Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Kamis, 20 April 2017

Cara Budidaya Jamur Tiram di Daerah Panas dan Prospek Usahanya



Cara Budidaya Jamur Tiram di Daerah Panas dan prospek Usahanya – kali ini SiapaBisnis akan mengulas tentang bagaimana cara budidaya jamur tiram jika berada di daerah yang panas. Usaha jamur tiram sampai sekarang masih memiliki prospek usaha yang sangat menjanjikan karena dari tahun ketahun kebutuhan akan jamur tiram semakin meningkat. Penggunaan jamur tiram untuk bahan baku makanan. 

Prospek Usaha budidaya jamur tiram – seperti yang anda ketahui pada umumnya bahwa jika anda membeli makanan jamur tiram, harganya pasti sangat mahal. Bahkan harga makanan berbahan baku jamur tiram bisa seharga makanan berbahan baku daging. Jika anda melihat celah tersebut anda dapat menelisik peluang usaha ini. Budidaya jamur tiram sangat mudah dan dapat anda pelajari dari google atau youtube, anda juga bisa mempelajari dengan mengikuti pelatihan usaha budidaya jamur tiram. Setiap tahun, permintaan jamur tiram semakin banyak apalagi jumlah pelaku usaha yang menggeluti usaha budidaya ini tergolong masih sedikit. 



Jika anda ingin membudidayakan jamur tiram dan lokasi anda kebetulan berada di daerah panas, anda harus mengetahui caranya agar usaha anda tidak sia sia. Anda harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi jamur tiram agar bisa tumbuh dengan baik dan optimal.

Berikut adalah cara untuk membudidayakan jamur tiram di daerah panas

Membuat bangunan kumbung – langkah pertama adalah dengan membuat bangunan kumbung yang memiliki sirkulasi buka tutup. Jika area anda berada di daerah panas, pada saat siang hari sirkulasi usaha di dalam kumbung di tutup agar kelembaban terjaga. Pada saat malam hari sirkulasi udara dibuka kembali agar pada saat malam suhu udara biasanya lebih dingin.

Memasang atap yang tidak menyerap panas – atap anda harus dipasangi bahan yang tidak menyerap panas.  Hal itu sangat penting agar panas matahari yang masuk ke dalam bangunan tidak berlebih. Anda bisa menggunakan genteng atau bambu pada atap anda.

Meletakkan tong air – langkah selanjutnya adalah dengan menaruh atau meletakkan tong yang berisi air di dalam bangunan agar terjaga suhu di dalam ruangan tetap rendah dan tetap lembab. Selain tong, anda juga bisa menggunakan wadah lain, seperti ember besar, busa yang berisi air.

Dekat dengan pepohonan – cara alami agar menjaga agar tempat tidak panas adalah dengan membuat bangunan kumbung berada di dekat pepohonan yang teduh. Biasanya berada di dekat pepohonan daerah sekitar akan menjadi sedikit sejuk dan tidak panas.

Membuat sirkulasi udara – anda harus memperhatikan sirkulasi udara di dalam bangunan. Biasanya dibuat lebih tinggi maksimal 4 meter.

Menanam tanaman di sekitar kumbung – cara lain adalah dengan menanam berbagai tanaman di sekitar bangunan agar lebih sejuk. Untuk mengurangi hawa panas matahari.

Cara membuat rak khusus – anda harus memperhatikan pembuatan raknya. Jika di daerah sejuk anda bisa membuat rak jamur sampai 5 tingkat. Namun jika anda berada di daerah panas, anda hanya bisa membuat rak jamur maksimal 3 tingkat.

Cara penyiraman baglog – jika anda berada di daerah sejuk, anda bisa menyiram baglog jamur 1 sampai 2 kali sehari, namun jika anda berada di daerah panas anda harus menyiram baglog jamur minimal 3 kali dalam satu hari.

Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai cara budidaya jamur tiram didaerah panas dan prospek usahanya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon