SELAMAT DATANG DI SIAPABISNIS.COM ---Sumber InformAsi dan PeluAng BISNIS---......................... Silahkan jika ingin mengutip artikel di siapabisnis.com, wajib mencantumkan sumber dan link siapabisnis.com! Terimakasih.

Rabu, 28 Desember 2016

Peluang Bisnis Usaha Laundry Dengan Analisa lengkap

Peluang bisnis usaha laundry dengan Analisa Lengkap - Mencuci pakaian sudah merupakan aktivitas yang rutin dilakukan. Tetapi kebanyakan orang tidak mempunyai waktu untuk melakukannya. Mereka mempunyai segudang aktivitas di luar rumah dan ketika sudah kembali ke rumah, lebih baik digunakan untuk istirahat sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian. 


Semakin hari, tekhnologi semakin berkembang dan canggih. Tidak menutup kemungkinan aktivitas masyarakat perkotaan semakin padat. Hal ini membuat membuat mereka enggan untuk melakukan pekerjaan rumah. Mereka tidak ingin membuang-buang waktu dan tenaga. Selain itu mereka juga menginginkan pakaian bersih dan wangi. Maka, peluang untuk usaha laundry banyak di lirik oleh para pelaku usaha.

Laundry merupakan salah satu jenis penyedia jasa untuk mencuci segala jenis pakaian. Membuka bisnis ini hanya memerlukan mesin cuci, dan setrika. Pakaian akan dicuci menggunakan mesin cuci dan pewangi khusus laundry. Sebelum mencucinya, perhatikan jenis pakaian dan noda yang ada di pakaian. Karena akan menjadikan usaha laundry terpercaya dan profesional. Perhatikan pula pewangi yang digunakan memiliki kualitas baik karena ini penting untuk bisnis laundry. Semakin tahun banyak permintaan masyarakat untuk mencuci pakaiannya di tempat laundry sehingga semakin banyak pelaku usaha yang membuka usaha laundry. Bisnis usaha laundry tidak pernah mati karena masyarakat semakin lama semakin ketergantungan akan teknologi. 

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda membuka bisnis usaha laundry seperti anda harus mencari bahan pencuci pakaian seperti detergen dan pewangi pakaian. Anda harus memiliki supplier untuk mendapatkan detergen dan pewangi dengan harga yang murah. Anda harus melakukan survey harga pesaing di sekitar tempat usaha anda. anda juga harus belajar langkah langkah mencuci pakaian dan menstrika pakaian jangan sampai terjadi kecerobohan, karena hasil cuci pakaian harus bagus. anda harus belajar cara mengelola keluarmasuk pakaian karena banyak sekali pakaian dari banyak konsumen anda, jangan sampai tertukar. Anda harus menyiapkan atelase pendukung baik dari listrik maupun tempat cuci dan jemur pakaian. Sebenarnya untuk membuka bisnis ini sangat mudah karena tidak memerlukan keahlian yang khusus dimana semua orang bisa belajar dan menguasai langkah langkahnya dan juga modal yang diperlukan untuk membuka bisnis usaha laundry ini tidak banyak.


Peluang Bisnis Usaha Laundry Dengan Analisa lengkap

Tips Bisnis Usaha laundry

Tempat Bisnis Usaha laundry
Ketika mencari tempat usaha, pilihtah tempat yang dekat dengan perkantoran, kampus , ataupun pabrik, karena biasanya masyarakat yang bertempat tinggal di tempat itu tidak memiliki waktu untuk melakukan aktivitas mencuci, biasanya mereka lebih memilih untuk mengunakan jasa laundry.

Promosi Bisnis Usaha laundry
Promosi dapat dilakukan dengan memasang spanduk berukuran besar di depan tempat usaha. Dapat juga dengan menyebar brosur di tempat keramaian. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis usaha anda.

Harga Laundry
Harga laundry biasanya ditetapkan per kilogram. Buatlah harga yang sesuai dengan pelayanan yang berikan terhadap pelanggan. biasanya pelanggan tidak akan merasa keberatan dengan membayar sedikit lebih mahal asal mereka puas dengan pelayanan yang anda berikan.

Pelayanan Bisnis Usaha Laundry
Semakin baik pelayanan bisnis usaha anda, semakin banyak orang yang menjadi pelanggan tetap anda.



Paket Usaha dan Peralatan Usaha Laundry Kiloan


Paket Usaha dan Peralatan Usaha Laundry Kiloan – jika berbicara mengenai bisnis yang masih memiliki prospek bagus dan sampai sekarang sudah mulai menjamur yakni usaha laundry. 

Usaha laundry memang sejak dulu sudah ada, namun perkembangannya mulai berkembang pesat sejak lima tahun terakhir. Mengingat keadaan ekonomi di Indonesia sendiri sudah berangsur membaik. Mengapa kok malah menyangkut ekonomi Indonesia??? Kalau ekonomi Indonesia membaik berarti banyak sekali lapangan pekerjaan, orang orang sudah mulai sibuk bekerja dan tentunya pendapatan masyarakat Indonesia meningkat.

Usaha laundry bisa dikatakan sebagai bisnis primadona kalangan masyarakat menengah dan masyarakat bawah. Bagaimana tidak.... usaha laundry berarti menawarkan jasa mencuci pakaian. Siapa yang tidak bisa mencuci pakaian.... semua orang bisa.

Maka dari itu, kita bisa mengamati bahwa sebagian besar usaha laundry segmen usahanya adalah UMKM (usaha mikro kecil menengah). 

Jika kita mengamati lebih jauh lagi... anda pasti sering sekali menemukan di berbagai tempat di berbagai kota di Indonesia membuka usaha laundry. Walaupun banyak sekali usaha yang menekuni bisnis ini, namun tetap saja prospek usaha laundry tetap bagus.

Mengapa???

Semakin penduduk Indonesia bertambah, maka otomatis usaha ini tetap bagus. selama permintaan banyak, usaha laundry tetap untung.

Nah, jika berbicara mengenai buka usaha laundry, kita harus tahu apa saja yang harus disiapkan salah satunya adalah peralatan usaha laundry. Jangan hanya berfikir menggampangkan. Hanya membutuhkan mesin cuci dan setrika lalu sudah bisa jalan. ya.... memang bisa saja namun anda akan kelabakan nantinya.

Ada yang menawarkan paket usaha laundry untuk mempermudah kita dalam memulai bisnis ini dan ada pula menyiapkan peralatan dan perlengkapan sendiri.

Nah... berikut adalah peralatan yang harus disiapkan untuk memulai usaha laundry:

Peralatan Laundry:

Mesin cuci fort loading baru
Unit mesin pengering atau dryer gas baru
Unit mesin dry laundry
Parfum khusus laundry
Pelicin setrika laundry
Chemical bleaching / chlor
Chemical oxy bleach
Unit mesin boiler + setrika uap
Setrika listrik
Meja setrika
Timbangan laundry dengan kapasitas 20 kg
Unit timbangan gantung portable
Plastik packing ukuran S, M, L
Kantong plastik ukuran jumbo
Unit tag gun
Tag pin
Roll pita label
Unit keranjang laundry
Hanger laundry
Clip laundry
Alas setrika
Botol spray parfum
Laundry net
Chemical penghilang noda

Peralatan tersebut termasuk peralatan usaha laundry yang lengkap, namun jika memang keterbatasan biaya, anda bisa memangkas beberapa peralatan tersebut dan dan bisa melengkapinya sambil berjalannya usaha.

Walaupun usaha laundry kegiatannya adalah mencuci pakaian, namun sebaiknya kita belajar dahulu cara mencuci yang benar, cara menjemur yang benar, cara mengeringkan yang benar, cara menyetrika yang benar. mempelajari dahulu jangan sampai baju konsumen tertukar dengan yang lain, jangan sampai hasil setrikaan tidak bagus dan jangan sampai hasil jadinya tidak sesuai yang ditargetkan.


Waralaba / Franchise Usaha Laundry
Salah satu  cara untuk membuka usaha laundry adalah dengan waralaba atau franchise. Keuntungannya adalah tidak perlu menyiapkan semuanya dari awal karena sudah ada tim yang sudah menyiapkan mulai dari pemetaan lokasi, standard gedung / tempat usaha, manajemennya, pemasarannya, peralatan dan perlengkapan usaha dan SDM ( tenaga kerjanya).

Tentunya kita harus menyiapkan modal untuk membeli waralaba tersebut. beberapa informasi yang bisa anda ketahui mengenai waralaba  usaha laundry:

Agar kita dapat disetujui untuk membeli waralaba laundry, kita harus memiliki tempat usaha yang strategis. mengapa??? Karena pihak franchise akan melakukan survey lokasi tempat usaha mulai dari domografinya, jumlah penduduknya, karakteristik penduduknya dan segmentasi pasar. di lokasi tersebut juga harus terdapat akses kelistrikan yang bagus dan akses internet yang bagus.

Setelah itu pihak franchise laundry akan mengkonsultasikan dan memberikan rekomendasi sesuai dengan standard operasional.

Keuntungan membeli waralaba laundry adalah
- Pihak franchise laundry akan diberikan pelatihan tenaga kerja secara spesifik, secara rinci mulai dari awal sampai akhir sampai bisa. Tidak hanya itu tenaga kerja juga diberikan pelatihan marketing plan, maintance mesin, software.

- Selama masa kerjasama dengan pihak franchisor, akan mendapatkan pendampingan terus menerus dan konsultasi, koordinasi yang berkelanjutan demi kemajuan usaha laundry.
- Keuntungan lainnya adalah sudah ada sistem operasional prosedure yang sudah baku sehingga kita hanya mengikutinya saja. akan sangat memudahkan kita untuk menjalankan bisnis laundry.

- Dalam kerjasama dengan pihak franchisor, tentunya usaha laundry harus memiliki ijin usaha legal agar suatu saat tidak terjadi sesuatu mengenai perpajakan dan legalitasnya.

- Keuntungan dari waralaba adalah sudah terdapat program marketing yang sudah ada dari pihak franchisor, branding sudah terkenal sehingga kita tidak perlu mengenalkan kepada masyarakat, promosi dilakukan oleh manajemen pusat.

- Dalam menjalankan usahanya, dalam hal program maupun perubahan harga tentunya harus disetujui oleh manajemen pusat.

- Dalam hal pengembangan IT, akan dilakukan oleh manajemen pusat. Sedangkan di cabang tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

- Pendampingan usaha akan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan selama masa waktu yang telah ditentukan.

- Setiap periode waktu akan dievaluasi apakah melanjutkan kerjasama atau tidak melanjutkan kerjasama.

Bagaimana memilih Franchise laundry yang baik???

Laundry tersebut sudah memiliki nama
Dengan memiliki nama yang baik, maka membuktikan bahwa usaha laundry tersebut memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dan terbukti dalam pengelolaannya secara profesional.

Memiliki izin untuk mendirikan warala
Dokumen dan legalitas sangat penting guna meminimalkan risiko yang akan terjadi pada masa depan.

Memiliki perijinan yang lengkap
Hal hal dasar yang harus dimiliki adalah perijinan usaha seperti memiliki SIUP, merek dan memiliki badan hukum.

Perhatikan kelebihan yang ditawarkan oleh franchisor 
seperti pelayanannya, strategi bisnisnya, keuntungan yang ditawarkannya, estimasi payback period yang sangat diperhitungkan jangan sampai merugikan anda, memiliki SOP yang detail dan rinci yang sesuai dengan cara kerja anda, sistem IT yang mumpuni baik itu sistem keuangan maupun sistem operasional lainnya, memiliki strategi marketing yang bagus dan visioner.



Analisa Bisnis Usaha Laundry
Modal Awal Bisnis Usaha Laundry
Mesin cuci
Rp.2.500.000
3
Rp.7.500.000
Mesin pengering
Rp.2.000.000
1
Rp.2.000.000
Setrika
Rp.150.000
2
Rp.   300.000
Timbangan
Rp.300.000
1
Rp.   300.000
Tabung gas
Rp.120.000
3
Rp.   360.000
Renovasi ruangan


Rp.5.000.000
Meja kursi


Rp.1.000.000
Rak penyimpangan


Rp.1.500.000
keranjang pakaian kotor


Rp.1.000.000
Total


Rp.18.960.000

Biaya tetap
Penyusutan Mesin cuci
Rp.7.500.000
1/60
Rp.   125.000
Penyusutan Mesin pengering
Rp.2.000.000
1/60
Rp.     33.300
Penyusutan Setrika
Rp.   300.000
1/36
Rp.       8.300
Penyusutan Timbangan
Rp.   300.000
1/36
Rp.       8.300
Penyusutan Renovasi ruangan
Rp.5.000.000
1/48
Rp.   104.100
Penyusutan Meja kursi
Rp.1.000.000
1/48
Rp.     20.800
Penyusutan Rak penyimpangan
Rp.1.500.000
1/48
Rp.     31.200
Karyawan


Rp.2.000.000
Sewa tempat


Rp.   500.000
Total biaya tetap


Rp.2.831.000

Biaya tidak tetap
Listrik
Rp.    300.000
Air
Rp.    200.000
Plastik bungkus
Rp.    100.000
Detergen dan pewangi
Rp.   350.000
Gas
Rp.   400.000
Total biaya tidak tetap
Rp.1.350.000

Penerimaan
Penjualan
Rp.6.500
60 kg x 25 hari
Rp.9.750.000
Biaya



Biaya tetap

Rp.2.831.000

Biaya tidak tetap

Rp.1.350.000

Total biaya


Rp.4.181.000
Laba bersih


Rp.5.569.000

Untuk menjalankan bisnis usaha laundry sangat di butuhkan kerja keras dan ketekunan. Anda juga harus mampu mengawasi hasil pakaian konsumen anda. jangan sampai tertukar ataupun luntur dan tidak rapi.

Terimakasih untuk tidak berkomentar SPAM :)
EmoticonEmoticon