Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Jumat, 14 April 2017

Jenis Pakan Atau Makanan Untuk Usaha Budidaya Ikan Nila



Jenis Pakan Atau Makanan Untuk Usaha Budidaya Ikan Nila – kali ini saya akan membahas usaha budidaya ikan nila dengan mengupas jenis pakan atau makananya dan berapa harga pakannya. Seperti yang anda ketahui, jika ikan nila merupakan jenis ikan omnivora yaitu memakan segala jenis makanan.  untuk makanan ikan nila ada yang berupa makanan organik / alami, dan juga pakan tambahan. Untuk masa menjadi benih, ikan nila memakan zooplankton dan setelah lebih besar sedikit memakan larva chironomus, cacing oligochaeta, moluska dan tubifex. 




Pemberian pakan sangat penting dilakukan karena ikan harus memiliki sumer energi dan pemeliharaan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan ikan nila. Untuk itu anda harus mencari alternatif pakan atau makanan ikan nila yang murah yang berkualitas dan sangat mudah didapatkan.

Berikut adalah jenis pakan alternatif tambahan untuk ikan nila.
jika anda ingin mengembangkan usaha ikan nila, anda harus tahu jenis pakan ikan nila yaitu makanan pokok seperti pelet ikan tipe 781 –Sp, 781 -2, 781, serta tipe FF999 dan pakan alternatif lain. Untuk pemberian pakan alternatif lain biasanya diberikan setelah ikan nila berumur 1 bulan dari larva. Jika belum cukup umur ikan tersebut tidak bisa memakannya.

Cara pemberian pakan ikan nila – cara memberi pakannya sangat mudah yaitu cukup disebarkan di kolam secara rata di permukaan kolam. Agar ikan nila tidak berebut pakan.

Beberapa pakan tambahan untuk ikan nila

Azzola
Azzola bisa digunakan sebagai pakan tambahan. Tumbuhan ini digunakan sebagai pakan tambahan benih ikan nila, dengan menggunakan pakan ini dapat menekan biaya pakan sampai 20% .

Ampas kelapa
Salah satu yang bisa anda gunakan sebagai pakan tambahan adalah dengan memberi ampas kelapa. Pemeberian ampas kelapa sangat bagus karena pakan ini mengandung nutrisi dasar protein yang tinggi. Anda bisa dengan mudah mendapatkan pakan ini karena ampas kelapa merupakan jenis limbah rumah tangga dan harga pakan ini sangat murah. Pemberian ampas kelapa dapat juga dicampur pada saat membuat pelet atau anda bisa menebar secara langsung atau anda simpan dahulu sampai terfermentasi.

Daun dan sayur sayuran
Pakan tambahan untuk ikan nila yang lain adalah daun atau sayur seperti kangkung, sawi, bayam, kol  yang di lembutkan adar bisa dimakan oleh ikan nila. Anda bisa dengan mudah mendapatkan pakan tambahan ini karena daun dan sayur sayuran digunakan sehari hari oleh rumah tangga. Selain itu biaya nya sangat murah.

Roti yang kedaluarsa
Anda bisa memanfaatkan roti yang kedaluarsa untuk pakan tambahan ikan nila. Makanan ini adalah sisa limbah rumah makan dan juga rumah tangga. Namun anda harus berhati hati dalam memberi makan roti kedaluarsa. Pemberian pakan ini harus dalam kondisi air mengalir karena dalam kandungan roti tersebut terdapat minyak. 

Memberi suplemen untuk ikan nila
Selain memberi pakan utama, pakan tambahan, anda juga harus memberi suplemen untuk ikan nila. Suplemen yang bisa anda gunakan adalah gula, susu, atau madu yang dicampurkan pada pelet.

Jadwal pemberian makan ikan nila.
Untuk pemberian makan ikan nila setidaknya dilakukan 3 kali sehari yaitu pada pagi hari, sore hari dan malam hari. hal itu dilakukan agar bobot ikan semakin besar.

Pemberian jumlah pakan ikan nila
Dalam memberi pakan, standarnya adalah tidak boleh kurang dari 5% berat tubuh ikan, jangan sampai kurang dan jangan sampai berlebihan.

 Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai jenis pakan atau makanan untuk usaha budidaya ikan nila. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon