Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 15 Maret 2017

Kelebihan dan Kekurangan Waralaba atau Franchise


Kelebihan atau Keuntungan dan Kekurangan Waralaba atau Franchise - Jika anda ingin membuka bisnis usaha, maka ada dua jalan yang bisa anda lakukan yaitu dengan membuka usaha sendiri dimulai dari nol atau dengan menggunakan bisnis waralaba. Dengan membuat memulai usaha sendiri anda harus bisa membuat produk yang akan dijual sendiri, menentukan konsep marketing baik dari proses promosi langsung dan tidak langsung, merancang konsep manajemennya, selain itu anda harus bisa merencanakan persiapan yang harus dibutuhkan dari perlengkapan dan peralatannya.
Jika anda tidak ingin pusing dengan itu semua, anda bisa menggunakan kerjasama bisnis waralaba yang sudah ada. Yang tinggal anda lakukan hanya menyediakan fasilitas baik dana maupun tempat usaha. Setelah itu sistem pada waralaba akan bekerja untuk anda. 

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan untuk menggunakan bisnis usaha waralaba

Nama sudah populer di masyarakat
Keuntungan pertama jika anda menggunakan bisnis waralaba adalah nama usaha di waralaba sudah dikenal oleh masyarakat. dengan nama tersebut populer diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Sistem manajemen sudah terbangun
Dengan melakukan kerjasama dengan bisnis waralaba, anda akan mendapat keuntungan memiliki sistem manajemen yang sudah ada dan sudah teruji. Dengan sistem manajemen tersebut pastinya akan mendorong usaha anda akan lebih berkembang.

Sistem manajemen keuangan sudah teruji
Banyangkan jika anda membuka usaha sendiri, anda harus melakukan manajemen keuangan atau membuat laporan yang sangat sulit sedangkan anda di pusingkan dengan aspek aspek lain untuk meingkatkan penjualan usaha anda, dengan adanya sistem manajemen pada bisnis waralaba, anda bisa mengetahui perkembangan usaha anda mengenai laporan keuangan sehingga anda bisa menentukan strategi yang akan anda lakukan kedepan.

Sistem marketing sudah ada dan bisa jalan sendiri
Dengan bekerjasama dengan bisnis waralaba, anda akan dibantu dengan sistem marketing yang sudah terbangun, sehingga diharapkan akan berpengaruh langsung pada penjualan anda.

Kekurangan atau kerugian bisnis waralaba

Tidak ada kontrol penuh terhadap usaha
Salah satu kekurangan yang paling terasa jika anda memilih bisnis waralaba adalah tidak adanya kontrol penuh terhadap usaha anda, karena anda tidak memiliki lisensi usaha anda sendiri, anda hanya menjalankan usaha orang lain dengan kesepakatan tertentu.

Tidak bisa memilih supplier karena sudah terikat perjanjian
Kerugian yang lain adalah anda tidak bisa memilih bahan atau perlengkapan dan peralatan wajib karena memang sudah ada standard dan prosedure operasional yang harus diikuti.

Biaya yang dibutuhkan sangat besar
Salah satu dampak yang paling terasa adalah biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan membuka usaha sendiri, anda harus membayar sejumlah fee atau konstribusi tambahan sebagai pembayaran biaya lisensi.

Tergantung pada reputasi waralaba
Semakin bagus reputasi waralaba yang anda ajak kerjasama maka semakin bagus usaha anda. akan tetapi jika reputasi waralaba menurun maka akan menurun pula perkembangan usaha anda.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon