SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Jumat, 17 Maret 2017

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Cabai Rawit dengan Analisa Lengkap



Peluang Bisnis Usaha Budidaya Cabai Rawit – jika anda ingin membuka bisnis usaha yang berhubungan mengenai tanaman, salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan adalah peluang usaha budidaya cabai rawit. Untuk membuka bisnis usaha budidaya cabai sangat mudah karena tidak memerlukan keahlian khusus, anda bisa belajar cara budidaya cabai rawit melalui internet dan anda dapat mencobanya langsung dan dapat di taman di halaman rumah anda. untuk budidaya cabai rawit juga sangat sederhana dan tanaman cabai rawit sangat mudah dalam perawatannya. Modal yang di butuhkan juga dapat di sesuaikan dengan budget anda sendiri. Anda bisa menanam cabai dengan lahan di halaman rumah anda atau dengan menyewa lahan tersendiri pastinya jumlah yang ditanam pastinya lebih banyak.
Dikutip dari sumber wikipedia indonesia, cabai rawit atau cabai kathur adalah buah dan tumbuhan anggota genus capsicum. Selain tumbuh di indonesia, tumbuhan tersebut juga tumbuh dan sangat populer sebagai bumbu masakan di negara - negara asia tenggara lainnya. Di malaysia dan singapura ia dinamakan cili padi, di filipina silling labuyo dan di thailand phrik khi nu. 

Buah cabai rawit berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada varietas cabai lainnya, ia dianggap cukup pedas karena kepedasannya mencapai 50.000 sampai 100.000 pada skala scoville. Cabai rawit biasa di jual di pasar pasar bersama dengan vasitas cabai lainnya.

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Cabai Rawit dengan Analisa Lengkap

Cara membuat usaha budidaya cabai rawit dan prospek usahanya – bisnis usaha cabai rawit memiliki prospek usaha yang sangat bagus karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Bagi masyarakat indonesia cabai merupakan salah satu bahan makanan yang wajib ada karena untuk bumbu makanan atau masakan. 

Banyak pelaku usaha yang sudah menjalankan usaha budidaya cabai rawit, walaupun begitu usaha budidaya cabai rawit masih menjanjikan. Jika anda sering membaca berita di media massa dan media televisi, harga cabai rawit cenderung tinggi setiap tahun karena banyaknya permintaan masyarakat akan cabai rawit yang tidak diimbangi dengan pasokan cabai rawit di pasaran. Dengan begitu usaha ini akan memberikan keuntungan yang sangat tinggi.


Keuntungan dan kerugian menanam cabai di musim hujan
Setelah mengetahui analisa budidaya cabai rawit, selanjutnya kita akan membagi informasi mengenai keuntungan dan kerugian menanam cabai pada saat musim hujan. Tidak dapat dipungkiri, musim di Indonesia hanya ada 2 yaitu musim kemarau dan musim hujan. Pada saat musim kemarau, kendala terbesar adalah kesulitan dalam mengairi cabai rawit. Nah lain halnya jika saat musim hujan tiba, masalah muncul adalah kelebihan air  bahkan dapat terjadi banjir.

Memang setiap musim memiliki permasalahan tersendiri, namun hal itu bukan halangan dalam menanam cabai rawit.

Ada yang beranggapan bahwa menanam cabai pasa saat musim hujan menjadi tidak efektif, lebih baik jika dilakukan pada saat musim kemarau. Namun hal itu salah besar. ternyata menanam cabai rawit pada saat musim hujan pun tidak kalah dan berhasil. mengapa???

Jika anda mengamati harga pasar secara periodik, harga cabai rawit pada saat musim hujan ternyata lebih mahal dibandingkan pada saat musim kemarau. Hal tersebut adalah keuntungan bagi para petani cabai. Dan situasi tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh para petani cabai.

Secara logika, pada saat musim hujan, tentunya pasokan cabai dimusim hujan sangat menurun dibandingkan musim kemarau. Hal itu menyebabkan permintaan yang tinggi tidak dibarengi dengan penawarannya. Walaupun tidak dipungkiri daya simpan cabai di musim kemarau lebih bagus dibandingkan dengan musim hujan.

Memang harga yang tinggi tersebut terdapat masalah yang dihadapi, salah satunya adalah masalah banjir yang tidak dapat diprediksi dan juga masalah serangan penyakit.

Lalu harus diperhitungkan juga masalah momentum saat panen. jangan sampai saat menanam cabai, harga cabainya tinggi, namun saat panen cabai, harga cabai dipasaran menurun drastis yang membuat para petani cabai merugi besar.

Jadi para petani cabai benar benar harus memperhitungkan beberap faktor tersbut diatas.

Berikut adalah ringkasan kelebihan dan kekurangan menanam cabai dimusim hujan

Kelebihan:
1. Bobot cabai pada saat musim hujan lebih berat dibandingkan musim kemarau
2. Harga jual lebih mahal bahkan sampai berkali kali lipat.
3. Persaingan pasar lebih minim karena para petani cabai pada umumnya lebih memilih menanam pada saat musim kemarau

Kekurangan
1. Mudah terserang penyakit
2. perawatan yang lebih susah dibandingkan dengan musim kemarau
3. modal yang dibutuhkan lebih besar karena membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih


Tips bisnis usaha cabai rawit

Tempat usaha
Untuk tempat usaha budidaya cabai rawit, anda bisa menanam cabai rawit di halaman rumah anda. jika anda sudah ada lahan kosong, anda bisa menggunakan lahan tersebut untuk budidaya cabai rawit.

Produk usaha
Pastinya produk utama anda adalah cabai rawit. Pastikan cabai rawit anda memiliki kualitas yang bagus agar jika dijual kepasaran akan lebih mahal.

Harga cabai rawit
Untuk harga cabai rawit sangat fluktuatif dan berbeda pada tiap tiap daerah. Selain itu harga cabai rawit juga dipengaruhi musim panen dan juga di pnegaruhi permintaan. Biasanya terjadi peningkatan harga cabai pada saat hari raya idul fitri dan idul adha.

Pelayanan usaha
Layani pembeli dengan ramah dan beri cabai rawit dengan kualitas baik, jangan sampai melakukan kecurangan dengan memberi cabai yang sudah di oplos atau dicampur dengan yang jelek.

Promosi usaha
Anda bisa melakukan penawaran cabai rawit ke pasar pasar terdekat. Hampir dipastikan cabai rawit anda laku dan bahkan banyak dicari. 

Analisa usaha budidaya cabai rawit di halaman rumah

Modal awal
Pot
Rp.200.000
Selang
Rp.50.000
Semprotan air
Rp.20.000
Serok
Rp.30.000
Total modal awal
Rp.300.000

Biaya tetap
Penyusutan Pot
Rp.200.000
1/36
Rp.5.500
Penyusutan Selang
Rp.50.000
1/36
Rp.1.300
Penyusutan Semprotan air
Rp.20.000
1/36
Rp.500
Penyusutan Serok
Rp.30.000
1/36
Rp.800
Total biaya tetap


Rp.8.100
Total biaya tetap sekali panen
Rp.8.100
2
Rp.16.200

Biaya tidak tetap
Benih cabai
Rp.100.000
Pupuk
Rp.200.000
Kapur
Rp.50.000
Air
Rp.20.000
Biaya lain
Rp.30.000
Total biaya tidak tetap
Rp.380.000

Penerimaan
Penjualan
Rp.75.000
30kg
Rp.1.950.000
Biaya



Biaya tetap

Rp.  16.200

Biaya tidak tetap

Rp.380.000

Total biaya


Rp.     396.200
Laba bersih


Rp. 1.553.800

Untuk mengembangkan bisnis usaha budidaya cabai rawit harus memiliki lahan tersendiri agar dapat menampung kapasitas tanaman cabai rawit yang lebih besar lagi.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon