Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Rabu, 15 Maret 2017

Cara Menemukan dan Mencari Lokasi Usaha Strategis



Cara Menemukan dan Mencari Lokasi Usaha Strategis – jika anda ingin membuka usaha pastinya salah satu faktor penting yang wajib anda perhatikan adalah lokasi. Dengan menemuka lokasi usaha yang tepat maka akan mendorong usaha anda lebih berkembang apalagi pada saat awal membuka usaha, itu akan mempercepat perkembangan usaha anda. pemilihan lokasi usaha sangat menentukan berhasil tidaknya usaha anda, walaupun lokasi usaha yang baik buka jaminan usaha pasti sukses akan tetapi itu akan sangat membantu usaha anda berhasil.
Anda harus memilih lokasi usaha yang ramai dilalui masyarakat bukan hanya ramai dilalui mobil. Tempat usaha anda harus mudah untuk dilihat dan mudah dijangkau oleh masyarakat, bukan lokasi yang tersembunyi atau menjorok kedalam lokasi usahanya. Anda harus memiliki konsep usaha yang jelas baik dari prospek keuntungan, penjualan dan prospek produk usaha. Dengan mempunyai konsep tersebut, anda bisa memperkirakan tempat usaha yang akan dipilih.
Anda harus memisahkan dan membagi budget anda. seperti budget operasional, budget untuk biaya promosi, budget untuk modal awal, budget untuk biaya sewa tempat.Anda harus memperhatikan biaya dari pemilihan lokasi. Berapa harga sewanya, apakah sesuai dengan budget anda. jangan sampai terjadi over budget. 


Jika anda mencari lokasi untuk tempat usaha anda, apa saja yang harus anda amati?
Anda harus mengamati jumlah penduduk apakah padat penduduk atau sedikit penduduk.
Anda harus mengamati karakater penduduk apakah sering kuliner atau tidak
Anda harus mengamati tempat jualan atau berdagang sekitar anda apakah ramai pembeli atau tidak.
Anda harus mengamati jumlah motor dan mobil yang melintas di tempat anda.
Anda harus mengamati banyaknya jumlah orang yang lalu lalang.
Anda harus mengamati jam berapa saja daerah tersebut pada saat ramai dilalui masyarakat.
Anda harus mengamati jam berapa saja wilayah tersebut pada saat sepi dilalui masyarakat.
Jika lokasi berada di sekolah, kampus atau lembaga pendidikan lain, berapa jumlah siswanya.
Jika berada di daerah kantor, anda harus mengamati jumlah karyawan yang bekerja di area perkantoran tersebut.
Anda harus mengamati daya beli masyarakat di daerah tersebut.
Anda harus mengamati kesukaan masyarakat di sekitar daerah tersebut, seperti apakah masyarakat daerah tersebut suka rasa pedas, atau manis atau asin. atau suka berbelanja pakaian muslim dan pakaian umum.
Pertimbangkan apakah jalur anda berada di jalur dua arah atau satu arah. Akan sangat baik jika usaha anda berada di jalur dua arah.
Anda harus memperhatikan apakah masyarakat daerah anda merupakan pendatang atau penduduk asli.

Yang harus anda ketahui tentang lokasi usaha
Sangat bagus jika anda menemukan lokasi usaha yang sangat ramai dilalui oleh banyak orang dan banyak kendaraan mobil atau motor. Semakin banyak dilalui orang maka akan semakin bagus. Dengan asumsi ada 2000 orang atau kendaraan yang lewat, maka hanya 10 % yang tertarik untuk melihat dan mempertimbangkan artinya ada sekitar 200 orang yang tertarik atau melihat usaha anda. ada 80% dari 200 orang yang melihat atau tertarik artinya ada potensi 160 orang yang ingin datang berkunjung ke tempat anda.
Untuk mencari lokasi yang strategis memang tidak mudah dan membutuhkan kejelian dan insting. Dan itu diperoleh dari survey  - survey yang anda lakukan. Jadi jangan menyerah untuk mencari lokasi.
Salah satu pertimbangan untuk menemukan lokasi atau biaya sewa tempat, anda juga harus menyesuaikan dengan budget anda. dan juga produk yang anda jual.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon