Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Minggu, 30 April 2017

Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Untuk Usaha



Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Untuk Usaha – kali ini SiapaBisnis akan mengulas tentang budidaya udang galah baik dari cara budidayanya, pembuatan kolam, memilih bibit udang, mengelola suhu kolam, memberi pakan udang, menjaga udang agar terbebas dari penyakit, panen udang. Seperti yang anda ketahui bahwa usaha budidaya udang galah memiliki potensi bisnis yang menjanjikan dengan potensi keuntungan yang besar dan berkali kali lipat. Usaha budidaya ini jga merupakan komoditas air tawar yang dapat di ekspor hingga ke luar negeri dan juga dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Banyak negera yang membutuhkan udang galah seperti jepang, cina, korea dan lain lain. Jika anda menggeluti usaha ini, anda juga harus mengetahui cara budidayanya di kolam kolam terpal, kolam aquarium, kolam beton. Anda juga harus selalu mengupdate harga bibit udang galah. Dalam mengembangkan usaha ini anda bisa memanfaatkan halaman rumah anda jika luasnya mencukupi atau anda memiliki lahan lain dimana memiliki air yang cukup untuk mensupply pengairan kolam.



Kali ini SiapaBisnis akan mengulas cara budaya udang galah untuk usaha :

Pembuatan kolam
Langkah pertama, anda harus mempersiapkan pembuatan kolam. Anda bisa mencoba membuat kolam terpal dengan ketinggian sampai 700 meter. Dan untuk debit air kolam sekitar 0,5 sampai 1 liter /detik dimana luas kolamnya 300 sampai 1000 m3. Pada kolam terpal, anda harus memperhatikan kualitas air dimana kolam tersebut masih dapat menerima sinar matahari, air kolam memiliki kandungan oksigen sebesar 5 sampai 7 ppm. Memiliki kandungan mineral cukup, temperatur cukup agar udang galah dapat hidup dengan sehat.

Menebar benih
Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penebaran benih udang galah dengan ukuran tokolan pupaya lebih tahan lama. untuk penebaran sistem pemeliharaan tunggal sekitar 5 sampai 10 ekor per kolam dengan ukuran udang sekitar 3 sampai 5 cm. 

Memberi pakan udang
Langkah selanjutnya adalah dengan memberi pakan udang galah. Anda harus memberi pakan yang berkualitas karena pemberian pakan dapat mempengaruhi hasil panen udang galah. Udang galah biasa di beri makan tambahan berbentk pellet (25 persen protein) dengan jumlah pakan sekitar 5 persen dari berat keseluruhan populasi udang. Dan untuk pemberian pakan biasanya 2 kali dalam sehari yaitu pada waktu sore dan malam hari.

Menjaga agar udang terbebas dari penyakit
Langkah selanjutnya adalah dengan menjaga udang agar terbebas dari penyakit seperti dengan mengamati secara langsung kasat mata dengan memeriksa apakah ada gejala serta memperhatikan bentuk dan gerakan udang. Dengan mengambil sampel dan diuji secara mikroskopik. Dengan mengamati secara mikroskopik di laboratorium apakah udang terdapat jamur, virus, parasit atau penyakit lain.

Panen udang galah
Langkah selanjutnya adalah proses panen udang galah. Biasanya budidaya ini siap untuk dipanen sekitar 5 sampai 6 bulan pada saat panen pertama. Dan dalam satu tahun udang dapat dipanen sebanyak 5 kali. Biasanya memang untuk panen pertama hasilnya lebih sedikit, selanjutnya hasil lebih banyak pada panen kedua. Untuk bobot udang yang siap panen dan siap jual ukurannya antara 20 sampai 25 gram per ekornya. Semakin berat dab besar udang galah maka semakin tinggi harga jualnya.

Demikian ulasan mengenai cara budidaya udang galah untuk usaha, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon