SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Jumat, 10 Februari 2017

Peluang Bisnis Usaha Toko Pertanian Dengan Analisa Lengkap

Peluang Bisnis Usaha Toko Pertanian dengan Analisa Lengkap – segala macam usaha jika di lakukan dengan sungguh - sungguh pasti membuahkan hasil yang bagus. kebanyakan masyarakat jika ingin membuka usaha pasti menginginkan lokasi di perkotaan karena perekonomian yang lebih maju dari pada di desa. Namun itu sangat salah, membuka usaha di pedesaan pun juga bisa berhasil asalkan bisa memanfaatkan potensi usaha di pedesaan. Salah satu contoh peluang bisnis usaha yang dapat di kembangkan di pedesaan adalah peluang bisnis usaha di toko pertanian.  

Usaha ini memiliki potensi keuntungan karena dengan karakter masyarakat indonesia di pedesaan yang masih bergantung pada bercocok tanam sebagai pekerjaan. Dengan masyarakat yang banyak bercocok tanam, membuat banyak permintaan akan bahan, obat dan alat pertanian. Dengan tingginya kebutuhan berbagai macam alat pertanian membuat para pelaku usaha toko pertanian kebanjiran permintaan. Dan pastinya tidak salah jika anda memiliki lahan di pedesaan yang mana masyarakatnya bercocok tanam untuk membuka usaha toko pertanian sebagai bisnis utama anda.


Cara membuat bisnis usaha toko pertanian – untuk membuka bisnis usaha toko pertanian sangat mudah dan gampang, anda tidak memerlukan keahlian khusus dan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini dapat dimulai dari yang sedang. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum membuka bisnis usaha toko pertanian seperti anda harus mengetahui pekerjaan masyarakat di tempat anda. apakah banyak yang bercocok tanam , beternak atau yang lain. Anda harus melakukan survey untuk mendapatkan supplier produk yang akan anda jual lagi. Carilah supplier dengan mengadakan kerjasama yang saling menguntungkan, misalnya harga yang anda dapatkan sedikit lebih murah di banding yang lain dengan kualitas produk yang bagus. jika anda mendapatkan supplier yang bagus maka keuntungan dari produk yang anda jual akan lebih besar.


Peluang Bisnis Usaha Toko Pertanian Dengan Analisa Lengkap

Tips Bisnis Usaha Toko Pertanian

Tempat usaha
Untuk membuka usaha toko pertanian anda harus mendapatkan lokasi berjualan yang strategis, tepat dan sering dilalui oleh masyarakat (ramai). Kriteria tempat tersebut seperti di area pinggir jalan, di pasar tradisional atau tempat kantor desa dan lain – lain. Jika anda sudah ada tempat di desa, manfaatkan tempat tersebut untuk membuka usaha ini, jadikan tempat yang produktif.

Produk
Produk produk yang biasa di jual seperti pot, bibit, vitamin tanaman, nutrisi, obat tanaman, pupuk untuk tanaman dan peralatan pertanian yang lain.

Promosi
Jika anda membuka usaha di pedesaan, memang dengan sendirinya akan ramai, anda cukup mempercantik tempat anda trersebut dengan spanduk dan banner agar masyarakat mengetahui produk produk yang anda jual. Promosi di pedesaan efektif nya dari pembeli ke pembeli.

Pelayanan
Layani pembeli anda dengan baik, dengan ramah dan lakukan komunikasi agar terjalin lebih dekat, nantinya pasti pembeli akan datang lagi ke tempat anda.

Harga
Harga jual dari produk anda jangan terlalu mahal, bahkan buat seperti harga grosir agar semakin banyak masyarakat yang membeli di tempat anda.

Analisa bisnis usaha toko pertanian

Modal awal usaha toko pertanian
Etalase
Rp.7.000.000
Renovasi ruangan
Rp.5.000.000
Rak
Rp.4.000.000
Lemari penyimpanan
Rp.6.000.000
Meja kursi
Rp.1.500.000
Peralatan tulis
Rp.100.000
Timbangan
Rp.500.000
Peralatan lain
Rp.500.000
Stok awal produk pertanian
Rp.40.000.000
Total modal awal
Rp.64.600.000

Biaya tetap
Penyusutan Etalase
Rp.7.000.000
1/60
Rp.116.600
Penyusutan Renovasi ruangan
Rp.5.000.000
1/60
Rp.83.300
Penyusutan Rak
Rp.4.000.000
1/60
Rp.66.600
Penyusutan Lemari penyimpanan
Rp.6.000.000
1/60
Rp.100.000
Penyusutan Meja kursi
Rp.1.500.000
1/48
Rp.31.200
Penyusutan Peralatan tulis
Rp.100.000
1/12
Rp.8.300
Penyusutan Timbangan
Rp.500.000
1/36
Rp.13.800
Penyusutan Peralatan lain
Rp.500.000
1/24
Rp.20.800
Total biaya tetap


Rp.440.600

Biaya  tidak tetap
Pembelian stok perbulan
Rp.40.000.000
Transportasi
Rp.500.000
Listrik dan air
Rp.200.000
Biaya lain lain
Rp.100.000
Total biaya tidak tetap
Rp.40.800.000

Penerimaan
Penjualan


Rp.40.000.000
Keuntungan
15% dari pembelian

Rp.  6.000.000
Biaya



Biaya tetap

Rp.440.600

Biaya tidak tetap

Rp.40.800.000

Total biaya


Rp. 41.240.600
Laba bersih


Rp.   4.759.400

Semakin banyak produk di toko anda, maka calon pembeli yang memiliki banyak pilihan dalam membeli produk anda. Semakin lengkap toko anda maka terlihat baik dan bagus di mata masyarakat sekitar.


Terdapat pembahasan menarik mengenai toko pertanian, mari simak ulasannya

Sekarang ini persaingan usaha sudah memasuki jaman yang disebut industri 4.0. yang mana pada masa ini sudah terjadi peralihan menjadi persaingan berbasis data dan teknologi informasi.

Tentunya usaha yang terkait pertanian juga terkena dampak dari industri 4.0. toko pertanian masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia karena toko tersebut menjual berbagai macam alat pertanian mulai dari mesin pertanian, pertisida, pupuk, benih, bibit dan lain lain.

Harus ada peralihan dari bisnis konvensional menjadi bisnis online untuk mempertahankan dan memperluas pasar. dengan membuat website toko pertanian yang online maka semua pembelian dan penjualan dilakukan dengan online. Online shop pertanian ini dapat mempermudah masyarakat dalam memilih barang yang dibutuhkannya.

Bagi anda yang sudah memiliki basic atau podasi dasar toko pertanian yang konvensional, maka secepatnya anda harus meng online kan toko pertanian anda.

Jangan langsung bilang bahwa sulit sekali dan tidak paham menjalankan bisnis online ini karena anda belum pernah mencobanya. Dicoba dahulu, pasti dalam tahapan adaptasi anda mengelola online shop toko pertanian akan merasakan dampak dan manfaatnya.

Dengan memiliki online shop ini maka masyarakat indonesia tidak akan terkendala jarak dan bahkan bisa memesan barang dalam jumlah kecil maupun besar.

Sebagai pemilik online shop ini, anda bisa memantau aktifitas transaksi yang masuk dan keluar. Secara otomatis dapat memantau jumlah dana yang sudah didapatkannya dan potensi dana.

Dalam website online shop toko pertanian juga bisa di setting /diatur yang didalam online shop tersebut terdapat menu chat sehingga masyarakat dan customer servise dapat berinteraksi, tanya jawab seperti interaksi pembeli dan penjual.

Yang harus dipastikan adalah menjaga kepercayaan antara calon pembeli dan penjual yaitu dengan melengkapi produk / barang dagangan dengan deskripsi produk yang lengkap mulai dari merek, warna, bahan, ukuran berat dan lain lain sehingga masyarakat memliki gambaran yang jelas sebelum membeli.

Online shop yang bagaimana agar menjadi ramai pembeli

1. dengan menawarkan harga barang lebih murah dibandingkan dengan harga jika beli secara konvensional.
Sebagai contoh: misalnya anda datang untuk membeli pupuk tanaman ke toko pertanian yang ada di dekat tempat tinggal anda harganya 100 ribu. Lalu anda cek di online shop toko pertanian ternyata ada yang jual pupuk dengan merek sama dengan harga 70 ribu dan jika dipaketkan ke tempat anda maka total hanya membayar 80 ribu. Maka jika ada yang lebih murah dengan kualitas yang sama, masayarakat pasti akan lebih membeli secara online.

2. produk / barang yang dijual beraneka ragam dan lengkap.
Semakin lengkap produk di website online hop tersebut maka semakin banyak masyarakat lebih memilih berbelanja melalui online shop

3. adanya layanan dan pengaduan
Sering kali terdapat permasalahan bahwa ternyata barang yang dibeli rusak pada saat proses pengiriman atau beda ukuran atau beda merek pada saat barang tersebut diterima. Maka dari itu webuah website online shop harus memiliki layanan untuk pengaduan pengaduan dan memprosesnya.


 

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon