Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Jumat, 07 April 2017

Cara Memulai Usaha Bengkel Motor




Cara Memulai Usaha Bengkel Motor - Jika anda melihat pertumbuhan kendaraan bermotor di indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup besar. Banyak masyarakat indonesia sebagian besar menggunakan kendaraan motor untuk menunjang aktivitas sehari harinya dan aktivitas kerja dibandingkan dengan kendaraan mobil atau kendaraan umum, hal itu dikarenakan menggunakan motor lebih cepat, lebih gesit khususnya berada di jalan yang macet. Jika dahulu masyarakat sangat susah membeli motor namun sekarang masyarakat dengan mudah membeli motor dengan cara kredit bahkan hanya dengan uang muka sekitar tujuh ratus ribuan. Dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor maka dapat anda jadikan sebuah peluang usaha. usaha bengkel motor sangat menjanjikan karena motor membutuhkan perawatan berkala tiap satu bulan apakah hanya ganti olei, ganti aki, service ringan, service sedang atau service berat. Jika anda memliki modal yang besar anda juga bisa membuka usaha bengkel motor dan ditambah dengan sparepart dan dengan begitu keuntungan yang anda dapatkan akan semakin besar. Jika untuk awal mulanya anda tidak ingin ribet membuka usaha, karena alasan waktu, pengetahuan membuka usaha yang kurang, tidak mengetahui peralatan dan perlengkapan yang harus di beli untuk mendukung usaha bengkel motor, anda bisa melakukan pendekatan membuka usaha bengkel motor dengan cara waralaba. Dengan sistem waralaba maka anda tidak perlu pusing mengatur, memajemen usaha, dan memanage keuangan dan penjualan karena sudah ada dalam sistem waralaba. Dengan sistem waralaba, anda hanya menyediakan modal yang telah ditentukan.




Peluang usaha bengkel motor -  usaha bengkel motor masih sangat menjanjikan karena setiap tahun hampir dipastikan kendaraan bermotor akan semakin banyak. Penjualan dealer motor tiap bulan bahan bisa 200 sampai 300 unit perbulan. Dan anda bisa membayangkan jika ada 10 dealer motor di kota anda. bisa samapi 3000 unit perbulan. Walaupun banyak sekali para pelaku usaha yang membuka usaha bengkel motor, namun tetap saja itu tidak mencukupi kebutuhan pasar akan service motor.


Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membuka usaha bengkel motor.


Skema usaha bengkel motor - yang pertama kali harus anda lakukan adalah menentukan skema atau konsep usaha yang akan anda jalankan. Apakah anda akan membuka usaha bengkel motor dari nol dari mulai membeli peralatan dan perlengkapan, dari merenovasi tempat usaha, melakukan perekrutan sdm. Atau anda ingin membeli waralaba saja sehingga anda tidak perlu repot repot memilikirkan barang barang yang akan dipersiapkan.


Target pasar atau target konsumen – dengan menentukan skema usaha yang akan di jalankan, itu akan berkaitan dengan target pasar atau target konsumen yang dituju. Apakah menjurus kalangan menengah atas atau kalangan menengah bawah. Untuk membuka usaha bengkel motor dengan waralaba pastinya akan membuat biaya membengkak dan akan mempengaruhi tarif service.


Modal usaha bengkel motor -  salah satu faktor yang penting adalah modal usaha. modal usaha akan menentukan golongan usaha anda. apakah usaha bengkel anda kategori bengkel besar, sedang atau kecil. Anda bisa saja membuka usaha bengkel motor dengan modal lima belas jutaan tapi usaha anda termasuk merupakan usaha bengkel kecil. Akan tetapi yang terpenting dari usaha bengkel motor adalah keahlian dalam service motor dan memperbaiki motor. Jika anda memiliki keahlian tersebut pasti usaha anda akan semakin lama semkin berkembang.


Tempat usaha – tempat usaha bengkel motor juga sangat menentukan untuk perkembangan usaha bengkel motor. Carilah tempat atau lokasi yang strategis dan bisa dengan mudah dijangkau oleh masyarakat dan juga banyak dilalui oleh kendaraan sepeda motor.


Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai cara memulai atau membuka usaha bengkel motor semoga artikel saya bagi ini bermanfaat untuk anda.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon