SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Rabu, 19 April 2017

Memulai Usaha Sosis Bakar dan Trik Jualannya



Memulai Usaha Sosis Bakar dan Trik Jualannya – artikel SiapaBisnis kali ini akan mengulas tentang seluk beluk usaha sosis bakar, mulai dari modal usaha sosis bakar, harga sosis bakar murah, memilih jualan sosis bakar di rumahan atau jualan keliling, aneka rasa sosis bakar beserta bumbu sosis bakar.

Salah satu usaha yang sekarang ini sedang ngetrend salah satunya adalah sosis bakar. Sosis bakar banyak dicari oleh banyak orang, kebanyakan yang menyukai sosis bakar adalah anak anak dan para remaja.anda bisa menjumpai usaha sosis bakar di berbagai tempat mulai dari sekolahan, area kampus, area tempat wisata, area tempat kuliner kota, di alun alun kota anda. usaha ini semakin lama semakin menjamur. Anda pasti menjumpai di area tempat nongkrong begitu banyak para pelaku usaha sosis bakar. usaha ini sangat populer dan ramai oleh pembeli karena sosis yang diolah, di masak dan dibumbui menjadi sangat enak dan lezat dan harga sosis bakar yang relatif murah menjadikan usaha ini diprediksi masih ramai oleh pembeli. Banyak pelaku usaha yang membuka usaha sosis bakar karena sangat mudah membuatnya dan modal yang dibutuhkan relatif kecil.

Memulai Usaha Sosis Bakar dan Trik Jualannya


SiapaBisnis akan mengulas cara memulai usaha sosis bakar dan sedikit trik jualan dari berbagai sudut pandang.

Modal usaha sosis bakar – salah satu alasan kenapa banyak sekali pelaku usaha yang membuka usaha sosis bakar adalah karena modal usahanya tergolong kecil. Modal yang dibutuhkan misalnya untuk membeli gerobak dorong atau gerobak motor harganya sekitar 4 jutaan. Membeli alat bakaran, anda bisa memilih alat bakar dengan arang atau dengan gas. Jika dengan arang harganya sekitar maksimal 100 ribu jika alat bakar dengan gas sekitar 1,4 jutaan. Membeli payung besar dengan harga 200 ribuan, membeli peralatan masak sekitar 500 ribuan dan peralatan lain lain.

Harga sosis bakar – kenapa sosis bakar sangat di sukai masyarakat karena harganya yang murah mulai dari Rp. 2.000 tergantung pada jenis sosis bakar. untuk sosis bakar berukuran jumbo biasa dijual mulai Rp.5.000. Walaupun harga sosis bakar murah namun kualitas rasa sosis bakar sangat enak dan lezat.

Cara jualan sosis bakar di rumah atau jualan keliling atau sewa stand – ada beberapa pilihan untuk menjual sosis bakat yaitu menjual di rumah, menjual dengan keliling atau sewa stan / sewa lapak. Semua pilihan tersebut semuanya cocok, tengantung pada konsep yang anda inginkan. Semuanya ada kelebihan dan kelemahan. Jika menjual di rumah sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Jika menjual dengan keliling cocok untuk anda yang suka mobilitas tinggi dan tidak suka duduk pada satu tempat. Jika anda memilih untuk buka stan atau buka lapak cocok bagi anda yang tidak suka mobilitas.

Aneka rasa sosis bakar – para pelaku usaha kuliner sangat kreatif dengan menciptakan aneka rasa sosis bakar mulai dari rasa barbeque, sapi panggang, pedas, manis, asin, super pedas, balado, dan rasa pelangi.

Bumbu sosis bakar – untuk membuat bumbu sosis bakar sangat mudah anda bisa membuat sendiri untuk rasa pedas, manis dan asin. untuk bumbu barbeque, balado, balado pedas manis, sapi panggang, pizza anda bisa membeli instan tanpa perlu membuat di toko bahan makanan yang bisa anda temukan di sekitar pasar tradisional.

Jenis jenis sosis bakar – jenis sosis sangat beragam dan banyak sekali merek merek yang bisa anda temukan. Mulai dari yang kualitas rendah sampai kualitas bagus..


Pengalaman Persiapan Awal Jualan Sosis Bakar di Kota Solo
Kali ini siapabisnis.com akan menceritakan hasil wawancara dengan pelaku usaha penjual sosis bakar di kota Surakarta atau biasa disebut kota Solo. Singkat cerita profil pelaku usaha: Nama panggilannya Aya, dia ingin sekali buka usaha namun masih belum tahu usaha apa yang bisa di kerjakannya. Sebelum ini kegiatan Aya bekerja di sebuah kantor sebuah perusahaan swasta. 

Mencari Ide Usaha
Langkah pertama yang dikakukan adalah berjalan jalan keliling kota setiap hari baik pagi, siang, sore maupun malam berkeliling agar mendapatkan inspirasi dan ide enaknya berjualan apa...

Dan akhirnya dari kegiatannya berkeliling kota, dia mendapat ide untuk berjualan sosis bakar. ide itu didapatkannya saat dia jalan jalan ke keraton dan alun alun kota Solo saat malam hari. dia melihat begitu banyaknya penjual sosis bakar yang ada di situ. Mungkin terdapat 50 an penjual sosis bakar yang mangkal disitu dan tetap saja ramai. 

Iseng iseng dia membeli sosis bakar yang ada di alun alun sambil menikmati keramaian alun alun kota Solo dan dia bertanya kepada penjualnya, “Mas, tiap hari jualan sosis ramai seperti ini ya?” (kebetulan saat membeli sedang ramai ramainya).

“ alhamdulillah Mas” kata di penjual tersebut. sambil wajahnya senyum.

Dan akhirnya Aya memutuskan untuk mencari tahu seluk beluk tentang usaha sosis bakar.

Cari Tahu lewat Google.com
Setelah itu, mulailah searching Google.com tentang seluk beluk sosis bakar mulai dari analisa usahanya, modalnya, risikonya, cara membuat sosis bakarnya, peralatan dan perlengkapannya. Mungkin perlu 2 mingguan mencari tahu hal tersebut. secara lengkap dan terperinci.

Cari Supplier Sosis yang Lengkap
Setelah itu, Aya berkeliling dan tanya ke sana ke sini untuk mecari tahu supplier sosis yang lengkap. Dengan merek sosis yang banyak dan berbeda, maka dapat memilih sosis yang cocok untuk dijual.

Mulai Eksperimen Resep
Setelah itu, Aya mulai bereksperimen untuk membuat sosis bakar yang enak dan hasilnya enak apa tidak dinilai oleh keluarga, teman dekat, atau tetangga.  Alat alat untuk membuatnya dengan memanfaatkan peralatan yang ada di rumahnya. Sosis bakar buatannya dikasih ke tetangga secara gratis dan minta pendapatnya. Beberapa kali gagal namun dengan beberapa kali uji coba tersebut mendapatkan resep yang pas dan cocok dilidah orang lain (layak di jual).

Siapkan dan Cek Modal Usaha
Setelah ok, Aya mulai menyiapkan modal untuk keperluan membeli peralatan dan perlengkapan untuk usaha sosis bakar. Memastikan bahwa modal usaha tidak kurang, jika kekurangan modal maka bisa berakibat gagal buka usaha bahkan rugi karena sudah terlanjur membeli peralatan dan perlengkapan.

Buat Daftar Peralatan dan Perlengkapan yang akan Dibeli
Setelah itu, buat daftar yang akan dibelidi sertai jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Dengan begitu maka tidak akan terlewat saat membeli. jika terlewat maka akan bolak balik sehingga boros bensin dan waktu terbuang sia sia.

Beli peralatan dan perlengkapan di sedikit tempat
Selanjutnya adalah membeli peralatan dan perlengkapan di satu dua tempat saja. jika di berbagai tempat maka tidak efektif dan boros biaya bensin. 

Pastikan tempat usaha yang sudah di incar dan sebelumnya sudah disurvey terlebih dahulu
Selanjutnya adalah ijin ke pengelola alun alun untuk berjualan di sana.

Setelah itu besoknya sudah mulai bisa jualan.
 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon