Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Senin, 24 April 2017

Modal Usaha Toko Obat Pertanian dan Tips Bisnisnya



Modal Usaha Toko Obat Pertanian dan Tips Bisnisnya – usaha yang sedang berkembang di daerah pedesaan adalah usaha toko obat pertanian. Usaha ini sangat menguntungkan karena obat pertanian sangat dibutuhkan oleh para petani dimana sebagian besar masyarakatnya bercocok tanam. Jika anda serius ingin menekuni usaha toko obat pertanian anda harus memahami pengetahuan tentang pertanian seperti analisa usaha, modal awal, biaya biaya operasional, pemasarannya baik secara online maupun secara penawaran langsung, anda juga harus mengetahui daftar perusahaan obat sebagai supplier anda dan juga distributor pupuk. Semua itu yang harus anda ketahui sebelum membuka usaha toko obat pertanian. 




Kali ini SiapaBisnis hanya mengulas tentang modal usaha toko obat pertanian dan beberapa tips bisnisnya.

Modal usaha
Salah satu yang paling penting untuk membuka usaha adalah anda harus mengetahui berapa perkiraan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha tersebut agar nantinya anda tidak kekurangan modal dalam perjalanannya. Modal sangat penting karena mempengaruhi besar tidaknya usaha anda. Untuk menentukan suatu modal tentu sangat relatif dan tergantung pada budget anda, target pembeli yang anda tuju, seberapa luas ruang usaha yang anda miliki. jika untuk ukuran modal kecil modal awal yang dibutuhkan sekitar Rp.10.000.000. Untuk ukuran usaha sedang atau modal sedang modal awal yang dibutuhkan sekitar Rp.25.000.000 dan untuk ukuran usaha besar atau modal besar modal awal yang dibutuhkan sekitar Rp.40.000.000. beberapa biaya yang harus anda keluarkan antara lain untuk membeli stok awal obat pertanian, pembuatan etalase, renovasi ruangan, pembelian rak, pemnbelian lemari, meja kursi, alat tulis, alat timbang, peralatan lain, selain itu juga untuk biaya operasional lainnya. Jika anda memulai usaha ini dengan budget yang kecil, jangan berkecil hati karena tetap saja usaha anda dapat laris dengan melakukan tips usaha yang tepat. Dan nantinya usaha anda akan berkembang menjadi besar.

Berikut adalah beberapa tips bisnis untuk usaha toko obat pertanian

Lokasi usaha
Yang pertama yang harus anda ketahui adalah tentang lokasi usaha. jika anda memiliki rumah kosong di desa, anda bisa memanfaatkan rumahtersebut untuk usaha ini. lokasi yang pas yaitu di daerah pedesaan. Usahakan jika lokasi berada di pinggir jalan dan memiliki akses yang mudah dilalui oelh kendaraan roda 2 dan roda 4.  Namun jika lokasi tersebut tidak berada di pinggir jalan tidak apa apa karena karakter masyarakat desa yang saling kenal biasanya jika ada yang membuka usaha pasti langsung tahu.

Produk usaha
Jika anda memulai usaha dengan modal kecil maka anda harus mengetahui produk produk obat yang paling laku dan paling di cari oleh para petani. Dengan modal anda, belilah obat yang paling laku tersebut agar perputaran modal anda tidak lama dan semakin bagus untuk usaha anda. namun jika anda memiliki modal yang besar, anda harus memiliki berbagai macam produk dan lebih lengkap dari toko obat pertanian yang lain. Hal itu untuk membuat image di masyarakat bahwa toko anda sangat lengkap.

Promosi
Promosi yang bisa anda lakukan dengan melalui pemasaran online dan penawaran langsung pada para petani. Dengan pemasaran online, anda bisa memulainya dengan membuat website atau blog. Dan untuk penawaran langsung, anda bisa melakukan penawaran langsung pada petani saat ada kegiatan di desa.

Harga
harga produk yang anda jual haruslah dengan harga yang kompetitif, kalau bisa di tempat anda lebih murah dari yang lain.  Harga sangat mempengaruhi ramai tidaknya usaha anda karena target pembeli anda adalah petani dimana para petani sangat peka terhadap perubahan harga obat.

Pelayanan
Layani pelanggan anda dengan baik, selalu menjalin komunikasi secara baik dan jangan menganggap bahwa pembeli hanya pelanggan saja akan tetapi pembeli adalah teman.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon