Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Selasa, 25 April 2017

Tahapan dan Cara Pembibitan Ikan Lele Untuk Usaha



Tahapan dan Cara Pembibitan Ikan Lele Untuk Usaha -  salah satu usaha budidaya ikan yang sangat menguntungkan dan masih memiliki prospek kedepannya adalah usaha budidaya ikan lele. Jika anda ingin menggeluti usaha budidaya ikan lele, anda harus mempelajari seluk beluk tentang budidaya ikan lele seperti jenis jenis ikan lele, cara pemijahan ikan lele baik di kolam tanah maupun kolam terpal, cara menetaskan telur ikan lele, cara pemijahan ikan lele secara buatan maupun alami, anda juga harus mempelajari dari segi ekonominya seperti analisa usaha ikan lele, harga ikan lele, cara membuat kolam ikan lele dengan biaya murah, dan yang paling penting adalah keuntungan usaha budidaya ikan lele. Kali ini SiapaBisnis akan mengulas tentang tahapan dan cara pembibitan ikan lele untuk usaha. proses pembibitan merupakan salah satu hal penting dalam rangkaian usaha budidaya ikan lele.



Tahapan dan Cara pembibitan ikan lele
Untuk budidaya ikan lele harus melalui proses pembenihan dan pembesaran, untuk proses pembibitan dibutuhkan disiplin dan ketelitian yang tinggi agar hasil pembibitan dapat menghasilkan lele yang berkualitas.

Memilih induk lele yang benar
Langkah awal untuk proses pembibitan ikan lele adalah dengan memilih induk lele yang bagus dan sesuai dengan kriteria. Kriteria memilih induk lele berukuran antara 5 cm sampai 10 cm. Anda harus memilih ikan lele yang berkualitas dan lele yang sehat dan bebas penyakit, adapun ciri cirinya adalah memiliki tubuh yang tidak cacat, sehat, pertumbuhannya cepat, selalu bergerak dengan lincah. Pisahkan indukan lele tersebut ke dalam kolam yang terpisah dan anda pelihara dengan benar dan disiplin. Anda harus memberikan perhatian khusus pada indukan ikan lele baik dari segi pemberian makan, pakan lele yang berkualitas, sistem pengairan juga bagus. Dan dari situ setelah 2 minggu anda anda pilih lagi yang benar benar berkualitas. Pastikan bahwa indukan ikan lele tidak saling memakan temannya satu sama lain.

Melakukan pemijahan ikan lele
Tahap kedua cara pembibitan ikan lele adalah dengan melakukan pemijahan ikan lele. Dalam tahap ini prosesnya adalah dengan mengawinkan ikan lele yang jantan dan betina. Dalam mengawinkan indukan ikan lele ada berbagai cara baik cata yang alami maupun cara intensif. Pengertian dari pemijahan alami adalah dengan mengawinkan ikan lele tanpa bantuan manusia sedangkan pengertian dari pemijahan intensif adalah dengan mengawinkan ikan lele dengan bantuan manusia.

Melakukan pemeliharaan larva
Cara yang ketiga adalah dengan melakukan pemeliharaan larva ikan lele. Setelah mengawinkan indukan ikan lele, pasti akan indukan akan memproduksi lava ikan. larva ikan yang terbentuk harus segera dipisahkan terhadap induknya hal itu dikarenakan nanti indukan malah akan memakan larva ikan lele. anda harus menyiapkan kolam tersendiri untuk larva ikan lele dengan kualitas air kolam yang bagus. anda dapat memakai aerator yang berfungsi untuk menyuplai oksigen. Anda harus mempertahankan suhu kolam sekitar 28 sampai 29 derajat celcius. Selalu jaga kebersihan kolam terhadap kotoran dan sisa pakan agar larva ikan lele tidak terganggu ekosistemnya.

Pendederan benih ikan
Langkah terakhir dalam pembibitan ikan lele adalah proses pendederan benih. Tahapan ini adalah pelepasan benih ikan pada tempat pembesaran dengan sementara. Anda harus teliti pada proses ini jangan sampai ada kesalahan jika tidak, ikan akan mati. Utnuk tempat pendederan pada umumnya menggunakan kolam kecil lewat pengaturan lingkungan dengan ketat. Anda harus berhati hati karena bibit ikan sendiri masih rentan terhadap penyakit. Untuk kolam nya harus dipastikan bebas penyakit dan temperaturnya terjaga. 

Jika proses pembibitan sudah dilakukan dengan baik maka salah satu tahapan dalam budidaya ikan lele sudah anda kuasai. Demikian ulasan artikel tentang tahapan dan cara pembibitan ikan lele untuk usaha. semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon