Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 621, Pengunjung bulan lalu: 14.714

Minggu, 16 April 2017

Cara Budidaya Jamur Merang Untuk Usaha



Cara Budidaya Jamur Merang Untuk Usaha – ada banyak jenis jamur yang bisa dimanfaatkan untuk membuka atau memulai usaha. Salah satu usaha budidaya yang menjanjika adalah usaha budidaya jamur merang. Budidaya jamur merang sangat sederhana, anda bisa menggunakan media pasteurisasi, media serbuk kayu gergaji. Jika anda benar benar serius untuk terjun dalam usaha jamur merang, anda harus tahu cara budidaya jamur merang, manfaat jamur merang, harga jamur merang, analisa dan modal usaha jamur merang.

Iklim Jamur merang - Yang sering diketahui oleh banyak masyarakat adalah jamur tiram, tentunya jamur merang berbeda dengan jamur tiram. Jika jamur merang cocok di daratan rendah dan suhu udara yang tinggi, jamur tiram cocok jika di budidayakan di daerah iklim yang sejuk.  Jamur merang merupakan salah satu jamur pangan yang beriklim tropis atau subtropis.


Media tanam jamur merang -  ada banyak cara atau media tanam pada jamur merang, biasanya yang digunakan adalah kardus, kapas, jerami, dan media tanam lainnya. 



Cara budidaya jamur merang

Dengan menyiapkan lingkungan tanam jamur merang
Anda harus menyiapkan lingkungan tanamnya agar dapat tumbuh dengan sempurna. Yang perlu anda ketahui jamur merang tumbuh pada suhu 29 sampai 33 derajat celcius, berada di kelembaban antara 60 sampai 85 persen, Ph tanah sekitar 6,9.

Dengan menyiapkan media tanam untuk jamur merang
Khusus untuk jamur merang dibutuhkan media khusus agar dapat tumbuh. Anda bisa membuat sendiri media tersebut seperti kompos, bekatul, limbah kapas, pupuk organik, pupuk. Bahan bahan tersebut dicampurkan dalam satu wadah sehingga jamur merang dapat tumbuh.

Dengan menyiapkan untuk porses fermentasi
Proses penting jamur merang adalah proses fermentasi. Proses tersebut harus dilakukan dengan benar dan secara tepat. Langkah langkah yang dilakukan seperti dengan menyiapkan jerami yang sudah di potong berukuran 12 cm, setelah dipotong campurkan dengan kapas secara merata, setelah itu rendam bahan tersebut kedalam air selam satu hari penuh. Setelah itu keringkan sampai benar benar kering. Langkah terakhir adalah mendiamkan media tersebut selama 7 hari dan lakukan pembersihan pada media tersebut agar tidak ada bakteri yang mengganggu.

Dengan memasukkan bibit jamur merang
Anda harus memastikan untuk memilih bibit jamur merang yang berkualitas, jika tidak maka semua proses tersebut akan menjadi sia sia. Anda bisa meneberkannya secara merata pada media tanam yang sudah steril dan bersih.

Inkubasi
Anda harus memastikan proses inkubasi dengan benar seperti suhu harus 32 sampai 35 derajat, kelembaban sekitar 60 sampai 85 persen, menyediakan lampu 60 watt, kumbung ditutup selama 3 sampai 4 hari, untuk panen dilakukan setelah 8 sampai 12 hari.

Manfaat Jamur Merang

Manfaat jamur merang - Jamur merang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat jamur merang untuk tubuh

Memiliki kandungan kolesterol rendah
Ternyata jamur merang memiliki banyak protein dan tidak mengandung lemak jahat selain itu rendah karbohidrat.

Cocok untuk penderita diabetes
Jamur merang mengandung insulin alami yang baik untuk penderita diabetes.kandungan antibiotik pada jamur baik untuk menghindari infeksi pada luka diabetes.

Dapat mencegah pertumbuhan sel kanker
Jamur merang mengandung betaglukan dan asam linoleat yang memiliki efek karsinogenik. Fungsi asam linoleat dapat menurunkan efek hormon estrogen dimana jika hormon estrogen tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Fungsi dari betaglukan dapat menghambat pertumbuhan sel pada kanker prostat.

Dapat meningkatkan daya tahan tubuh
Jamur merang memiliki vitamin A,B, kompleks dan C sehingga dapt menambah daya tahan tubuh.

Memperkuat tulang
Jamur merang memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik unutk kesehatan tulang.

Mencegah anemia
Jamur merang memiliki kandungan zat besi sehingga dapat membantu terhindar dari anemia.

Beberapa manfaat lain jamur merang antara lain seperti baik untuk diet, baik untuk masa pertumbuhan, baik untuk kesehatan jantung, mengatasi radikal bebas, makanan yang cocok untuk vegetarian.

Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai cara budidaya jamur merang untuk usaha dan beberapa manfaat jamur merang.


Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon