Info Pengujung SiapaBisnis Terbaru: Pengunjung hari kemarin: 2.539, Pengunjung bulan lalu: 60.234

Jumat, 17 Februari 2017

Peluang Bisnis Usaha Rental Mobil dengan Analisa Lengkap



Peluang Bisnis Usaha Rental Mobil dengan Analisa Lengkap – kali ini SiapaBisnis akan membahas tentang prospek dan analisa bisnis usaha rental mobil. Kebutuhan mobil sebagai salah satu sarana transportasi sangat dibutuhkan mengingat kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian ke suatu tempat dengan nyaman dan aman. Sekarang ini secara umum sarana transportasi di indonesia masih belum nyaman dan aman, memang ada beberapa tempat sudah ada perbaikan akan tetapi masih banyak yang perlu di benahi. Transportasi sangat dibutuhkan karena untuk mendukung segala aktivitas masyarakat, mulai dari kegiatan kerja, sekolah , wisata dan kegiatan kegiatan lain. Dengan kebutuhan akan transportasi, pilihan masyarakat adalah menggunakan sarana angkutan umum, tapi kelemahannya adalah kurang rapi dan tidak nyaman. Karena kendala tersebut maka pelaku usaha memanfaatkannya dengan membuka usaha rental mobil. Dengan adanya rental mobil, mayarakat memiliki pilihan transportasi untuk menunjang aktivitasnya. Dengan masyarakat menggunakan rental mobil, keuntungannya adalah memiliki privasi, misalnya bepergian bersama keluarga, memiliki waktu yang fleksibel dengan pergi kemanapun yang konsumen mau, dan lebih nyaman di banding menggunakan angkutan umum. Usaha rental mobil memiliki segmen konsumen yang tersendiri dibandingkan dengan angkutan umum.



Cara membuat usaha rental mobil – anda harus memperhatikan hal hal berikut seperti, anda harus memiliki konsep manajemen yang jelas dari aturan driver, aturan penyewa, dan lain lain. Anda juga harus memiliki aturan khusus atau persyaratan khusus dalam menyewakan mobil anda khususnya kepada konsumen baru. Anda harus menyusun konsep bisnis yang di tawarkan apakah anda hanya menyewakan kendaraan saja (lepas setir), jasa carter kendaran, atau antar jemput. Dengan membuat konsep bisnis yang jelas maka akan membudahkan anda dalam menjalankan usaha. Anda juga harus memiliki target lokasi yang di tuju. Memang tidak semua daerah potensial dalam membuka usaha rental mobil ini. anda juga harus melakukan survey daerah usaha anda mengenai harga sewa, mengenai persyaratan, mengenai ijin usaha, dan lain lain. Karena sering kali ada bentrokan dengan pelaku usaha sejenis yang resmi misalnya taksi. Membuka usaha rental mobil sangat mudah jika anda menjalankannya sendiri yang anda butuhkan adalah keahlian menyetir saja. Anda juga membutuhkan modal yang lumayan banyak, karena anda harus mempunyai mobil. Banyak pelaku usaha rental mobil yang sukses memulai usahanya dengan hanya memiliki satu mobil dulu, setelah mendapatkan keuntungan menambah unit mobil lagi. Dengan modal yang tidak sedikit akan tetapi keuntungan yang diperoleh juga tidak sedikit. 

Tips bisnis usaha rental mobil

Produk usaha
Produk utama usaha ini adalah jasa. Anda harus menyediakan mobil yang terbaik dalam arti yang nyaman, yang enak di kendarai dan yang cocok untuk keluarga.

Tempat usaha
Untuk menjalankan usaha ini tidak memerlukan tempat yang strategis. Yang anda butuhkan adalah membuat website sebagai pemasaran online. Akan tetapi jika anda sudah memiliki tempat yang strategis misal di pinggir jalan raya, akan lebih bagus lagi.

Promosi usaha
Promosi usaha dapat anda lakukan melalui media sosial, anda juga bisa melakukan promosi konvensional seperti memasang banner, memasang iklan di koran, dan lain lain. Selain itu anda juga memasarkan melalui media online.

Pelayanan
Pelayuanan adalah yang utama. Salah satunya menyediakan supir yang handal dan profesional. 

Tarif
Tarif sangat bervasiasi tergantung dari daerah masing masing. Penentuan taris juga dipengaruhi lonjakan permintaan. Biasanya tarif naik saat hari libur nasional dan hari raya nasional.

Analisa bisnis usaha rental mobil

Modal awal bisnis usaha rental mobil
Uang muka 2 mobil
Rp.60.000.000
Website
Rp.500.000
Total modal awal
Rp.65.000.000

Biaya tetap
Perpanjangan website


Rp.200.000
Karyawan


Rp.1.700.000
Angsuran  mobil
Rp.240.000.000
1/48
Rp.5.000.000
Total biaya tetap


Rp.6.900.000

Biaya tidak tetap
Perawatan mobil
Rp.500.000
Biaya promosi
Rp.100.000
Biaya lain lain
Rp.100.000
Total biaya tidak tetap
Rp.700.000

Penerimaan
Omset
Rp.300.000
2 x 20 kali
Rp.12.000.000
Biaya



Biaya tetap

Rp.6.900.000

Biaya tidak tetap

Rp.   700.000

Total biaya


Rp.7.600.000
Laba bersih


Rp.4.400.000

Jika anda memulai dari usaha yang kecil, anda bisa mejalankannya sekaligus menjadi supir. Untuk meminimalkan biaya gaji karyawan. Jika usaha rental mobil sudah berkembang, anda bisa menambah karyawan.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon