SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Senin, 03 April 2017

Usaha Setelah Pensiun



Usaha Setelah Pensiun - jika anda sudah memasuki usia tua, anda pasti memikirkan bagaimana dan usaha apa untuk persiapan pensiun, atau usaha rumahan apa untuk pensiun. Apalagi jika anda bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta dimana uang pensiun tidak ada.anda harus memiliki sebuah ide bisnis dan memilikirkan pekerjaan setelah pensiun. Namun jika anda bekerja sebagai pensiunan PNS, anda bisa sedikit bernafas lega karena PNS memiliki program uang pensiun. 


Usaha Setelah Pensiun


Berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa dilakukan setelah pensiun.

Usaha Perkebunan – usaha yang cocok untuk pensiunan adalah usaha perkebunan, beberapa usaha perkebunan seperti kebun durian, kebun rambutan, kebun pisang, dan kebun buah yang lain. Anda juga bisa mencoba berkebun bambu, menanam pohon jati. Usaha berkebun tidak memerlukan banyak tenaga dan waktu. Anda hanya perlu menyiraminya saja saat usia masih muda. jika pohon sudah tua, anda tidak perlu menyiraminya setiap hari apalagi pada musim penghujan.

Usaha Perikanan – salah satu usaha yang cocok setelah pensiun adalah usaha perikanan, hal itu dikarenakan usaha perikanan tidak memerlukan banyak tenaga. Anda bisa beternak berbagai macam ikan seperti ikan lele, ikan bawal, ikan gurame dan ikan ikan yang lain. 

Usaha Peternakan – usaha yang cocok setelah anda pensiun adalah usaha peternakan, anda bisa mencoba beternak ayam, beternak bebek, beternak kambing, beternak sapi. Keuntungan yang didapatkan dari beternak juga sangat besar.

Usaha Kos Kosan – usaha kos kosan sangat cocok untuk anda setelah pensiun. Usaha kos kosan tidak memerlukan banyak tenaga dalam pengelolaannya. Selain itu, keuntungan yang didapatkan untuk usaha kos kosan juga lebih stabil dan dapat digunakan sebagai uang pensiunan hari tua anda.


Cara Mengelola Uang Untuk Persiapan Pensiun

Cara Mengelola Uang Untuk Persiapan Pensiun – tidak semua orang menjadi pengusaha, ada juga yang bekerja menjadi karyawan swasta dan pegawai negeri. Menjadi pengusaha ada kesulitan dan ada kelebihan, begitu juga dengan karyawan dan pegawai negeri.

Menjadi pengusaha  memiliki keuntungan yaitu pada saat tua nantinya, kita tetap bisa menjalankan bisnis dan bisa menikmati hasilnya. Itu jika sudah menjadi pengusaha sukses dan memiliki banyak karyawan. Namun jika pengusaha belum sukses dalam arti usahanya harus dikerjakan sendiri dan sebagian waktunya untuk bekerja, maka belum bisa menikmati hari tua.

Begitu juga dengan menjadi pegawai negeri, saat kita memasuki masa pensiun tentunya kita harus mempersiapkan uang agar pada saat pensiun nanti kita dapat menikmati hari tua kita bersama keluarga.

Jika kita ingin cepat cepat pensiun, kita harus mempunyai rencana yang matang. Berikut ulasan jika memasuki masa pensiun bahkan ingin pensiun dini.

1. mengelola pengeluaran
Setiap bulan kita menerima gaji, dan biasanya gaji tersebut habis selama 1 bulan untuk membeli keperluan yang penting dan tidak penting. nah mulai saat ini dibiasakan untuk mengelola pengeluaran dengan tidak gampang membeli sesuatu yang tidak begitu penting. mulai biasakan gaji tersebut tersisa sehingga bisa ditabungkan.

2. membuat rencana setelah pensiun
Mulailah berfikir untuk membuat rencana setelah pensiun mau membuat usaha apa dan membutuhkan modal berapa. Nah dengan begitu ada persiapan yang matang yang sudah disiapkan jauh jauh hari.

3. jika membeli sesuatu harus dipikirkan matang matang
Kita harus menyisihkan uang karena hal itu penting. misalnya misalnya ingin membeli handphone karena handphone yang lama sudah rusak. Itu sesuatu yang penting, kita bisa membeli handphone dengan harga terjangkau. Banyak sekali handphone yang menawarkan harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni yang tidak kalah dengan merek terkenal seperti Iphone. Jika membeli merek Iphone, kita tidak bisa menyisihkan gaji. Namun jika kita membeli merek lain yang harganya setengah dari harga merek Iphone, maka kita bisa menyisihkan uang kita untuk di tabung.

4. lebih rajin dan tidak bolos
Jika jadi pegawai negeri, maka harus masuk kerja terus. jika bolos kerja bisa saja kita tidak dapat tunjangan atau tunjangan kita di potong. Maka dari itu rajin rajin lah bekerja agar tunjangan kita tidak dipotong. Karena selain mendapat gaji, kita juga mendapat tunjangan.
 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon