara indukan tersebut dengan memisahkannya kedalam kolam khusus. Sebaiknya kolam ikan berkedalaman sekitar minimal 150 cm. Anda juga harus memperhatikan kepadatan kolam jangan sampai terlalu padat. Sebagai contoh ukuran kolan 4 x 5 meter diisi maksimal 20 ekor betina atau 40 ekor jantan. Anda juga harus memisahkan ikan jantan dan ikan betina agar nanti saat dipijahkan tidak mengalami pemberokan. Untuk pemberian pakan indukan diberi 3 sampai 5 % dari bobot tubuh dalam satu hari dan jumlah pemberian pakan 3 sampai 4 kali.

Proses Pemijahan
Menyiapkan tempat pemijahan – anda harus menyedikan kolam khusus yang terbuat dari semen dan diplester agar sisik ikan tidak rusak jika ada gesekan. Kedalaman kolam sekitar 3 x 6 meter dengan kedalaman 60 cm dan ketinggian 40 cm. kolam harus ada saluran keluar masuk air dan diberi saringan halus tujuannya agar larva hasil pemijahan tidak hanyut ke luar kolam.

Melakukan proses pemijahan -  proses pemijahan dengan cara memasukkan indukan koi betina dahulu pada sore hari. Anda harus menunggu pada malam harinya agar ikan dapat beradaptasi di kolam baru dan tidak stress. Setelah itu masukkan ikan jantan di kolam sebanyak 3 sampai 5 ekor agar potensi kegagalannya kecil. Dari situ ikan akan dibuahi dimana ikan betina menyemprotkan telurnya pada kakaban. Setelah selesai, angkat indukan tersebut pada kolam pemijahan agar ikan indukan tidak memakan telur telurnya.

Penetasan larva – untuk penetasan telur suhu air harus 27 sampai 30 derajat celcius dan akan menetas dalam waktu 48 jam. Jika suhunya dingin penetasannya akan lama dan jika suhunya panas maka telurnya akan membusuk. Jika larva sudah terbentuk beri makan kuning telur yang sudah di rebus, dilumat dan dicampur air pada hari ke lima. Untuk pemberian pakan jangan berlebihan karena akan mengotori kolam. Dalam pemberian pakan berlangsung selama 3 minggu setelah itu dipindahkan ke kolam lain.

Pendederan – proses selanjutnya adalah memindahkan ke kolam pendederan sampai ikan koi berumur 3 bulan. Dari umur tersebut ikan koi berukuran sekitar 15 cm. kolam yang berukuran 3 x 4 m dengan kedalaman 40 cm bisa menampung 250 sampai 300 ekor ikan koi. Pemberian pakan pelet 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Proses Penyortiran
Proses terakhir adalah penyortiran untuk memilih kualitas ikan. penyortiran bisa dilakukan pada umur 1 bulan, namun pada umumnya dilakukan pada umur 3 bulan. Proses penyortiran adalah dengan memilih ukuran, bentuk, warna ikan koi. Bedakan dengan kualitas rendah dan kualitas bagus.


Tokoh Wirausaha Usaha Sukses Budidaya Ikan Koi


Namanya adalah Bapak Mashuri, seorang warga Tambakboyo kota Blitar. Selama ini kota Blitar memang dikenal sebagai salah satu pusat budidaya ikan koi. Banyak pelaku usaha yang menggeluti budidaya ikan koi, bahkan di kota Blitar terdapat patung ikan koi.

Wilayah yang terkenal sebagai budidaya ikan koi berada di kecamatan Tambak boyo, kota Blitar.

Ceritanya Bapak Mashuri memulai budidaya ikan koi sejak tahun 1982, saat di Sukabumi, Jawa Barat mulai mengenai budidaya ikan koi lalu ide usaha tersebut di terapkan di kota Blitar dan bertahan sampai sekarang. Peluang usaha budidaya ikan koi memang masih potensial dan sangat mendukung sumber daya di daerah tersebut, karena kota Blitar masih sangat melimpah sumber daya airnya dan tanah untuk lahan budidaya masih sangat luas.

Kualitas hasil budidaya ikan koi tidak kalah bagus dengan kualitas dari Jepang. Banyak sekali pembeli datang dari luar kota seperti Jakarta, Medan, Kalimantan dan kota kota lain.

Usaha bapak Mashuri bertahan sampai sekarang karena memang prospek dan keuntungan dari ikan koi sangat besar. dengan harga jual yang tinggi membuat warga warga sekitar tertarik untuk ikut dalam usaha budidaya ikan koi.

Dukungan dari pemerintah kota Blitar sangat penting sebagai promosi ke kota lain di Indonesia agar tidak perlu impor dari negara lain.

Ketekunan dalam usaha akan membuahkan hasil yang nyata, jika kita konsisten pada apa yang ditekuni, maka keberhasilan akan mengikuti.


Ingin Budidaya Ikan Koi??? Harus Tahu Jenis Jenis Ikan Koi.

Begitu banyaknya masyarakat yang menyukai ikan koi, namun mereka tidak tahu bahwa ternyata banyak sekali jenis jenis ikan koi. Mungkin saja dikarenakan pelaku usaha penjual ikan koi hanya menjual beberapa jenis ikan koi saja. mereka hanya budidaya ikan koi yang paling dicari masyarakat saja.

1. Ikan Koi Kohaku
Ikan ini memang termasuk populer dan banyak dicari masyarakat. biasanya kita sering sekali menemukan jenis ikan koi ini. ciri cirinya yaitu memiliki warna dasar putih dengan campuran warna merah menyala di beberapa bagian tubuhnya. Warna ikan yang cerah membuat ikan ini sangat disukai masyaarakat.


2. Ikan Koi Kujaku
Selanjutnyanya adalah ikan koi kujaku, ikan ini memiliki persamaan dengan ikan koi kohaku dalam soal warnanya namun ada perbedaan terdapat warna kehitaman di beberapa bagian tubuhnya. 


3. Ikan Koi Shiro Bekko
Ciri ciri dari ikan koi ini adalah warnanya putih cerah dan terdapat warna corak hitam di bagian tubuh. Ini ini juga memiliki garis garis yang indah di bagian sirip dada ikan.


4. Ikan Koi Shiro Utsuri
Ikan koi ini terlihat hampir sama dengan ikan koi shiro bekko, namunterdapat perbedaan yaitu ikan shiro utsuri wana hitam sebagai warna dasar dan memiliki corak warna putih.


5. Ikan Koi Shiro Matsuba
Ikan ini memiliki ciri yaitu warna dasarnya putih dengan terdapat corak hitam pada bagian sisinya.


6. Ikan Koi Aka Matsuba
Ikan ini memiliki persamaan dengan ikan koi shiro matsuba, namun terdapat perbedaan yaitu pada warna dasarnya. Warna dasar ikan ini adalah merah dengan pola hitam berbentuk jaring.


7. Ikan Koi Tancho
Ikan ini memiliki ciri yaitu warna dasarnya putih dengan corak warna merah di bagian kepalanya saja.


8. Ikan Koi Tancho Showa
Ciri ciri dari ikan koi ini adalah adanya corak hitam  dengan warna dasar putih lalu terdapat warna merah di kepalanya.


9. Ikan Koi Tancho Goshiki
Pola warnanya masih seperti koi tancho, namun bedanya ikan koi ini memiliki corak hitam titik titik seperti jaring di seluruh tubuhnya.


10. Ikan Koi Tancho Kohaku
Ikan koi ini mempunyai pola warna merah cerah dengan bentuk bulat di kepala dan warna dasarnya putih bersih.


11. Ikan Koi Tancho Goromo
Ikan koi ini memiliki ciri corak hitam dan merah di bagian kepala dan diantara mata terdapat perisai.


12. Ikan Koi Tancho Sanke
Ikan koi ini hampir sama dengan tancho showa, namun perbedaannya ikan ini memiliki warna merah di bagian kepala dan memiliki warna dasar putih. Dan terdapat warna hitam yang sedikit di bagian tubuhnya.


13. ikan Koi Tancho Kujaku
Ikan koi ini memiliki warna dasar putih dengan pola warna orang di bagian kepala.


14.  ikan Koi Aka Bekko
Ikan koi ini memiliki warna dasar merah dengan pola hitam di beberapa bagian tubuh dan sirip berwarna putih.


15. Ikan Koi Ki Bekko
Ikan koi ini memiliki ciri warna sadar kuning dengan corak hitam di tabgian tubuh.


16. Ikan Koi Kumonryu
Ikan koi ini memiliki keistimewaan yaitu bisa mengubah warna tubuh pada setiap tahun, namun warna dasar yang paling banyak ditemukan adalah warna hitam dengan corak putih di bagian atas badan.


17. Ikan Koi Beni Kunmonryu
Ikan koi ini mempunyai 3 warna yaitu warna dasar putih cerah, corak merah cerah dan bintik hitam.


18. Ikan Koi Hajiro
Ikan koi ini memiliki warna hitam pekat dan ujung sirip yang bewarna putih.


19. Ikan Koi Aka Hajiro
Ikan koi ini berwana dasar merah secara keseluruhan dan ujung sirip bewarna putih.


20. Ikan Koi Kikokuryu
Ikan koi ini memiliki warna yang sangat bagus yaitu warna dasar putih dengan warna hitam berbetuk baris lurus rapi pada sisiknya.


21. Ikan Koi Beni Kikokuryu
Ikan koi ini memiliki banyak warna di seluruh tubuh misalnya di bagian punggung bewarna kuning lalu dipadukan dengan warna putih dan hitam di bagian perut.


22. Ikan Koi Goromo
Ikan ini hasil dari perkawinan antara koi kohaku dan koi asagi atau juga koi sanshoku dengan koi asagi. Memiliki ciri sisik yang bewarna merah dan ada lingkaran biru pada bagian sisi ikan sehingga terlihat indah.


23. Ikan Koi Ai Goromo
Ikan ini memiki warna merah atau orange di tubuh secara merata. 


24. Koi Sumi Goromo Fish
Ikan ini mempunyai dua warna yaitu hitam dan putih.


25. Ikan Koi Budo Goromo
Ikan ini memiliki corak warna merah dan warna dasar putih.


26. Ikan Koi Goshiki Goromo
Ikan ini  tidak memiliki corak warna yang bersih di punggungnya.


27. Ikan Koi Ogon
Ikan koi ini memiliki sisik bewarna keemasan, di bagian kepala terdapat warna emas namun tidak jernih, sirip dada berkilau dan tubuh yang ramping.


28. Ikan Koi Platinum
Ikan koi ini bewarna putih keperakan atau seperti platinum. Tidak ada corak warna yang lain.


29. Ikan Koi Yamabuki Ogon
Ikan koi ini memiliki warna kuning cemerlang atau warna metalik.


30. Ikan Koi Orenji Ogon
Ikan ini memiliki warna merah keemasan, jika dilihat ikan ini sangat indah dan cantik.


31. Ikan Koi Nezu Ogon
Ikan ini memiliki warna dasar abu abu keruh sehingga kurang menarik untuk dilihat.


32. Ikan Koi Ki Utsuri
Ikan ini memiliki warna dasar hitam dan corak warna kuning pekat.


33. Ikan Koi Hi Utsuri
Ikan ini memiliki warna dasar hitam namun memiliki corak merah.


34. Ikan Koi Showa Sanshoku
Ikan koi ini memiliki wana dasar hitam gelap dengan corak warna putih dan merah di tubuhnya.


35. Ikan Koi Kin Showa
Ikan ini hasil dari perkawinan Ogon Platinum dengan Showa biasa. Memiliki warna dasar putih dengan corak merah dan hitam.


36. Ikan Koi Boke Showa
Ikan ini memiliki sisik yang kusam dan seperti terlihat pudar. Warna dasar ikan ini putih dengan corak hitam dan merah di bagian kepalanya.


37. Ikan Koi Hi Showa
Ikan ini memiliki warna dasar putih dengan corak hitam dan putih di tubuhnya.


38. Ikan Koi Sanke                                                           
Ikan ini bewarna dasar putih dengan pola merah dan hitam.


39. Ikan Koi Benigoi
Ikan koi ini bewarna dasar merah ke kuningan di seluruh bagian tubuh.


40. Ikan Koi Karasugoi
Ikan ini memiliki satu warna saja yaitu hitam pekat.


41. Ikan Koi Kigoi Fish
Ikan ini memiliki warna kuning keemasan di seluruh tubuhnya tanpa ada corak sama sekali.


42. Ikan Koi Soragoi
Ikan ini memiliki warna abu abu dengan corak merah kekuningan.


43. Ikan Koi Chagoi
Warna ikan ini kuning namun agak keruh dan tergolong non metalik.


44. Ikan Koi Doitsu Hariwake
Ikan ini sangat indah, karena memiliki warnakuning metalik dengan warna putih yang merata di tubuh.


45. Ikan Koi Sushui
Ikan ini memiliki ciri tidak memiliki sisik kecuali di beberapa bagian punggunya. Warna dasar ikan ini putih dengan corak merah.


46. Ikan Koi Asagi
Ikan ini sangat populer dan termasuk jenis tertua. Ikan ini warna dasarnya biru dan terdapat corak merah di bagian perut


47. Ikan Koi Kikusui
Ikan ini bewarna dasar putih dan pada bagian kepala terdapat corak orange.


48.  Ikan Koi Shigure Ochiba
Ikan ini memiliki warna dasar kuning ke abu abuan dan corak warna kuning.


49. Ikan Koi Yamato Nishiki
Ikan ini hasil perkawinan antara ogon platinum dengan sanke.


50. Ikan Koi Hikari
Ikan ini bewarna silver pada seluruh bagian tubuh dan tidak ada corak warna.



51. Ikan Koi Black Dragon
Ikan ini termasuk paling mahal di dunia karena corak warnanya yang unik seperti naga



  

Demikian ulasan mengenai cara sukses budidaya ikan koi untuk usaha. Dengan mengetahui cara budidaya merupakan salah satu tahapan yang harus anda kuasai dalam membuka usaha


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon