Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Kamis, 27 April 2017

Modal Usaha Warung Soto dan Cara Memulai Usahanya



Modal Usaha Warung Soto dan Cara Memulai Usahanya – makanan soto merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak anak, remaja, dan khususnya orang tua. Makanan ini berbahan baku utama daging ayam, daging sapi atau daging kerbau dan kaldunya terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Jika anda menggeluti usaha warung soto, tentunya anda harus paham seluk beluk usaha warung soto seperti cara membuat soto yang enak, analisa usaha soto yang meliputi modal awal usaha, biaya operasional, harga bahan baku, promosi usaha seperti membuat spanduk, promosi ke media sosial, dan yang terpenting adalah keuntungan dan kerugian usaha soto. Dengan anda sudah menguasai hal tersebut, maka akan memudahkan anda dalam menyiapkan rencana memulai usaha warung soto. 



Makanan soto khas daerah indonesia – ada berbagai macam soto di berbagai daerah, di tiap tiap daerah rasa soto memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda akan tetapi rasa soto tetap sama enaknya. Ada soto madura, soto kudus, soto lamongan, soto betawi, soto lenthok, soto banjar, soto bandung, soto medan, soto padang. Semua soto memiliki karakter dan resep yang berbeda namun itulah keunggulan kuliner di indonesia dengan berbagai macam varian soto yang enak dan lezat.

Kali ini SiapaBisnis akan mengulas modal usaha warung soto dan tips cara memulainya.

Modal usaha warung soto
Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka warung soto tidak besar. Dan ada dapat menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. untuk konsep membuka usaha warung soto bisa dengan gerobak tenda, sewa tempat ruko, sewa stand atau membuka di rumah anda sendiri. Dengan anda menyewa tempat untuk usaha maka anda harus modal yang harus anda siapkan bertambah banyak. Untuk skala usaha kecil pada umumnya perkiraan total modal sekitar 5 jutaan, untuk skala menengah modal yang harus anda siapkan sekitar 10 jutaan. jumlah itu belum termasuk biaya sewa tempat. Semakin kualitas barang yang anda beli bagus maka semakin bertambah modal usaha anda. satu contoh membeli gerobak soto, anda bisa membeli gerobak soto yang sederhana dengan harga 1 jutaan, namun jika ingin lebih bagus dan sedikit besar anda bisa memesan gerobak soto sampai dengan harga 5 jutaan. 

Tips cara memulai usaha warung soto mulai dari persiapannya sampai pelaksanaannya.

Persiapan sebelum membuka usaha

Doa – segala sesuatu harus di awali dengan doa, tanpa hal tersebut saya yakin usaha anda akan sia sia dan kedepannya akan semakin banyak masalah yang di hadapi.

Niat – niat merupakan salah satu kunci penting setiap orang yang ingin menjadi warausaha. Jika niat anda hanya coba coba saya pastikan hasil usaha anda akan coba coba. Jika anda terjun dalam wirausaha, lakukan seratus persen kemampuan anda, maka hasilnya akan maksimal.

Menganalisis modal usaha yang akan dikeluarkan – persiapan lainnya adalah dengan menganalisis modal usaha yang akan anda keluarkan sebagai modal awal usaha, sebagai biaya operasional, sebagai biaya bahan baku dan biaya lain lain. Jika anda sudah dapat memprediksi modal usahanya, maka perjalanan anda dalam membuka usaha akan dapat berjalan lancar. Jangan sampai pas anda sudah membeli sebagian barang dan peralatan lainnya, ditengah proses tersebut modal anda tidak tercukupi dan akhirnya tidak bisa membuka usaha warung soto.

Memastikan resep makanan soto – anda harus memastikan resep soto yang akan menjadi produk utama anda. jangan sampai ada yang salah. Anda harus mencari banyak referensi lain resep resep soto sebagai bahan pertimbangan stratregi produk.

Mempersiapkan rencana tempat usaha – persiapan lainnya adalah dengan mempersiapkan rencana tempat usaha, dimana anda akan membuka usaha, apakah di rumah, apakah dengan tenda, apakah dengan menyewa tempat. anda harus memiliki gambaran tersebut sebelum anda terlanjur mengeluarkan dana untuk lokasi tempat usaha.

Mempersiapkan rencana membeli peralatan dan perlengkapan - persiapan lainnya adalah dengan rencana membeli peralatan dan perlengkapan. harus memiliki daftar yang peralatan dan perlengkapan apa saja yang akan dibeli.

Pelaksanaan

Mengeluarkan dana untuk modal awal – setelah semua persiapan terpenuhi, keluarkan dana untuk membeli bahan baku, membeli peralatan, untuk menyewa tempat dan lain lain.

Mencari supplier untuk bahan makanan – anda harus memiliki langganan toko sembako atau pedagang daging dan sayuran untuk mensupply bahan utama makanan soto. Itu dikarenakan agar anda mendapatkan harga yang lebih murah jika anda sudah menjadi pelanggan mereka.

Membagikan hasil masak soto kepada teman dan tetangga – jika resep soto sudah anda dapatkan. Segera untuk mencoba memasak soto dan bagikan ke beberapa teman atau tetangga untuk mencicipi makanan soto anda. jika mereka sudah puas dan cocok maka itu menjadi resep produk soto anda.

Merenovasi tempat usaha – proses pelaksanaan yang penting adalah dengan memrenovasi tempat usaha dan menjadikan usaha anda nyaman untuk berdagang dan pembeli merasa nyaman membeli di tempat anda.

Membeli peralatan dan perlengkapan – jika anda sudah memiliki daftar barang yang akan di beli. Segera membeli barang tersebut, salah satu yang memudahkan jika rencana anda sudah matang. 

Menentukan menu soto – buat daftar menu soto yang menarik dan dapat dilihat oleh pembeli.

Menentukan harga soto -  selain membuat daftarnya, anda juga membuat harga soto. Pastikan pada saat awal membuka adalah anda fokus untuk mencari pelanggan. Jika pelanggan anda sudah banyak maka keuntungan akan datang dengan sendirinya. Jangan menetapkan harga soto yang mahal pada saat awal buka.

Memasang spanduk  - yang terakhir adalah dengan memasang spanduk di warung anda, dengan begitu masyarakat anda melihat warung anda dan mengetahui bahwa terdapat usaha warung soto.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon