Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Rabu, 19 April 2017

Pengertian Waralaba dan Jenis Jenis Waralaba



Pengertian Waralaba dan Jenis Jenis Waralaba – kali ini SiapaBisnis akan membahas tentang pengertian waralaba dan jenis jenis waralaba. Seperti yang anda ketahui, waralaba tidak asing lagi di telinga kita, banyak usaha yang sekarang menggunakan waralaba. Menurut wikipedia, waralaba adalah hak hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia yang dimaksud dengan waralaba ialah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralab (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.




Jenis jenis waralaba atau franchise menurut longenecker (2005):

Waralaba atau franchise nama dagang dan produk – bantuan hak menjual / menggunakan nama dagang dan produk yang telah dikenal luas.

Waralaba atau franchise  unit tunggal – merupakan franchise yang paling sederhana dan paling banyak digunakan karena kemudahannya. Pewaralaba dapat memberikan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Terwaralaba hanya diperkenalkan untuk menjalankan usahanya di sebuah gerai yang telah disepakati.

Waralaba atau franchise format bisnis – menyediakan seluruh sistem pemasaran dan petunjuk yang terus menerus dari pewaralaba.

Waralaba atau franchise dukung mendukung – merupakan suatu waralaba ritel dalam fasilitas fisik atau bangunan toko terwaralaba.

Waralaba atau franchise pemegang lisensi pemilik – individu atau perusahaan independen yang dapat bertindak sebagai agen penjualan produk dengan tanggung jawab untuk menemukan terwaralab baru dengan batasan suatu teritorial khusus. Format master franchise memberikan hak kepada pemegangnya untuk menjalankan usahanya di sebuah teritorial ataupu sebuah sistem dan bukan hanya membuka usaha, pemegang hak dapat menjual lisensi kepada sub waralab dengan ketentuan yang telah disepakati kedua belah pihak.

Waralaba atau franchise kepemilikan multi unit – mengangkat penerima hak terwaralaba tunggal untuk memiliki lebih dari satu gerai waralaba atau dapat membuka beberapa gerai dari perusahaan yang sama.

Waralaba atau franchise pengembang wilayah – perorangan atau perusahaan yang memperoleh hak untuk membuka beberapa gerai waralaba dalam wilayah yang telah ditentukan. Untuk waralaba ini, terwaralaba memperoleh hak untuk menjalankan usahanya dalam sebuah teritorial tertentu. Misalkan pada sebuah propinsi atau kota dengan jumlah cabang yang lebih dari satu gerai.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon