SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Kamis, 27 April 2017

Modal Usaha Warung Soto dan Cara Memulai Usahanya



Modal Usaha Warung Soto dan Cara Memulai Usahanya – makanan soto merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak anak, remaja, dan khususnya orang tua. Makanan ini berbahan baku utama daging ayam, daging sapi atau daging kerbau dan kaldunya terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Jika anda menggeluti usaha warung soto, tentunya anda harus paham seluk beluk usaha warung soto seperti cara membuat soto yang enak, analisa usaha soto yang meliputi modal awal usaha, biaya operasional, harga bahan baku, promosi usaha seperti membuat spanduk, promosi ke media sosial, dan yang terpenting adalah keuntungan dan kerugian usaha soto. Dengan anda sudah menguasai hal tersebut, maka akan memudahkan anda dalam menyiapkan rencana memulai usaha warung soto. 

Modal Usaha Warung Soto dan Cara Memulai Usahanya


Makanan soto khas daerah indonesia – ada berbagai macam soto di berbagai daerah, di tiap tiap daerah rasa soto memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda akan tetapi rasa soto tetap sama enaknya. Ada soto madura, soto kudus, soto lamongan, soto betawi, soto lenthok, soto banjar, soto bandung, soto medan, soto padang. Semua soto memiliki karakter dan resep yang berbeda namun itulah keunggulan kuliner di indonesia dengan berbagai macam varian soto yang enak dan lezat.


Berikut adalah ulasan lengkap Jenis jenis soto khas daerah Indonesia

Jika ingin membuka usaha warung soto, minimal kita harus mengenal berbagai macam jenis soto khas daerah yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui informasi tersebut, minimal pernah mencicipi ciri khas soto yang ada di Indonesia. Dengan begitu, kita dapat menciptakan rasa soto yang enak dan lezat.

1. Soto Betawi
Jika pernah ke jakarta, mampirlah untuk membeli soto betawi. Ciri khas soto ini adalah berkuah santan dan isinya mulai dari daging sampai jeroan. Kuah soto dari bumbu bumbu seperti rempah pala, cengkeh, kapulaga. Sangat enak!!!

2. Soto Kudus
Soto selanjutnya adalah soto kudus. Sesuah namanya, soto ini berasal dari kota Kudus, Jawa Tengah. Ciri khas soto ini adalah kuahnya yang bening dan isinya adalah daging Kerbau karena Kudus tidak membolehkan daging Sapi sesuai dengan tradisi masyarakat Kudus. Namun jika anda keluar kota kudus, anda akan disuguhi soto kudus dengan isi daging sapi atau ayam karena memang beberapa masyarakat ada yang tidak menyukai daging kerbau.

3. Soto Madura
Selanjutnya adalah soto madura,  Soto ini berasal dari Madura jawa timur. Isi soto ini adalah daging sapi, jeroan, telur rebus, kentang goreng, tauge, bihun dan kol. 

4. Soto Lamongan
Soto yang tak kalah populer adalah soto lamongan. Soto ini dari kota Lamongan Jawa Timur. Ciri khas soto ini adalah bumbunya yang menggunakan bumbu bubuk koya yang membuat rasanya memiliki ciri khas yang berbeda dari soto lain.

5. Soto Kediri
Soto lainnya adalah soto Kediri dari jawa timur. Soto ini mirip seperti soto betawi, hanya saja tidak menggunakan bumbu rempah seperti penggunaan cengkeh.

6. Soto Banjar
Soto yang cukup populer adalah soto banjar, soto ini berasal dari Banjarmasin. Soto ini sangat lengkap dengan isinya seperti perkedel, rebusan telur dan ketupat.

7. Soto Mie Bogor
Ciri khas dari soto mie bogor ini adalah soto tersebut menggunakan mie dan bahan bahan lain seperti risoles, daging sapi dan tomat dengan kuah soto yang bening.

8. Soto Sokaraja
Soto ini berasal dari Banyumas. Ciri khas soto ini adalah terdapat tambahan kerupuk merah dalam soto. 

9. Soto Pekalongan
Ciri khas soto pekalongan adalah menggunakan tauco sebagai bumbu penyedapnya sehingga membuat rasanya enak.

10. Soto Lenthok
Soto ini berasal dari Yogyakarta. Isi dari soto ini menggunakan suwiran daging ayam kampung. Sehingga jika di makan ada kenyal kenyalnya.

11. Soto Kemiri
Soto kemiri merupakah khas dari kota Pati. Ciri khas soto ini menggunakan kemiri sebagai bumbunya.

12. Soto Semarang
Soto selanjutnya adalah soto semarang, dimana kuah soto ini adalah bening dan menggunakan soun.

13. Soto Medan
Soto ini berkuah santan. Kuahnya sangat wangi karena bumbunya berasal dari berbagai rempah seperti jintan.

14. Soto Padang
Ciri khas soto ini adalah ada rasa kecut didalamnya karena dibuat dari bahan kuah dari daun jeruk, serai, jahe dan daun bawang.

15. Soto Makassar
Soto ini sangat terkenal dan biasanya soto makasar disebut juga dengan Coto Makassar. Rasanya yang enak membuat banyak masyarakat yang menyukai coto ini.

Kali ini SiapaBisnis akan mengulas modal usaha warung soto dan tips cara memulainya.

Modal usaha warung soto
Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka warung soto tidak besar. Dan ada dapat menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. untuk konsep membuka usaha warung soto bisa dengan gerobak tenda, sewa tempat ruko, sewa stand atau membuka di rumah anda sendiri. Dengan anda menyewa tempat untuk usaha maka anda harus modal yang harus anda siapkan bertambah banyak. Untuk skala usaha kecil pada umumnya perkiraan total modal sekitar 5 jutaan, untuk skala menengah modal yang harus anda siapkan sekitar 10 jutaan. jumlah itu belum termasuk biaya sewa tempat. Semakin kualitas barang yang anda beli bagus maka semakin bertambah modal usaha anda. satu contoh membeli gerobak soto, anda bisa membeli gerobak soto yang sederhana dengan harga 1 jutaan, namun jika ingin lebih bagus dan sedikit besar anda bisa memesan gerobak soto sampai dengan harga 5 jutaan. 

Tips cara memulai usaha warung soto mulai dari persiapannya sampai pelaksanaannya.

Persiapan sebelum membuka usaha

Doa – segala sesuatu harus di awali dengan doa, tanpa hal tersebut saya yakin usaha anda akan sia sia dan kedepannya akan semakin banyak masalah yang di hadapi.

Niat – niat merupakan salah satu kunci penting setiap orang yang ingin menjadi warausaha. Jika niat anda hanya coba coba saya pastikan hasil usaha anda akan coba coba. Jika anda terjun dalam wirausaha, lakukan seratus persen kemampuan anda, maka hasilnya akan maksimal.

Menganalisis modal usaha yang akan dikeluarkan – persiapan lainnya adalah dengan menganalisis modal usaha yang akan anda keluarkan sebagai modal awal usaha, sebagai biaya operasional, sebagai biaya bahan baku dan biaya lain lain. Jika anda sudah dapat memprediksi modal usahanya, maka perjalanan anda dalam membuka usaha akan dapat berjalan lancar. Jangan sampai pas anda sudah membeli sebagian barang dan peralatan lainnya, ditengah proses tersebut modal anda tidak tercukupi dan akhirnya tidak bisa membuka usaha warung soto.

Memastikan resep makanan soto – anda harus memastikan resep soto yang akan menjadi produk utama anda. jangan sampai ada yang salah. Anda harus mencari banyak referensi lain resep resep soto sebagai bahan pertimbangan stratregi produk.

Mempersiapkan rencana tempat usaha – persiapan lainnya adalah dengan mempersiapkan rencana tempat usaha, dimana anda akan membuka usaha, apakah di rumah, apakah dengan tenda, apakah dengan menyewa tempat. anda harus memiliki gambaran tersebut sebelum anda terlanjur mengeluarkan dana untuk lokasi tempat usaha.

Mempersiapkan rencana membeli peralatan dan perlengkapan - persiapan lainnya adalah dengan rencana membeli peralatan dan perlengkapan. harus memiliki daftar yang peralatan dan perlengkapan apa saja yang akan dibeli.

Pelaksanaan

Mengeluarkan dana untuk modal awal – setelah semua persiapan terpenuhi, keluarkan dana untuk membeli bahan baku, membeli peralatan, untuk menyewa tempat dan lain lain.

Mencari supplier untuk bahan makanan – anda harus memiliki langganan toko sembako atau pedagang daging dan sayuran untuk mensupply bahan utama makanan soto. Itu dikarenakan agar anda mendapatkan harga yang lebih murah jika anda sudah menjadi pelanggan mereka.

Membagikan hasil masak soto kepada teman dan tetangga – jika resep soto sudah anda dapatkan. Segera untuk mencoba memasak soto dan bagikan ke beberapa teman atau tetangga untuk mencicipi makanan soto anda. jika mereka sudah puas dan cocok maka itu menjadi resep produk soto anda.

Merenovasi tempat usaha – proses pelaksanaan yang penting adalah dengan memrenovasi tempat usaha dan menjadikan usaha anda nyaman untuk berdagang dan pembeli merasa nyaman membeli di tempat anda.

Membeli peralatan dan perlengkapan – jika anda sudah memiliki daftar barang yang akan di beli. Segera membeli barang tersebut, salah satu yang memudahkan jika rencana anda sudah matang. 

Menentukan menu soto – buat daftar menu soto yang menarik dan dapat dilihat oleh pembeli.

Menentukan harga soto -  selain membuat daftarnya, anda juga membuat harga soto. Pastikan pada saat awal membuka adalah anda fokus untuk mencari pelanggan. Jika pelanggan anda sudah banyak maka keuntungan akan datang dengan sendirinya. Jangan menetapkan harga soto yang mahal pada saat awal buka.

Memasang spanduk  - yang terakhir adalah dengan memasang spanduk di warung anda, dengan begitu masyarakat anda melihat warung anda dan mengetahui bahwa terdapat usaha warung soto.


Beberapa contoh usaha soto yang terkenal di beberapa daerah

1. Soto Kudus Pak Denuh
Jika anda berkunjung ke kota Kudus, Jawa Tengah, tempat makanan yang wajib anda kunjungi adalah Soto Kudus Pak Denuh. Usaha warung soto ini sangat terkenal dan menjadi primadona kuliner khas kota Kudus.


Lokasi usaha warung soto ini sangat strategis yaitu berada di pinggir jalan utama kota Kudus, jadi anda tidak perlu bersusah payah mencarinya. Tempatnya yang tergolong kecil namun sangat bersih dan higienis. Banyak lo... wisatawan yang dari luar kota untuk mencicipi kuliner soto kudus di tempat nya pak Denuh. 

Harganya yang masih terjangkau dan banyak sekali gorengan dan sate sebagai lauk pendamping soto kudus. Harga soto pak denuh hanya Rp.7.500 .

Untuk jam buka, biasanya mulai jam 7 paagi sampai jam 10 malam.

Alamat : Jl. Raya Agil Kusumadya, Jatikulon Krajan, Jati Wetan, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

2. Soto Gading Surakarta
Selanjutnya soto yang sudah terkenal adalah soto gading. Soto ini sudah terkenal se Indonesia, mengapa??? Soto ini sudah dikunjungi oleh beberapa presiden Indonesia, seperti Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Megawati, Bapak Jokowi, Bapak Gusdur.


Usaha soto gading ini sudah memiliki 3 cabang yang ada di solo. Soto gading beralamat Jl. Brigjen Sudiarto No.57

3. Soto Betawi H. Husein di Jakarta
Kalau berkunjung di Jakarta, jangan lupa untuk mampir di kudai soto betawi H.Husein. usaha soto ini sangat terkenal di jakarta. Setiap hari selalu ramai pembeli khususnya pada saat hari sabtu minggu atau hari libur. 


Alamat usaha : Jl. Padang Panjang No 6B -6C, Manggarai, Jakarta.

4. Soto Sawah Bu Hadi Yogyakarta
Usaha soto ini didirikan oleh bu Hadi sekitar tahun 1950 an. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya beberapa foto yang dipajang di warung tersebut disertai dengan tahunnya. 


Soto ini sangat enak dan gurih dengan rasa yang ringan dan kuah yang bewarna kuning. Soto ini memiliki ciri khas dengan adanya perkedel kecil di setiap mangkuknya. 

Alamat usaha warung soto sawah: Jl. Sorangan 13, Dusun Sorangan, Kelurahan Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Soto Lamongan Cak Har di Surabaya
Salah satu usaha warung soto yang paling terkenal di Surabaya salah satunya adalah soto lamongan Cak Har. Walaupun ini soto lamongan, namun tetap disukai masyarakat Surabaya. Usaha ini sangat berkembang dan memiliki beberapa cabang di Surabaya seperti di jalan Arief Rachman Hakim dan jalan DR.Ir.H.Soekarno. untuk jam buka mulai jam 8 pagi sampai jam 9 malam.


Ciri khas dari usaha soto ini adalah menyediakan balungan ayam ataupun ceker. Rasa sotonya yang enak, dan gurih membuat banyak sekali pembeli yang datang lagi. Untuk harga soto Rp.20.000 per porsi.

6. Soto Ayam Dargo Pak Wito di Semarang
Selanjutnya adalah mencicipi kuliner soto di kota Semarang. Salah satu yang terkenal adalah soto pak Wito. Soto khas semarang ini kuahnya bening dan rasa rempahnya yang khas banget. Rasanya yang enak dan gurih membuat soto ini selalu ramai pembeli. warung soto ini juga menyediakan berbagai macam sate dan gorengan. Untuk harga soto per porsi Rp. 10.000.


Untuk alamat usaha soto dargo pak wito punya cabang di Semarang dan untuk alamat usaha tertua di jalan Hasanudin Raya, Semarang.
 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon