Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 19 April 2017

Cara Memulai Usaha Bakso dan Modal Usahanya



Cara Memulai Usaha Bakso dan Modal Usahanya – siapa yang tidak kenal bakso, makanan paling populer di indonesia dimana hampir setiap daerah mengenal makanan bakso. Jika anda ke kuar kota pastinya akan menemukan usaha bakso baik itu di pinggir jalan maupun di pusat perbelanjaan. Dalam artikel ini akan di bahas tentang prospek usaha, perlengkapan dan peralatan, desain tempat jualan, rincian modal usaha, omset jualan bakso dan tips bisnis yang lain.

Prospek usaha bakso – sering kali ada pertanyaan, usaha bakso sudah sangat banyak tapi kenapa masih banyak yang ingin membuka usaha bakso? Di situlah keunikan usaha ini. walaupun usaha bakso sudah banyak namun tetap saja banyak pelaku usaha yang ingin membuka usaha bakso. Hal itu dikarenakan makanan bakso permintaannya sangat banyak. Makanan bakso sangat disukai berbagai kalangan baik mulai dari anak anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Dengan rasa yang enak dan lezat membuat pembeli merasa ketagihan makan bakso.


 
Perlengkapan dan peralatan bakso – tentunya anda harus mempersiapkan dan membeli peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti gerobak berkisar antara 4 jutaan, peralatan memasak sekitar 1,5 jutaan, peralatan makan sekitar 1 jutaan, meja dan kursi sekitar 2 jutaan dan peralatan lainnya. Untuk biaya peralatan dapat disesuaikan dengan konsep usaha anda dan juga anda dapat memilih barang dengan kualitas rendah dan kualitas bagus.

Desain tempat jualan bakso -  ada yang berpendapat bahwa tempat untuk jualan bakso harus didesain bagus namun ada yang berpendapat tidak perlu desain bagus yang penting tempatnya bersih dan rapi. Memang kedua pendapat tersebut benar. Itu kembali lagi tergantung pada konsep usaha anda dan juga lokasi anda berjualan.  Jika anda berjualan di mall atau pusat perbelanjaan pastinya tempat anda harus di desain semenarik mungkin agar pengunjung tertarik membeli. Jika berjualan di pinggir jalan dengan tempat tenda mungkin tidak harus desain tempat tersebut. yang paling mudah untuk mempercantik tempat usaha anda adalah dengan membuat spanduk yang menarik. Anda bisa memesannya dipercetakan atau di jasa buat spanduk. Harga bahan spanduk juga cukup murah mulai dari 15 ribuan per meter.

Rincian modal usaha bakso – sebelum membuka usaha bakso anda setidaknya memiliki bayangan berapa sih modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha. Modal usaha untuk pembelian perlengkapan dan peralatan sudah saya ulas di atas. Anda harus menambah modal usaha untuk biaya operasional seperti bahan baku bakso, biaya transport, biaya gas, biaya listrik, air dan lain lain. Anda menyiapkan sekitar 1 juta untuk biaya tidak tetap / biaya variabel. Selain itu anda harus menyiapkan dana tambahan untuk dana operasional cadangan selama 3 bulan yaitu sekitar 3 bulan.

Omset jualan bakso – salah satu kenapa usaha bakso sangat di minati para pelaku usaha karena usaha bakso mendatangkan keuntungan yang besar. Mungkin saya bisa menjelaskan dengan ilustrasi omset perbulan. Jika penjualan bakso perhari adalah 70 orang, harga per porsi bakso Rp.12.000. maka penjualan perbulan adalah 70  x Rp.12.000 x 30 hari = Rp.25.200.000. anda bisa membayangkan besarnya omset penjualan bakso. Itulah kenapa para pelaku usaha ingin membuka usaha bakso walaupun usaha bakso sudah banyak.

Tips bisnis usaha lainnya – beberapa tips bisnis yang lain adalah konsistensi, sabar dan selalu jaga mutu. Kunci usaha kuliner adalah anda harus konsisten, walaupun beberapa hari atau pada saat awal buka usaha pembelinya sedikit namun anda harus konsisten buka. Selain konsisten, anda juga harus bersabar, jangan mengharapkan usaha anda bisa langsung ramai pembeli. Jika anda melihaat banyak usaha yang sukses ternyata mereka sudah jualan berpuluh puluh tahun. Satu lagi adalah jaga mutu, usaha anda adalah menjual makanan, sajikan makanan yang bermutu baik dengan rasa yang tidak berubah ubah.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon