Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Minggu, 09 April 2017

Periklanan Langsung dan Pemasaran Berdasarkan Database


Periklanan Langsung dan Pemasaran Berdasarkan Database - Pemasaran langsung adalah suatu sistem interaktif yang menggunakan satu atau lebih media periklanan untuk menghasilkan suatu respon yang dapat diukur dan/atau transaksi disegala lokasi. Pemasaran langsung meliputi pemasaran interaktif karena pemasaran ini. Pemasaran langsung tidak terbatas hanya pada surat langsung tetap meliputi sebuah satu atau lebih media (misalnya, pengiriman surat langsung dengan tindak lanjut melalui telepon). Dibandingkan dengan media tidak langung seperti iklan televisi, pemasaran melalui media seperti surat langsung lebih memungkinkan untuk dapat mengukur respon dari khalayaknya. Pemasaran langsung lebih mudah untuk diukur karena respon trhadap pemasaran langsung lebih cepat daripada respon terhadap periklanan media massa dan dapat ditelusuri terhadap para pelanggan khusus yang mana yang merespon terhadap usaha pemasaran. 




Surat langsung merupakan media respon yang paling penting. Periklanan surat langsung mengacu pada segala bahan periklanan yang dikirim langsung kepada orang yang akan dipengaruhi si pemasar, iklan-iklan ini dapat berbentuk surat, kartu pos, program, kalender, folder, catalog, kaset video, catatan transaksi, formulir pesanan, daftar harga , menu, dan sebagainya. 

Ciri-ciri khas surat langsung meliputi:
  1. Kemampuan menjangkau sasaran
  2. Dapat diukur
  3. Dapat dipertanggungjawabkan
  4. Fleksibel
  5. Efisien



Masalah utama dalam menggunakan surat langsung adalah banyak orang menganggapnya terlalu mengganggu dan menyerang privasi.

Ada 4 faktor yang bertanggung jawab atas meluasnya penggunan surat langsung oleh semua pemasar, yaitu:



  • Semakin mahalnya biaya periklanan televise bersamaan dengan fragmentasi yang meningkat mendorong banyak pemasang iklan mengurangi investasi pemasangan iklan televisi.

  • Pengiriman surat langsung memnugkinkan pentargetan yang tidak sejajar dari pesan-pesan pada prospek yang diinginkan.

  • Meningkatnya perhatian terhadap terhadap hasil priklanan yang dapat diukur mendorong para pemasar iklan untuk menggunakan media.

  • Konsumen bersifat responsife survey menunjukan bahwa bangsa amerika menyukai periklanan melalui surat.



Pengiriman surat langsung yang berhasil mengharuskan adanya database-database di computer. Database memungkinkan kontak dengan para pelanggan yang ada sekarang atau calon pelanggan yang dapat diakses, atau disampaikan oleh perusahaan-perusahaan yang memilki database tentang alamat-alamat surat atau nomer-nomer telepon. Dibandaingkan dengan periklanan siaran, periklanan database tidak berhubungan dengan para pelanggan sebagai suatu massa tetapi menciptakan hubungan individual dengan masing-masing pelangan atau calon pelanggan. Suatu database yang up-to-date memberikan pada prusahaan-perusahaan sejumlah asset, termasuk kemampuan untuk:



Mengupayakan periklanan pemasaran langsung kepada orang-orang yang merupakan prospek terbaik untuk penawaran;



  • Menawarkan berbagai pesan kepada kelompok pelanggan yang berbeda;
  • Menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan;
  • Meningkatkan produktivitas komunikasi pemasaran;
  • Mengkalkulasi nilai seumur hidup dari suatu pelanggan atau calon pelanggan.



Ada dua bentuk pemasaran telepon yang umum dilakukan dimana telepon telepon merupakan media pemasaran langsung utama. Satu, outbond telemarketing (telemarketing melalui telepon keluar) meliputi panggilan dari para penjual yang yang menggunakan telepon kepada para pelanggan dan calon pelanggan. Yang lainya, telemarketing yang melalui telepon masuk meliputi penanganan panggilan masuk (inbound) untuk order, permintaan, dan keluhan. Telemarketing dapat digunakan untuk mendukung atau bahkan mengganti tenaga penjualan konvesional.   

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon