Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Rabu, 05 April 2017

Jika Anda Sudah Jadi Atasan, Anda Harus Mengerti Pembentukan Perilaku



Teori pengharapan
Teori pengharapan menyatakan bahwa perilaku kerja karyawan dapat dijelaskan dengan kenyataan : para karyawan menentukan terlebih dahulu apa perilaku mereka yang dapat dijalankan dan nilai yang diperkirakan sebagai hasil-hasil alternatif dari perilakunya.
Menurut Victor Vromm, dikenal sebagai teori nilai pengharapan Vroom, orang dimotivasi untuk bekerja bila mereka
Mengharapkan usaha-usaha yang ditingkatkan akan mengarahkan ke balas jasa tertentu dan menilai balas jasa sebagai hasil dari usaha mereka.


Pembentukan perilaku


Perilaku (tanggapan) individu terhadap suatu situasi atau kejadian (stimulus) adalah penyebab konsekuaensi tertentu. Bila konsekuensi positif, individu akan memberikan tanggapan sama terhadap situasi yang sama, tetapi bila konsekuensi tidak menyenangkan individu akan cenderung merubah perilakunya untuk menghindarkan dari konsekuensi tersebut.
Ada empat teknik yang dapat dipergunakan manajer untuk mengubah perilaku bawahan
1.      Penguatan positif
Seperti penghargaan berwujud hadiah, promosi dan uang
2.      Penguatan negatif
Mempelajari perilaku yang membawa konsekuensi tidak menyenangkan dan kemudian menghindari perilaku tersebut dimasa mendatang
3.      Pemadaman
Peniadaan penguatan
4.      Hukuman
Mengubah perilaku bawahan yang tidak tepat dengan pemberian konsekuensi negatif
W.clay Hammer, mengidentifikasikan 6 pedoman penggunaan teknik pembentukan perilaku atau disebut teori belajar
1.      Jangan memberikan penghargaan yang sama kepada semua orang
2.      Perhatikan bahwa kegagaln untuk memberi tanggapan dapat juga mengubah perilaku
3.     Beritahu karyawan tentang apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan penghargaan
4.      Beri tahu karyawan tentang apa yang dilakukan secara salah
5.      Jangan memberi hukuman didepan karyawan lain
6.      Bertindaklah adil

Teori porte-lawler
Nilai pengharapan yang diharapkan karyawan dikombinasikan dengan persepsi orang tersebut tentang usaha yang mencakup dan probabilitas dari pencapaian penghargaan untuk menyebabkan suatu tingkat usaha tertentu yang dikombinasikan dengan kemampuan, sifat-sifat karyawan dan persepsinya mengenai kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat prestasi yang diperlukan untuk menerima penghargaan intrinsik yang melekat pada penyelesaian tugas dan penghargaan ekstrinsik dari manajemen bagi pencapaian prestasi yang diinginkan.

Teori Keadilan
Teori keadilan teori ini mengemukakan bahwa orang akan selalu cenderung membandingkan antara masukan-masukan yang mereka berikan pada pekerjaannya dalam bentuk pendidikan, pengalaman, latihan dan usaha dengan hasil-hasil yang mereka terima.

 Motivasi adalah lebih dari sekedar teknik teknik
Manajer yang dapat melihat motivasi sebagai sistim, yang mencakup sifat-sifat individu, pekerjaan dan situasi kerja dan memahami hubungan insentif, motivasi dan produkivitas  mereka akan mampu memperkirakan perilaku bawahan. Hanya manajer yang mengetahui hal ini dan mengetahui bagaimana menerapkannya dapat mengharapkan realisasi peningkatan produktifitas dari para karyawan.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon