SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---

Jumat, 28 April 2017

Membuka Usaha dan Cara Memasarkan Keripik Singkong Rumahan



Membuka Usaha dan Cara Memasarkan Keripik Singkong Rumahan – kali ini SiapaBisnis akan mengulas tentang cara membuka atau cara memulai usaha keripik singkong rumahan dan cara memasarkannya. Siapa yang tidak mengenal keripik singkong, keripik singkong merupakan makanan cemilan yang berbahan baku utama keripik. Cemilan ini sangat disukai karena rasa yang enak, gurih dan renyah. Biasanya cemilan disajikan atau dimakan saat sedang bekerja, sambil nonton televisi, menonton film, makan sambil belajar, sambil mengobrol bersama teman, saudara. 

Membuka Usaha dan Cara Memasarkan Keripik Singkong Rumahan


Prospek usaha – usaha keripik singkong sangat menjanjikan karena banyak yang menyukai cemilan ini, penmintaan akan keripik singkong meningkat setiap tahunnya. Keripik singkong biasanya banyak di temui di toko oleh oleh atau media sosial. Jika anda pernah berbelanja di toko oleh oleh, maka yang paling menarik perhatian selama di toko tersebut pasti keripik singkong, begitupun juga pembeli yang lain. 

Untuk membuka usaha ini sangat mudah karena cukup dengan memproduksi keripik singkong yang rasanya enak, gurih dan renyah dengan berbagai rasa. Jika anda belum bisa membuat, anda bisa belajar resep melalui internet youtube lalu belajar membuat sendiri sampai mendapatkan rasa yang pas. Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini sangat kecil dan dapat disesuaikan dengan budget anda.

Menciptakan produk – yang dibutuhkan agar anda berhasil dalam usaha keripik singkong rumahan adalah mampu menciptakan produk sendiri yang memiliki cita rasa tersendiri dibandingkan dengan produk keripik singkong yang lain. Usaha kuliner atau usaha makanan yang terspenting adalah rasa. Jika rasa produk anda enak dan mampu membuat pembeli ketagihan maka pastinya usaha anda akan berhasil. 

Mensurvey pasar – anda harus selalui melakukan survey pasar, apa yang disukai oleh masyarakat sekarang ini. anda bisa bertanya di toko oleh oleh tentang produk yang paling laris di toko mereka, selain itu anda juga harus tahu produk keripik mana yang paling laris, apakah keripik anda atau keripik orang lain. Jika yang paling laris keripik singkong orang lain maka anda harus segera mengevaluasi strategi dan rasa produk anda, baik dari kemasannya, harga keripik singkong maupun rasa keripik singkong. 

cara memasarkan keripik singkong rumahan
Ada banyak cara untuk memasarkan keripik singkong. Jika anda memproduksi keripik singkong di rumah maka anda tidak memiliki toko untuk menjual secara langsung. Memang tempat usaha sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Dengan memiliki tempat strategis maka tempat itu akan dilihat banyak orang dan dikenal banyak orang, dan jika begitu maka akan semakin besar potensi untuk terjadi transaksi penjualan. 

Berikut adalah beberapa cara untuk memasarkan keripik singkong rumahan.

Media sosial – cara yang paling mudah, murah dan efektif adalah dengan melalui media sosial. cara ini tergolong sangat ampuh dan efektif untuk mempromosikan produk singkong keju. Sekarang sebagian besar masyarakat kita menggunakan media sosial baik itu untuk hiburan, membantu pekerjaan, untuk komunikasi, untuk promosi dan lain lain. 

Dengan melalui media sosial maka dapat menjangkau masyarakat di berbagai daerah. Beberapa jenis media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana mempromosikan produk keripik singkong seperti instagram, facebook, path. Anda bisa memprosting setiap hari produk anda di media sosial tanpa mengganggu kenyamanan orang lain. Karena biasanya banyak penawaran produk yang sangat menggangu kenyamanan si pengguna sehingga bukannya membeli tetapi akhirnya jadi membenci.

Menitipkan di toko sekitar – cara yang lain adalah dengan menitipkan produk anda ke toko toko sekitar dengan sistem bagi hasil. Dengan begitu toko oleh oleh tersebut tidak akan rugi dan menciptakan win win solution. Itu adalah alternatif jika anda tidak memiliki tempat penjualan sendiri.


Pentingnya perencanaan


Strategi dan perencanaan diperlukan untuk mendukung aktifitas usaha ini. 

ada pertanyaan, “apakah jika kita membuat perencanaan yang matang sudah pasti dapat membuat usaha keripik singkong dapat berkembang pesat???” belum tentu. Hal itu dikarenakan untuk mengembangkan suatu usaha bukan hanya perencanaan saja namun juga ada faktor faktor lain.

Jika ada pernyataan “Lah, terus jika begitu tidak usah membuat perencanaan saja jika tidak menjamin usaha berhasil”. 

Membuat perencanaan saja belum tentu suatu usaha berhasil atau tidak apalagi jika tidak membuat perencanaan sama sekali!!!

Perencanaan dapat meningkatkan persentase keberhasilan usaha dan juga dapat memperkecil masalah dan mengantisipasi masalah yang dihadapi.

Perkuat manajemen pemasarannya!!!

Seperti apa caranya???

Buat branding atau image yang kuat dengan menonjolkan keunikan pada produk keripik singkong. Misalnya dengan membuat kemasan yang unik sehingga calon pembeli atau pembeli tertarik untuk membeli keripik singkong buatan anda. kemasan sangat menentukan karena hal yang pertama dilihat dari calon pembeli adalah kemasan. Untuk membuat kemasan perhatikan warna kemasan, bentuk kemasan, tulisan pada kemasan.

Selain pada kemasan tonjolkan keunikan dari keripik singkongnya. Mulai dari besar kecilnya keripik tersebut, tipis atau tebal keripik singkong. Rasa keripik singkong dan lain lain.

Nah dari situ akan membentuk image yang kuat pada produk anda.

Buat sistem pemasaran modern, seperti dengan menggunakan reseller atau droppshiper. Baru baru ini sistem tersebut sedang booming (banyak dipakai oleh banyak pelaku usaha).


Apa itu reseller???

Kita pasti sering mendengar reseller namun tidak tahu arti dari reseller. Reseller merupakan aktivitas atau kegiatan menjual kembali produk yang sudah kita beli sebelumnya.

Reseller merupakan sistem pemasaran baru yang akhir akhir ini populer digunakan oleh pelaku bisnis.  Dengan adanya reseller, pelaku usaha mampu mendapatkan keuntungan besar dengan biaya yang kecil. 

Nah jika anda sebagai pelaku usaha keripik singkong rumahan, dan anda menerapkan sistem reseller. Terdapat keuntungan jika menggunakan sistem ini

1. Memangkas biaya karyawan marketing
Secara umum untuk memasarkan sebuah produk, kita mau tidak mau harus merekrut karyawan marketing untuk mensupport pemasaran produk kita. dengan adanya reseller ini, kita bisa memangkas biaya untuk gaji karyawan marketing. Misal harusnya butuh 5 marketing bisa ditekan menjadi 2 marketing. Sangat berpengaruh.

2. Banyak relasi
Dengan adanya sistem ini akan bertambah relasi kita. reseller merupakan mitra kerja, bukan bawahan. Dengan adanya reseller, relasi mitra kerja kita tidak hanya terbatas pada 1 atau dua orang namun sampai puluhan orang bahkan ratusan orang. Semakin banyak orang yang menjadi reseller maka akan semakin baik.


Apa itu dropshipper??
Sistem Dropship merupakan sistem penjualan online dimana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Dalam melakukan aktivitasnya, penjual hanya memajang foto foto barang dagangan melalui online. Lalu untuk transaksinya pembeli hanya memberikan nama, alamat, pesanan serta nomor telepon disertai pembayaran barang pada supplier.

Perbedaannya dengan reseller adalah jika reseller itu harus melakukan stok barang, sedangkan dropshiper tidak melakukan stok barang.

Keuntungan pelaku usaha keripik menggunakan sistem dropshiper ini:

1. menambah relasi mitra dopshiper
Jika reseller dapat menambah relasi, begitu juga dengan sistem dropshiper lebih banyak relasi masuk sebagai mitra usaha.

2. menekan biaya promosi
Sistem dropshiper pada dasarnya adalah orang lain mempromosikan produk kita ke masyarakat umum. Sehingga kita sebagai pelaku usaha keripik singkong tidak perlu melakukan promosi yang berlebihan.
 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon