SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Selasa, 04 April 2017

Peluang Bisnis Usaha Ternak Kelinci dengan Analisa Lengkap



Peluang Bisnis Usaha Ternak Kelinci dengan Analisa Lengkap – jika anda ingin membuka usaha ternak kelinci, terlebih dahulu anda harus mengetahui segala aspek tentang hewan kelinci dan analisa usahanya. Usaha ternak kelinci ada dua yaitu ternak kelinci hias dan ternak kelinci pedaging. prospek usaha ternak kelinci sangat menjanjikan karena keuntungan yang didapatkan sangat besar. Jika dijual dipasaran, harga kelinci sangat mahal apalagi jika diolah menjadi masakan akan lebih mahal lagi. 


Cara memulai bisnis usaha ternak kelinci – jika anda sebagai pemula, untuk membuka usaha ternak kelinci tidak besar, anda bisa memulai dengan jumlah yang kecil. Modal yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan budget anda. sebelumnya anda harus mengerti cara mengembangbiakan kelinci seperti bagaimana memberi porsi makan, jenis jenis makanan yang baik untuk kelinci, vitamin dan obat yang diperlukan, bagaimana membuat kandang yang proporsional. Anda bisa belajar secara otodidak melalui internet dan mengembangbiakan sendiri atau melalui pelatihan wirausaha daerah kota setempat. Anda juga harus mengerti pemasaran ternak kelinci karena walaupun anda dapat beternak tapi tidak dapat memasarkannya maka akan sia sia saja.
Peluang Bisnis Usaha Ternak Kelinci dengan Analisa Lengkap




Beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk membuka usaha ternak kelinci seperti mempersiapkan lokasi usaha, anda harus mempunyai supplier bibit dan induk kelinci yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Anda harus mempunyai supplier makanan dan vitamin untuk kelinci. 


Mengapa Harus Beternak Kelinci?

Jika berbicara tentang usaha ternak, usaha yang paling populer dan dikenal masyarakat Indonesia adalah usaha ternak ayam, ternak kambing, dan ternak sapi. Memang benar, usaha tersebut masih sangat menjanjikan keuntungan yang besar, di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Sampai sekarang ini usaha ternak kelinci masih belum banyak. Masih sedikit pelaku usaha yang tertarik bisnis ini. jika dilihat peluang nya, usaha ini masih sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik.

Beberapa alasan mengapa harus beternak kelinci. Berikut Keunggulan atau Keuntungan Beternak Kelinci.

1. Ternak kelinci sangat mudah.
Beternak kelinci sangat mudah apalagi jika dikembangkan di daerah pedesaan, dimana banyak sekali tumbuhan yang menjadi makanan utama kelinci. Lebih baik untuk memberi makan alami dibandingkan dengan buatan. Namun jika anda berada di perkotaan, jangan khawatir, anda tetap bisa beternak kelinci, namun harus disesuaikan dengan kandang dan menjaga ketersediaan supplay makanannya.

2. manfaatkan pekarangan rumah anda untuk beternak kelinci.
Seperti yang kita ketahui, beternak kelinci harus menyediakan ruangan seperti halnya beternak kambing, ayam, sapi dan lain lain. Namun untuk hewan kelinci lahan atau ruang yang dibutuhkan tidak seluas beternak sapi atau kambing sehingga dapat menghemat ukuran lahan. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah anda untuk hal hal produktif seperti beternak kelinci. Tips lain adalah dengan membuat kandang bertingkat jika lahan yang ada di pekarangan rumah sempit.

3. Memulai usaha dengan skala kecil terlebih dahulu.
Jika anda termasuk pelaku usaha pemula, anda bisa memulai dengan skala kecil dahulu. Namun jika pengetahuan dan modal untuk ternak kelinci sudah cukup maka anda bisa memulai dengan skala besar.

4. kelinci cepat hamil
salah satu keuntungan beternak kelinci adalah hewan tersebut tingkat reproduksinya sangat cepat karena dalam satu tahun kelinci mampu melahirkan anak 4 sampai 6 kali dalam satu tahun. Dalam satu tahun kelinci mampu menghasilkan 15 sampai 20 ekor anak.

5. daging kelinci sangat dibutuhkan
daging kelinci masih cukup banyak peminatnya, biasanya untuk sate kelinci atau dibuat oseng oseng. Jika olah, rasanya tidak kalah dengan daging kambing dan daging sapi. Jika dimakan sangat lembut dan tidak alot.

6. dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan
Selain dibutuhkan dagingnya, hewan kelinci sangat bagus, sangat lucu sehingga anak anak senang pada hewan tersebut. hewan kelinci termasuk hewan yang tidak ganas dan jinak jika disentuh. Anak anak sangat suka sehingga sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan.


Kerugian atau Kelemahan usaha ternak kelinci

Selain ada keunggulan atau kelebihan, usaha ini juga terdapat kerugian atau kelemahan, berikut ulasannya:

1. usaha ternak kelinci harus membutuhkan pengetahuan yang mencukup. Mengapa?? Hewan ini termasuk sangat rentan kena penyakit. Lebih rentan untuk mati dibandingkan dengan hewan kambing atau sapi. Oleh karena ini sebagai pelaku usaha, jika masih belum menguasai ilmu nya, jangan langsung memulai usaha dengan skala besar. jika salah maka hewan kelinci akan banyak yang mati sehingga menyebabkan kerugian yang besar.

2. mengelola usaha ternak kelinci butuh disiplin. Baik dari segi pemberian makan, dan menjaga kandang agar tetap bersih. Karena memang hewan ini rentan berpenyakit.

3. untuk pemasaran kelinci lebih sulit dibandingkan dengan memasarkan kambing atau sapi. Anda harus mengerti ilmu pemasarannya. Walaupun anda bisa memproduksi namun jika tidak bisa memasarkannya, maka itu akan sia sia saja.



Tips bisnis usaha ternak kelinci 


Tempat usaha

Lokasi usaha harus memiliki tempat yang luas dan tidak mengganggu pemukiman sekitar. Lokasi usaha yang cocok berada di pedesaan. Jika anda sudah memiliki tempat usaha di desa maka akan lebih baik. Jika menyewa di pedesaan lebih murah harga sewanya.


Harga kelinci

Harga kelinci untuk bibit sekitar Rp.20.000 sedangkan untuk daging potong kelinci berkisar Rp.50.000 untuk bulu Rp.750.000.


Produk

Produk utama adalah kelinci dengan kualitas bagus dan sehat bebas penyakit


Promosi usaha

Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial. Pemasangan banner juga diperlukan agar masyarakat mengetahui usaha ternak kelinci anda.


Pelayanan

Pelayanan adalah yang utama, dengan mengutamakan pelayanan cepat dan antar cepat. Dengan pembeli puas maka suatu saat akan membeli lagi.


Analisa bisnis usaha ternak kelinci


Modal awal

Pembuatan kandang
Rp.4.000.000
Peralatan kebersihan
Rp.1.000.000
Perlengkapan lain lain
Rp.1.000.000
Total modal awal
Rp.6.000.000



Biaya tetap

Penyusutan Pembuatan kandang
Rp.4.000.000
1/60
Rp.66.600
Penyusutan Peralatan kebersihan
Rp.1.000.000
1/24
Rp.41.600
Penyusutan Perlengkapan lain lain
Rp.1.000.000
1/24
Rp.41.600
Total biaya tetap


Rp.149.800



Biaya tidak tetap

Bibit induk
Rp. 30.000
20 ekor
Rp.600.000
Pejantan
Rp.25.000
3 ekor
Rp.75.000
Pakan sayur dan rumput


Rp.1.000.000
Pakan konsentrat


Rp.2.000.000
Obat


Rp.700.000
Biaya transportasi


Rp.200.000
Biaya lain lain


Rp.100.000
Total biaya tidak tetap


Rp.4.675.000



Penerimaan

Induk kelinci melahirkan sekitar 6 kali dalam setahun dan satu kali melahirkan rata rata 6 ekor.

Penjualan



Bibit
Rp.50.000
20 induk x 6 x 6
Rp.36.000.000
Kotoran


Rp.        40.000




Biaya



Biaya tetap
Rp.4.675.000


Biaya tidak tetap
Rp.    149.800


Total biaya


Rp.4.824.800
Laba bersih


Rp.31.215.200



Semakin jumlah indukan maka semakin besar pula anakan yang dilahirkan dan semakin banyak anakan kelinci.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon